10 Simetri yang Indah di Alam

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, May 6, 2016.

Discuss 10 Simetri yang Indah di Alam in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,114
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Selama berabad-abad, simetri tetap menjadi subjek yg mempesona para filsuf, astronom, matematikawan, fisikawan, seniman, & arsitek. Orang-orang Yunani kuno benar-benar terobsesi dengannya & bahkan hari ini kita cenderung memihak simetri dalam segala hal dari perencanaan tata letak furnitur hingga penataan rambut kita. Tidak ada yg tahu pasti mengapa symmetry selalu hadir di alam, / mengapa matematika di baliknya tampaknya menyebar ke segala sesuatu di sekitar kita. Berikut adalah sepuluh contoh terkenal dari simetri yg ada di alam, seperti yg dkutip dari versesofuniverse.blogspot.com



    10. Romanesko[​IMG]Dalam geometri, fraktal adalah pola yg kompleks di mana setiap bagian dari suatu hal memiliki pola geometris yg sama seperti keseluruhan. Demikian juga yg terjadi pada brokoli romanseco, setiap floret menyajikan spiral logaritmik yg sama dengan seluruh kepala (atau hanya miniatur dari kepala). Pada dasarnya, satu romanesco adalah terdiri dari beberapa kerucut berspiral besar yg tiap kerucut juga terdiri dari beberapa kerucut berspiral yg lebih kecil.

    Romanesco kerabat dekat dari brokoli & kembang kol; meskipun rasa nya lebih mirip dengan kembang kol. Romanesco juga kaya karotenoid & vitamin C & K, yg berarti bahwa sayuran ini selain menyehatkan, juga indah secara matematis.



    9. Sarang Lebah Madu[​IMG]Lebah tidak hanya pintar memproduksi madu tapi tampaknya mereka juga memiliki bakat dalam geometri. Selama ribuan tahun, manusia telah kagum dengan bentuk heksagonal yg sempurna pada sarangnya & bertanya-tanya bagaimana lebah secara naluriah dapat membuat bentuk yg manusia hanya dapat lakukan dengan penggaris & busur. Sarang lebah adalah kasus simetri wallpaper, di mana pola berulang meliputi bidang (misalnya lantai keramik / mosaik).

    Bagaimana & mengapa lebah lebih memilih segi enam? Nah, matematikawan percaya bahwa itu adalah bentuk yg sempurna untuk memungkinkan lebah menyimpan jumlah kemungkinan terbesar madu dengan menggunakan bahan pembuat (lilin) sesedikit mungkin. Bentuk lain, misalnya seperti lingkaran, akan meninggalkan celah antara sel-selnya, jika digabungkan bersama-sama.

    Pengamat lain, yg kurang percaya pada kecerdikan lebah, berpikir bentuk segi enam tersebut adalah “kecelakaan.” Dengan kata lain, lebah hanya membuat sel melingkar & lilin alami runtuh ke dalam bentuk segi enam. Namun yg jelas, sarang lebah adalah produk alam yg indah & mengesankan.



    8. Bunga Matahari[​IMG]Bunga Matahari menampilkan simetri radial & jenis yg menarik dari simetri numerik yg dikenal sebagai deret Fibonacci. Deret Fibonacci adalah 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 24, 55, 89, 144, & seterusnya (setiap angka ditentukan dengan menambahkan dua angka sebelumnya).

    Jika kita menghitung jumlah benih yg menspiral pada bunga matahari, kita akan menemukan bahwa jumlah spiral sesuai dengan deret Fibonacci. Bahkan, banyak tanaman yg besar (termasuk romanesco brokoli) menghasilkan kelopak, daun, & biji-bijian sesuai dengan deret Fibonacci.

    Kepala bunga matahari. Ini biasanya berisi dua jenis spiral. Tiga puluh empat menspiral ke satu arah & lima puluh lima ke arah lainnya. 34 & 55 adalah bilangan dalam deret Fibonacci. Beberapa bunga matahari memiliki bilangan Fibonacci lebih besar. Seperti 89 & 144.

    Tidak hanya itu, penelitian telah menunjukkan bahwa di bawah berbagai kondisi pertumbuhan setiap benih bunga matahari muncul pada sudut 137,5 derajat dari benih sebelumnya. Hebatnya, 137,5 derajat adalah sudut yg terkenal yg disebut, “The Golden Angle”. Sudut emas ini berasal dari apa yg disebut sebagai Golden Ratio / Phi (1,618033988749895 …). Golden Ratio erat terkait dengan urutan Fibonacci.

