10 Game Favorit Selama 2015 Versi Mohammad Fahmi

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 24, 2015.

Discuss 10 Game Favorit Selama 2015 Versi Mohammad Fahmi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Tahun 2015 adalah tahun yg luar biasa! Saya selalu menyebut tahun ini sebagai tahun di mana mimpi-mimpi gamer terwujud. Mulai dari trailer baru The Last Guardian, pengumuman Final Fantasy VII Remake, crowdfunding untuk Shenmue III, & banyak lagi hal tidak terduga lainnya terjadi tahun ini.

    Untuk urusan game yg dirilis pun, 2015 menjadi saksi keseimbangan yg luar biasa antara game AAA berkualitas, game indie skala besar yg bagus, hingga ke game yg muncul benar-benar tidak terduga & sukses merebut perhatian saya. Sayangnya karena satu & lain hal, saya tidak berkesempatan untuk memainkan beberapa game terbesar tahun ini seperti The Witcher 3, Bloodborne, & Fallout 4.

    Tapi dengan begitu mengejutkannya, beberapa game yg cukup memuaskan saya seperti Hotline Miami 2, Ori and the Blind Forest, Dragon Ball Xenoverse, Undertale, & lain sebagainya bahkan gagal untuk masuk daftar game favorit saya tahun ini. Lalu game apa saja yg masuk? Langsung cek saja di bawah.
    Celestian Tales: Old North

    [​IMG]

    Developer: Ekuator Games | Penerbit: Digital Tribe
    Platform: PC, Mac

    … Celestian Tales sering kali mengingatkan saya akan seri Suikoden

    Celestian Tales: Old North adalah surat cinta bagi para penggemar JRPG. Dengan grafis layaknya hibrida antara lukisan cat air & piksel cantik yg sangat mengingatkan saya dengan Ragnarok Online, Celestian Tales membawa seorang penggemar JRPG seperti saya ke masa-masa indah memainkan game dari genre tersebut di era 16-bit sampai 32-bit.

    Dalam Celestian Tales, kamu akan disajikan dengan kisah fantasi penuh intrik politik, masalah sosial & agama, serta tentang kelamnya perang. Game ini memiliki enam karakter utama yg memiliki background cerita berbeda-beda dengankarakteristik yg cukup dalam. Jumlah karakter yg banyak & tidak terasa seperti boneka, serta latar belakang cerita yg diusungnya membuat Celestian Tales sering kali mengingatkan saya akan seri Suikoden.

    Selain hal-hal luar biasa di atas, game ini juga memiliki kualitas musik yg sangat oke. Tapi jangan lupa bagian penting dari sebuah game yaitu gameplay. Celestian Tales mengusung gameplay turn-based yg tidak terlalu kompleks, namun tetap membutuhkan pengaturan strategi yg matang jika kamu ingin menyelesaikan game ini, apalagi sampai mengalahkan bos rahasia yg ada.

    Kombinasi visual fantastis, cerita yg dalam, musik yg apik, serta gameplay yg taktis membuat Celestian Tales menjadi sebuah game yg wajib dimainkan penggemar genre JRPG.

    Review Celestian Tales: Old North Surat Cinta untuk Kawan Lama
    Hand of Fate

    [​IMG]

    Developer: Defiant Development | Penerbit: Defiant Development
    Platform: PC, Mac, Linux, PS4, Xbox One

    … begitu saya mulai memainkannya, Hand of Fate sukses menjadi game paling mencandu bagi saya

    Hand of Fate adalah contoh pertemuan tidak terduga yg membuat saya sangat bersyukur memiliki profesi sebagai jurnalis game. Pada suatu hari muncul email yg berisi informasi mengenai game ini.Melihat apa yg dipamerkan di laman Steam secara sepintas, saya kurang begitu tertarik dengan Hand of Fate. Tapi, begitu saya mulai memainkannya, Hand of Fate sukses menjadi game paling mencandu bagi saya.

    Dalam Hand of Fate, kamu akan bermain permainan kartu dengan seorang penyihir. Anggap saja game ini seperti board game, dicampur dengan efek-efek yg ada di serial Yu-Gi-Oh!, tapi semuanya dibuat lebih gelap & memiliki tingkat kesulitan yg amat tinggi. Selain membutuhkan pengaturan strategi & kecekatan dalam mengendalikan karakter ketika bertarung, kamu juga membutuhkan cukup banyak keberuntungan ketika memainkan Hand of Fate.

    Ketika bermain & terus-menerus kalah, kamu mungkin akan merasa cukup kesal dengan game ini. Tapi begitu kamu bisa menyelesaikan tantangan-tantangan yg ada, perasaan puas yg didapat sangatlah luar biasa. Betul-betul sebuah game yg tidak terduga.

