10 Game Dari Global Game Jam 2015 Surabaya

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 31, 2015.

Discuss 10 Game Dari Global Game Jam 2015 Surabaya in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,747
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    31/01/2015

    Setelah sebelumnya saya membahas beberapa game yg muncul di Global Game Jam 2015 di kota Yogyakarta, sekarang giliran kota Surabaya yg akan saya bahas. Global Game Jam 2015 di Surabaya sebenarnya tidak hanya menghasilkan game digital saja, tapi juga ada sebuah permainan yg menggunakan kartu.Namun untuk kali ini, saya hanya akan membahas game digitalnya saja. Jangan lupa juga untuk mencoba semuagameyang ada ya!
    BURU-BURUsh
    [​IMG]

    BURU-BURUshmenggambarkan bagaimana kira-kira suasana ketika kamu mengikuti sebuah game jam, hanya saja dengan tingkat kerusuhan yg lebih tinggi dari biasanya. Kamu harus dengan cepat mengerjakan game buatanmu dengan cara berlari menghantarkan laptop. Namun jangan sampai kamu salah menekan tombol, karena kamu akan terjatuh & lawanmu malah akan yg menyelesaikan game miliknya terlebih dulu. Ya, jika kamu belum menyadarinya, game ini memerlukan dua orang untuk dimainkan secara maksimal. Sayangnya, dari tautan yg disediakan, game ini nampaknya masih dalam pengerjaan. Tapi, mau apapun hasilnya, silakan coba saja game yg satu ini.

    Global Game Jam 2015 Surabaya:BURU-BURUsh
    Crackhead Bros!
    [​IMG]

    Game yg satu ini patut mendapatkan jempol karena berhasil membuat saya tertawa. Kamu akan mengendalikan duo kakak-beradik‘gila’ yg menaiki sepeda sambil menuruni gunung & menghindari berbagai rintangan seperti pohon & batu. Semakin lama kamu melaju, maka sepedamu akan bergerak semakin cepat. Cukup sederhana, tapi juga sangat adiktif untuk dimainkan seperti layaknya endless runner pada umumnya. Saya juga salut dengan aset dalam game ini seperti animasi & pilihan suara yg sangat baik mengingat game ini hanya dibuat dalam 48 jam.

    Global Game Jam 2015 Surabaya:Crackhead Bros!
    FOCUS!! JAMMERS
    [​IMG]

    Game ini juga hendak memberikan gambaran seperti apa kira-kira pengalaman ketika melakukan game jam. Global Game Jam dilakukan dalam waktu 48 jam non-stop & tentunya akan membuat siapapun lelah bahkan tertidur. Nah, tujuanmu dalam game ini adalah mencegah para jammers yg kelelahan tertidur supaya progresgame akan melaju hingga selesai.Cukup dengan mengetuk salah satu jammers yg kelihatan mengantuk, maka mereka akan langsung kembali bekerja. Tapi hati-hati, jika kamu mengetuk mereka yg tidak mengantuk, maka mereka malah akan terhambat dalam melakukan pekerjaannya. Pemilihan suara yg asyik & ekspresi wajah yg unik membuat game singkat ini menyenangkan untuk dimainkan.

    Global Game Jam 2015 Surabaya: FOCUS!! JAMMER
    Jam Blob
    [​IMG]

    Jam Blob mungkin lebih mudah dimengerti sebagai permainan menyamakan warna. Dalam game ini kamu diceritakan berperan sebagai sebuah unit debug yg bertugas memberantas bug dalam sebuah game. Nah, kamu harus menembakkan bola-bola berwarna kepada bug yg mendekatimusesuai dengan warna bug tersebut. Jika kamu menembak dengan warna yg salah, maka bug yg ada akan semakin kuat. Kamu bisa mengubah warna dari bola yg kamu tembakkan dengan mengklik kotak di tengah permainan. Penasaran? Langsung coba saja lewat tautan di bawah.