    Tapi kenapa bunga matahari & tanaman lainnya mematuhi aturan matematika? Seperti pola heksagonal dalam sarang lebah, itu semua adalah masalah efisiensi. Jadi Golden Angle menghasilkan penggunaan yg paling efisien dari bunga matahari dalam ruang yg terbatas.

    Jadi, untuk setiap tanaman yg mengikuti deret Fibonacci, terdapat sudut yg sesuai dengan Phi (yaitu “sudut emas”) antara setiap biji, daun, kelopak, / cabang. Selengkapnya tentang deret fibonacci & golden rasio dapat dibaca disini



    7. Cangkang Nautilus[​IMG]Selain tanaman, beberapa hewan, seperti nautilus, mengikuti deret Fibonacci. Cangkang nautilus tumbuh dalam “Spiral Fibonacci”. Spiral terjadi karena cangkang berupaya untuk mempertahankan bentuk proporsional seiring mereka tumbuh. Dalam kasus nautilus, pola pertumbuhan ini memungkinkan untuk mempertahankan bentuk yg sama sepanjang hidup nya (tidak seperti manusia, yg tubuhnya berubah seiring usia mereka).

    Seperti yg sering terjadi, ada pengecualian dalam setiap aturan – jadi tidak semua nautilus mengikuti deret Fibonacci. Tapi mereka semua mematuhi beberapa jenis spiral logaritmik. Dan sebelum Anda mulai berpikir bahwa cephalopod ini bisa mengalahkan Anda di kelas matematika, ingat bahwa mereka tidak menyadari bagaimana cangkang mereka tumbuh, itu hanya manfaat dari desain evolusioner yg memungkinkan moluska tumbuh tanpa mengubah bentuk.



    6. Hewan[​IMG]Bulu Merak

    Sebagian besar hewan memiliki simetri bilateral – yg berarti bahwa mereka dapat dibagi menjadi dua bagian yg serupa, jika mereka merata dibagi ditengah. Bahkan manusia memiliki simetri bilateral, & beberapa ilmuwan percaya bahwa kesimetrian seseorang adalah faktor yg paling penting dalam penilaian kita mengenai indah / tidaknya fisik seseorang. Dengan kata lain, jika Anda memiliki wajah yg tidak simetris, sebaiknya Anda memiliki banyak kelebihan lainnya untuk menebus ketidaksimetrian itu. [​IMG]

    Salah satu hewan yg dianggap telah memanfaatkan simetri untuk menarik pasangannya adalah Merak. Darwin begitu kesal dengan burung ini, & menulis dalam sebuah surat tahun 1860:

    “Melihat bulu di ekor merak, setiap kali aku menatapnya, membuat saya sakit!”

    Bagi Darwin, ekor merak tampak tidak masuk akal evolusi karena tidak cocok dengan teori “survival of the fittest” nya. Dia tetap kesal sampai dia menemukan teori seleksi seksual, yg menegaskan bahwa hewan mengembangkan fitur tertentu untuk meningkatkan kesempatan mereka untuk kawin. Rupanya burung-burung merak memiliki seleksi seksual, & mereka telah mencoba berbagai adaptasi untuk menarik betina, termasuk warna-warna cerah, ukuran besar, & simetri bentuk tubuh mereka & dalam pola berulang bulu ekor mereka.



    5. Jaring Laba-Laba[​IMG]Ada sekitar 5.000 jenis laba-laba orb, & semua membuat jaring melingkar yg hampir sempurna membentuk simetri radial untuk menangkap mangsa. Para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin mengapa laba-laba orb membuat jaringnya begitu geometris karena menurut tes yg telah dilakukan, menunjukkan bahwa jaring orb tidak menjerat makanan lebih baik dari jaring yg berbentuk lain.

    Beberapa ilmuwan berteori bahwa jaring orb dibangun untuk kekuatan, & simetri radial membantu untuk mendistribusikan kekuatan dampak ketika mangsa menghantam jaring secara merata, sehingga jaring tidak gampang robek. Tapi pertanyaannya tetap: jika itu benar-benar adalah desain web yg lebih baik, maka mengapa tidak semua laba-laba memanfaatkannya? Beberapa laba-laba non-orb yg diketahui mampu membuat seperti itu, tampaknya tidak tertarik.