    Review Hand of Fate Ketika Gaya Bertarung Batman Arkham Dipindahkan ke Permainan Kartu
    Jotun

    [​IMG]

    Developer: Thunder Lotus Games | Penerbit: Thunder Lotus Games
    Platform: PC, Mac, Linux

    Jotun betul-betul mengajarkan betapa kecilnya manusia, namun ukuran yg kecil tidak menutup potensi besar yg bisa manusia wujudkan

    Jotunadalah sebuah gameyang saya anggap remehketika pertama kali diumumkan di Kickstarter. Setelah dirilis pun saya juga tidak menunjukkan minat yg terlalu besar sampai muncul tanggung jawab untuk menulis review game ini. Tapi, begitu mulai memainkan Jotun, sebuah sesi yg saya mulai dengan persiapan seadanya & niat hanya untuk uji coba saja, tiba-tiba berkembang jadi satu sesi nonstop yg membuat saya tidak tidur semalaman sampai menamatkan game ini.

    Bermain Jotun terasa seperti memainkan gabungan dari Mega Man, Shadow of the Colossus, & The Banner Saga yg dibungkus dalam tampilan berkualitas. Game ini mampu menunjukkan visual yg mengingatkan saya dengan kartun klasik. Jotun juga mampu memberikan kesan megah & besar dengan cara bermain perspektif kamera, sesuatu yg saya rasa sangat cerdas & sukses dilakukan oleh Thunder Lotus Games selaku developer.

    Satu-satunya masalah dari Jotun adalah tingkat kesulitannya yg luar biasa tinggi. Tapi sama seperti game susah lainnya yg saya mainkan, ada perasaan begitu spesial setiap kali saya berhasil mengalahkan bos raksasa yg jelas memiliki kekuatan tidak seimbang dengan karakter utama. Jotun betul-betul mengajarkan betapa kecilnya manusia, namun ukuran yg kecil tidak menutup potensi besar yg bisa manusia wujudkan.

    Review Jotun Amuk Redam
    An Octave Higher

    [​IMG]

    Developer: Kidalang | Penerbit: Playism
    Platform: PC, Mac, Linux, Android, iOS

    Topik-topik berbobot seperti masalah strata sosial, pendidikan, & peperangan menjadi hal yg akan kamu konsumsi di An Octave Higher

    Tahun 2015 memang merupakan tahun penuh kejutan, termasuk kejutan tidak disangkadari genre tak terduga. Kejutan tersebut salah satunya muncul dari An Octave Higher, game dari Kidalang, studio yg populer melalui seri Sage Fusion. Bedanya, jika Sage Fusion memiliki genre RPG, maka An Octave Higher memiliki genre visual novel.

    An Octave Higher bercerita tentang sebuah kota yg kehidupannya benar-benar bergantung padasihir. Di sini sihir memiliki peran layaknya listrik di dunia nyata. Namun berbeda dengan kisah fantasi penuh sihir biasa, Kidalang telah membuat sebuah konsep sihir yg kompleks & sangat menarik untuk diikuti.

    Game ini juga menyajikan sebuah kisah yg penuh dengan intrik politik & sosial. Topik-topik berbobot seperti masalah strata sosial, pendidikan, & peperangan menjadi hal yg akan kamu konsumsi di An Octave Higher. Game ini juga cukup sukses mengajarkan saya tentang bagaimana kita harus melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, seberapa buruknya pun sebuah hal dari sudut pandang tertentu.

    Review An Octave Higher Revolusi Sosial Penuh Sihir
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] An Octave Higher Active Gaming Media Inc. - Apr 30, 2015 Genre: Role Playing Size: 219M Installs: 50 - 100 92,262 Download [​IMG][​IMG] Batman: Arkham Knight
    [​IMG]

    Developer: Rocksteady Studios | Penerbit: Warner Bros. Interactive Entertainment
    Platform: PC, PS4, Xbox One

    Satu jam terakhir dari game ini bisa dibilang merupakan salah satu momen paling fantastis yg pernah saya rasakan dalam video game

    Meskipun perilisannya diliputi masalah sangat tidak mengenakkan mengenai kualitas porting PC yg busuk, tidak bisa dipungkiri Batman: Arkham Knight merupakan sebuah ceritayang epik untuk menutup tetralogi kisah sang Kesatria Kegelapan di seri Arkham.

    Arkham Knight mengenalkan berbagai hal baru seperti pertarungan bersama teman yg dikendalikan AI, Kota Gotham yg luas untuk dijelajahi, serta yg paling penting tentu saja kehadiranBatmobile yg betul-betul menambahkan dimensi baru untuk game ini.