    Global Game Jam 2015 Surabaya: Jam Blob
    Miner Flee
    [​IMG]

    Sebuah game platformer yangterlihat sederhana ini memiliki mekanisme memanjat ala Ninja Gaiden! Kamu harus mengumpulkan beliung yg nantinya bisa digunakan untuk mengalahkan musuh yg menghalangi jalanmu. Walaupun game ini terasa belum sepenuhnya selesai, usaha yg dikeluarkan tim ini bisa dirasakan dari desain levelnya yg ambisius. Saya berharap game ini bisa diselesaikan suatu waktu nanti.

    Global Game Jam 2015 Surabaya:Miner Flee
    Save The Mummy
    [​IMG]

    Saya tidak bisa berkata banyak soal Save The Mummy karena build yg saya mainkan masih buggy. Pada dasarnya, Save The Mummy merupakan game endless runner di mana kamu harus mengarahkan si mumi menjauh dari rintangan. Sayang sekali game ini juga masih belum selesai secara garis besar. Di luar hal itu, saya cukup kagum dengan keberanian para jammers yg membuat game ini karena mereka mau membuat sebuah game 3D untuk Android dalam waktu 48 jam.

    Global Game Jam 2015 Surabaya:Save The Mummy
    Suro x Boyo
    [​IMG]

    Suro x Boyoadalah sebuah game kejar-kejaran ala catur dengan karakter Suro & Boyo yg merupakan perwujudan dari lambang kota Surabaya. Kalau mau dijelaskan secara umum, tujuan kamu dalam game ini adalah meraih piala yg ada di tengah panggung tanpa bertemu dengan lawanmu. Pergerakan bisa kamu lakukan selangkah demi selangkah layaknya catur sehingga kamu bisa memikirkan terlebih dahulu langkah yg akan kamu ambil selanjutnya. Suro x Boyo juga rupanya dibuat dengan visual 3D & saya rasa terlihat cukup apik.

    Global Game Jam 2015 Surabaya:Suro x Boyo
    The Routine
    [​IMG]

    Dalam game ini, kamu harus menempatkan orang di berbagai lokasi sesuai dengan pekerjaan & waktu yg sudah ditentukan. Kesannya memang mudah, tapi sebenarnya cukup sulit untuk dimainkan (terutama untuk orang yg jadwal hidupnya sudah kacau seperti saya). Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan anak sekolahan di sekolah pada jam 7, tetapikamu harus menempatkan anak sekolahan di rumah apabilawaktu menunjukkan jam 6 sore. Yang penting dalam permainan ini adalah kamu harus menggunakan akal sehat & tidak salah melihat waktu.

    Global Game Jam 2015 Surabaya: The Routine
    Timeun Mas
    [​IMG]

    Timeun Mas (bukan typo) adalah sebuah game puzzle platformer dengan menggunakan unsur manipulasi waktu. Dengan menggunakan portal yg ada di setiap level, kamu bisa berpindah waktu. Kemudian, kamu bisa menggunakan dua macam bibit yg nantinya bisa berubah menjadi platform untuk berpijak jikakamu menyimpan bibit tersebut di masa lalu. Konsep inisebenarnya tidak terlalu jarang digunakan di banyakgame, tapi saya rasagame ini tetap seru untuk dimainkan terutama karena desain levelnya yg menantang.

    Global Game Jam 2015 Surabaya: Timeun Mas
    Wis, Mari Ngene Lapo?[​IMG]
    Dengan art hitam putih nyeleneh yg unik serta gameplay yg tidak memerlukan panduan sama sekali, Wis, Mari Ngene Lapo (bahasa Jawa, artinya: habis ini mau apa?)berhasil membuat saya memainkannya selama beberapa kali. Ya, cukup melihat gambar yg ada dantanpa perlu melihat tulisan apapun, saya rasa siapapun pasti bisa memainkan game yg satu ini. Tapi menurut saya daya tarik utama dalam game ini adalah gambar-gambar lucu yg diperlihatkan setiap kali kamu berhasil menyelesaikan sebuah soal. Pokoknya wajib coba deh!

    Global Game Jam 2015 Surabaya: Wis, Mari Ngene Lapo

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page