    4. Snowflakes[​IMG]Bahkan sesuatu yg kecil seperti kepingan salju diatur oleh hukum keteraturan, karena kebanyakan kepingan salju menunjukkan simetri radial segi enam segi dengan pola rumit yg sama pada masing-masing lengannya. Memahami mengapa tanaman & hewan memilih simetri saja sudah cukup membuat kita kesulitan untuk memahaminya, apalagi untuk memahami mengapa benda mati seperti kepingan salju juga memilih simetri

    Ternyata, itu semua bermuara pada proses kimiawi; & secara khusus, bagaimana molekul air mengatur diri mereka saat memadat(mengkristal). Molekul air berubah menjadi padat dengan membentuk ikatan-ikatan hidrogen lemah satu sama lain. Ikatan-ikatan ini tersusun dalam susunan yg memaksimalkan kekuatan tarik menarik & meminimalkan kekuatan tolak menolak, yg membuat bentuk bentuk heksagonal keseluruhan kepingan salju. Tapi seperti yg diketahui, tidak ada dua kepingan salju yg sama, jadi bagaimana mungkin kepingan salju benar-benar simetris, tapi tidak tetap tidak sama dengan kepingan salju yg lain?

    Nah, itu karena setiap kepingan salju yg turun dari langit, mengalami kondisi atmosfer yg unik, seperti kelembaban & suhu, yg efeknya adalah bagaimana kristal pada serpihan “tumbuh.” Semua lengan serpihan mengalami kondisi yg sama & akibatnya mengkristal dalam cara yg sama – dengan lengan serpihan lainnya. Tidak ada kepingan salju yg mengalami kondisi yg sama saat turun dari langit & karenanya mereka semua terlihat berbeda satu sama lain. Selengkapnya baca disini



    3. Galaksi-Galaksi[​IMG]Seperti yg kita lihat, simetri & pola matematis ada hampir di mana-mana, tetapi apakah itu hanya terbatas terbatas pada planet kita sendiri? Ternyata tidak! Setelah baru-baru menemukan sebuah bagian baru di tepi Galaksi Bima Sakti, astronom sekarang semakin percaya bahwa galaksi adalah gambar cermin yg hampir sempurna dari dirinya sendiri. Berdasarkan informasi baru ini, para ilmuwan lebih percaya diri dalam teori mereka bahwa galaksi kita hanya memiliki dua lengan utama: Perseus & Scutum-Centaurus.

    Selain memiliki simetri cermin, Bima Sakti memiliki desain-lain yg serupa dengan kerang nautilus & bunga matahari – dimana masing-masing “lengan” galaksi, menspiral logaritmik dengan awal di pusat galaksi & melebar keluar.

    Tidak hanya sampai disitu, sebenarnya mayoritas galaksi menunjukkan simetri yg kuat di sepanjang tiga sumbu. Galaksi-galaksi yg tidak simetris, / disebut sebagai “galaksi asimetris” cenderung menunjukkan pelintiran (warp) & penyimpangan lainnya dari simetri melingkar.

    Galaksi menjadi asimetris biasanya karena mereka berinteraksi dengan galaksi lain melalui sebuah papasan dekat / peristiwa merger. Interaksi ini mengganggu galaksi (disk galaksi sangat sensitif terhadap gangguan gravitasi seperti ini), & sering memicu ledakan formasi bintang baru. Untuk alasan ini, galaksi asimetris biasanya galaksi disk dengan tingginya tingkat pembentukan bintang.

    Model menunjukkan bahwa setelah interaksi selesai (yaitu papasan dekat / merger selesai) galaksi akan kembali ke konfigurasi simetris dalam waktu sekitar 500 juta tahun, & pembentukan bintang di dalamnya kembali ke tingkat yg lebih normal. Hal ini membuat galaksi-galaksi asimetris relatif langka. Meski begitu, asimetri di galaksi, bersama dengan warps, ekor pasang surut gravitasi, meemberi para astronom sarana untuk menyelidiki interaksi yg sedang / telah berlangsung, serta dinamika galaksi yg terlibat. Interaksi galaksi dapat dibaca disini



    2. Simetri Matahari & Bulan[​IMG]Dengan matahari memiliki diameter 1,4 juta kilometer & Bulan memiliki diameter hanya 3.474 kilometer, tampaknya hampir mustahil bahwa bulan mampu memblokir cahaya matahari & memberi kita sekitar lima gerhana matahari setiap dua tahun.