    Bagi saya pribadi, hal paling luar biasa yg Batman: Arkham Knight capai adalah penyampaian cerita yg sangat sureal & berkualitas. Satu jam terakhir dari game ini bisa dibilang merupakan salah satu momen paling fantastis yg pernah saya rasakan dalam video game.

    Review Batman Arkham Knight Epilog untuk Sang Pahlawan
    Her Story
    [​IMG]

    Developer: Sam Barlow | Penerbit: Sam Barlow
    Platform: PC, Mac, iOS

    … sebuah inovasi dalam penyampaian kisah fiksi

    Lagi-lagi mengatakan Her Story sebagai salah satu kejutan terbaik bagi saya tahun ini sangatlah membosankan, tapi memang game ini adalah salah satu kejutan terbaik yg saya alami di tahun 2015. Ketika tiba-tiba melihat game ini muncul di berbagai media game internasional, saya langsung penasaran dengan tampilannya & memutuskan untuk membeli tanpa banyak-banyak mencari informasi. Dan itu adalah pilihan tepat.

    Her Story menyajikan kamu dengan ratusan potongan rekaman interogasi seorang wanita mengenai sebuah kasus pembunuhan yg mungkin berhubungan dengannya. Kamu harus menonton kumpulan video-video ini dalam urutan yg cukup acak, yaitu dengan mencari keyword tertentu & mencoba memahami apa yg terjadi hanya dari video yg ditonton tanpa urutan jelas.

    Tanpa saya sadari, rupanya usaha memahami sebuah cerita nonlinear yg disajikan Her Story merupakan salah satu pengalaman paling unik yg saya alami. Game ini juga sukses membuat saya harus mengambil nota & menuliskan dengan pena apa keyword yg harus saya cari berikutnya setiap kali karakter di layar mengucapkan sesuatu yg menarik. Betul-betul sebuah inovasi dalam penyampaian kisah fiksi.

    Review Her Story Menyusun Cerita dalam Kepala
    Game Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Her Story Sam Barlow - Jun 24, 2015 Genre: Games, Word, Entertainment, Adventure Size: 1.64 GB Installs: N/A Rp. 29.000 Download [​IMG] Super Time Force Ultra
    [​IMG]

    Developer: Capybara Games | Penerbit: Capybara Games
    Platform: PC, PS4, PS Vita, Xbox 360, Xbox One

    … dalam Super Time Force Ultra kematian adalah satu-satunya cara untuk bertahan hidup

    Apa hal yg lebih baik dari game bagus? Game bagus yg gratis tentunya! Salah satu gratisan terbaik yg saya terima dari berlangganan PS Plus tahun ini hadir dalam wujud game action-puzzle-platformerbuatan Capybara berjudul Super Time Force Ultra.

    Game buatan developer yg bertanggung jawab atas Superbrothers: Sword & Sworcery EP ini jelas merupakan sebuah pengalaman yg berbeda 180 derajat dari karyatersebut yg mengangkat nama mereka di dunia game indie mainstream. Jika Superbrothers menyajikan pengalaman yg menenangkan dengan gameplay minimalis, maka Super Time Force Ultra akan memacu adrenalin kamu & memaksamu untuk mati berkali-kali.

    Berbeda dengan game seperti Bloodborne di mana kematian akan mengajari kamu supaya bisa bertahan hidup & memenangkan tantangan yg ada, dalam Super Time Force Ultra kematian adalah satu-satunya cara untuk bertahan hidup. Dengan gameplay yg dibuat dengan sangat apik, saya dipaksa untuk menggunakan otak sekaligus memanfaatkan kecekatan tangan demi bisa membuat kekacauan luar biasa di layar.

    Seandainya kamu melewatkankesempatan untuk mendapatkan game ini dengan cuma-cuma, menurut saya pribadi Super Time Force Ultra tetaplah merupakan sebuah game yg wajib kamu coba mainkan meskipun kamu beli tanpa diskon.

    Review Super Time Force Ultra Mesin Waktu untuk Bermain Multiplayer Sendirian
    Journey
    [​IMG]

    Developer: thatgamecompany | Penerbit: Sony Computer Entertainment
    Platform: PS3, PS4

    … tidak menutup kemungkinan selesai memainkan ini kamu bisa menjadi manusia yg lebih baik

    Ah,Journey, game yg dirilis di tahun 2012, baru saya mainkan di tahun 2013, masih berkesan di tahun 2014, & dirilis ulang pada tahun 2015 hanya untuk tetap membuat saya terkagum-kagum. Cukup sering saya menulis alasan kenapa Journey merupakan salah satu game terbaik yg pernah ada, & sampai kapan pun hal itu tidak akan pernah berubah.