    Bagaimana itu terjadi? Kebetulan, meskipun lebar matahari adalah sekitar empat ratus kali lebih besar dari bulan, matahari juga empat ratus kali lebih jauh. Simetri dalam rasio ini membuat matahari & bulan muncul hampir seukuran jika dilihat dari Bumi, & karena itu memungkinkan untuk bulan untuk memblokir sinar matahari ketika keduanya selaras.

    Tentu saja, jarak bumi dari matahari dapat meningkat selama mengorbit, & ketika gerhana terjadi saat itu, kita melihat gerhana annular, / gerhana cincin, karena matahari tidak sepenuhnya tersembunyi. Tapi setiap satu sampai dua tahun, semuanya dalam keselarasan yg tepat, & kita dapat menyaksikan peristiwa spektakuler yg dikenal sebagai gerhana matahari total.

    Para astronom tidak yakin apakah fenomena matahari-bulan yg terlihat seukuran ini umum di antara planet-planet lain, tetapi mereka pikir itu cukup langka. Meski begitu, kita tidak harus menganggap kita sangat istimewa, karena semua tampaknya hanyalah masalah waktu. Misalnya, setiap tahun bulan melayang sekitar empat sentimeter lebih jauh dari Bumi, yg berarti bahwa miliaran tahun yg lalu, setiap gerhana matahari adalah gerhana total.

    Jika bulan terus menjauh dari bumi, maka gerhana total akhirnya akan hilang, & ini bahkan akan diikuti oleh hilangnya gerhana annular (jika planet ini berlangsung selama itu). Jadi tampak bahwa kita hanya berada di tempat yg tepat pada waktu yg tepat untuk menyaksikan fenomena ini. Benarkah demikian? Beberapa ilmuwan berteori bahwa simetri matahari-bulan ini adalah faktor khusus yg membuat keberadaan kita di Bumi menjadi mungkin. Selengkapnya baca disini



    1. Simetri dalam Fisika[​IMG]Dalam matematika, bahasa dari fisika, simetri memiliki arti yg lebih spesifik. Simetri dalam fisika didefinisikan sebagai imunitas untuk berubah. Yaitu jika sesuatu dilakukan operasi tertentu & tidak berubah, maka disebut simetri.

    Definisi ini tidak hanya mencakup simetri bilateral tetapi juga mencakup simetri lain:

    Simetri translasi waktu: hukum fisik tidak berubah dengan waktu.Simetri translasi: Hukum-hukum fisika berlaku sama dimanapun di alam semesta.Simetri rotasi: Hukum fisika tidak berubah jika dibalik

    Simetri ini sangat penting untuk memahami ilmu, terutama fisika. Jika hukum alam tidak simetris, tidak akan ada harapan untuk bisa menemukan mereka. Dalam alam semesta di mana hukum-hukum alam nya tidak simetris, hasil eksperimen tentu akan berubah tergantung pada di mana, kapan & ke arah mana percobaan dilakukan.

    Salah satu contoh pentingnya simetri adalah sebagai berikut:Salah satu cara para astronom dapat menentukan komposisi material bintang-bintang yg jutaan tahun cahaya jaraknya adalah dengan memeriksa tanda tangan kimia yg dikodekan dalam cahaya yg mereka pancarkan. Agar kesimpulan para astronom valid, maka atom dalam bintang-bintang di sudut lain dari alam semesta tersebut harus mematuhi hukum yg sama dengan hukum-hukum yg mengatur alam semesta di sudut kita.

    Simetri yg terintegrasi dengan cara alam semesta bekerja ini yg Albert Einstein gunakan sebagai pedoman ketika ia merancang Teori Relativitas-nya.