    Melalui Journey, thatgamecompany mencoba untuk menyajikan pengalaman multiplayer minimalis tapi dengan merenggutsalah satu kemampuan paling dasar manusia modern, yaitu berkomunikasi secara verbal. Tanpa disangka-sangka, hilangnya kemampuan komunikasi verbal membuat pengalaman dalam Journey begitu luar biasa.

    Dalam game ini kamu tidak perlu takut harus menghadapi perilaku toksik yg sangat identik dengan game online. Meskipun premisnya terdengar begitu simpel, thatgamecompany menyajikan pengalaman ini dengan begitu spesial sehingga tidak menutup kemungkinan selesai memainkan ini kamu bisa menjadi manusia yg lebih baik.

    Review Journey Perjalanan Spiritual di Media Digital
    Nuclear Throne

    [​IMG]

    Developer: Vlambeer | Penerbit: Vlambeer
    Platform: PC, Mac, Linux, PS4, PS Vita

    Bermain Nuclear Throne terasa seperti membuka Facebook …

    Nuclear Throne adalah game yg paling sering saya mainkan dua tahun terakhir. Total saya sudah menghabiskan lebih dari 165 jam dengan game ini, & saya tidak melihat kemungkinan kebiasaan ini akan berkurang dalam waktu dekat.

    Sebagai sebuah game bergenre roguelike, Nuclear Throne menyajikan pengalaman yg mengizinkan kamu untuk memulai game dengan cepat & menyelesaikan sesi permainanmu dengan lebih cepat lagi. Entah berapa kali game ini mengisi jeda-jeda lima menit di sela-sela waktu kerja saya. Bermain Nuclear Throne terasa seperti membuka Facebook, tidak jarang saya membukanya hanya untuk terjun sebentar & kemudian terpaksa keluar lagi untuk melanjutkan aktivitas.

    Game ini sangatlah cocok bagi kamu yg suka dengan kekacauan. Kalau harus dibandingkan dengan game lain, Nuclear Throne jelas terasa seperti gabungan dari Binding of Isaac & Hotline Miami. Jadi kalau kamu suka membuat tampilan layar kamu bergoyang dengan ledakan & juga mengalami kematian berulang-ulang, Nuclear Throne adalah sebuah game yg wajib kamu mainkan.

    Review Nuclear Throne Kiamat Sudah Lewat
    Life is Strange

    [​IMG]

    Developer: Dontnod Entertainment | Penerbit: Square Enix
    Platform: PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One

    … game ini bisa menggunakan formula desain game yg telah dipopulerkan oleh Telltale Games, & membuatnya menjadi lebih baik lagi

    Oh yg benar, haruskah saya mengulangi penjelasan tentang kenapa game ini begitu spesial setelah saya menulis review episode terakhirnya, yg menurut saya pribadi adalah salah satu review paling personal yg pernah saya tulis? Singkatnya, jika kamu suka grafis artistik, musik berkualitas, & cerita sureal yg juga berkualitas, maka mainkanlah Life is Strange. Kalau penjelasan tersebut masih kurang, mari kita kupas game ini sedikit lebih lanjut.

    Jika ditanya apa dua hal yg Life is Strange paling sukses lakukan, pertama adalah game ini bisa menggunakan formula desain game yg telah dipopulerkan oleh Telltale Games, & membuatnya menjadi lebih baik lagi.

    Kedua, game ini sukses menggambarkan kehidupan sebagai seorang remaja beserta intrik-intrik tidak pentingnya dengan begitu apik. Sesuatu yg saya rasa belum pernah dilakukan, / setidaknya belum pernah dilakukan dengan baik dalam video game.

    Life is Strange sangat mengingatkan saya dengan serial TV Barat seperti Twin Peaks (porsi para karakter SMA saja), Smallville, Veronica Mars, & masih banyak lainnya. Tanpa saya sadari, mungkin saja saya memainkan Life is Strange dengan alasan yg kurang lebih sama dengan alasan saya menonton serial-serial di atas, yaitu untuk merasakan kehidupan remaja yg sudah saya lewatkan / memang tidak pernah saya rasakan. Oh, hidup memang aneh.

    Review Life is Strange Gejolak Kawula Muda

    Itu saja sepuluh game yg saya anggap sebagai game favorit saya di tahun 2015. Ingat ya, “game favorit” bukan “game terbaik”. Saya pribadi cukup yakin banyak game lebih bagus yg dirilis di tahun 2015, baik itu yg saya mainkan / tidak, tapi sepuluh game di ataslah yg paling meninggalkan kesan untuk saya. Bagaimana denganmu? Apa pendapatmu tentang daftar di atas? Berapa banyak game favorit saya yg juga menjadi favoritmu? Sampaikan di kolom komentar yuk.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page