    Einstein sangat yakin bahwa hukum-hukum fisika harus sama untuk semua pengamat, terlepas dari bagaimana mereka bergerak. Melalui berbagai eksperimen pemikiran, Einstein menemukan simetri lain yg mendasar di alam, yg disebut kovariansi umum. Berdasarkan simetri ini, hukum-hukum fisika bertindak sama terlepas dari apakah obyek dipercepat / jatuh. Dengan kata lain, gaya gravitasi & gaya yg dihasilkan dari percepatan adalah dua aspek yg sama – mereka simetris.

    Bahkan matematikawan Emmy Noether membuktikan bahwa sentralitas dari simetri sebagai sebuah prinsip fisis

    Para ilmuwan juga telah melirik simetri lainnya di alam. Sebuah positron, misalnya, dapat dianggap sebagai gambar cermin dari elektron. Dan James Clerk Maxwell, seorang fisikawan matematika abad ke-19, menunjukkan simetri antara medan listrik & magnet. Melalui serangkaian persamaan, Maxwell menunjukkan bahwa listrik & magnet sebenarnya dua aspek yg saling melengkapi dari kekuatan yg lebih mendasar, yg disebut elektromagnetisme.

    Banyak ilmuwan menduga bahwa mungkin ada simetri alami lainnya yg menunggu untuk ditemukan. Beberapa berpikir bahwa “Teori Segalanya”, yg fisikawan telah menghabiskan puluhan tahun untuk menemukannya, akan berisi beberapa jenis simetri universal yg sepenuhnya menjelaskan & merajut semua hukum yg dikenal fisika secara bersama-sama.

    Originally posted 2015-04-30 16:30:39. Republished by Blog Post Promoter

    Share
    Previous Post
    5 Pulau Termahal di Dunia
    You may also like
    [​IMG]
    5 Pulau Termahal di Dunia
    [​IMG]
    Heboh, Foto Dua Ular yg Badannya Saling Menembus
    [​IMG]
    10 Anak Jenius dari Berbagai Negara
    [​IMG]
    5 Ramalan yg Dipercaya Akan Terjadi 100 Tahun ke Depan
    [​IMG]
    8 Negara Dengan Akses Internet Tercepat Di Dunia
    [​IMG]
    10 Jenis Narkoba Dan Efek Sampingnya
    [​IMG]
    Kekasih Cristiano Ronaldo, Irina Shayk Bikin Heboh dengan Foto Telanjang
    [​IMG]
    Sex Toy Terjebak dalam Kelamin Wanita Ini Selama 10 Tahun
    atOptions={'key':'198abcf589c1cb60f8c69d019d2e3cdb','format':'iframe','height':250,'width':300,'params':{}};document.write('');​
    Popular Posts
    [​IMG]
    Lagu Yang Kamu Kira Cocok Buat Kawinan Padahal Nggak
    /
    1 Comment
    /
    22 Apr 2016
    [​IMG]
    Foto Tikus Raksasa Beredar di Facebook
    /
    0 Comment
    /
    10 Jul 2015
    [​IMG]
    Musnahnya Keajaiban Dunia ke-8 di Danau Rotomahana
    /
    0 Comment
    /
    27 Sep 2015
    [​IMG]
    Ciri Pasangan yg Mudah Selingkuh
    /
    0 Comment
    /
    24 Feb 2016
    [​IMG]
    8 Cara Ampuh Meredam Emosi
    /
    1 Comment
    /
    07 Sep 2014
    [​IMG]
    Kepergok Maling Pakaian, Wanita Ini Dipaksa Topless
    /
    1 Comment
    /
    06 Apr 2016
    [​IMG]
    Norma Stitz, Wanita dengan Payudara Terbesar di Dunia
    /
    0 Comment
    /
    16 Nov 2015
    [​IMG]
    5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Bodoh
    /
    0 Comment
    /
    19 Apr 2016
    [​IMG]
    Wanita Ini Kecanduan Operasi Perbesar Payudara
    /
    1 Comment
    /
    16 Apr 2016
    [​IMG]
    Seramnya Mumi-Mumi di Museum Mayat Meksiko
    /
    0 Comment
    /
    03 Sep 2014
    ArchivesArchivesSelect Month May 2016 (187) April 2016 (904) March 2016 (789) February 2016 (261) January 2016 (309) December 2015 (144) November 2015 (136) October 2015 (140) September 2015 (143) August 2015 (163) July 2015 (148) June 2015 (100) May 2015 (138) April 2015 (223) March 2015 (83) February 2015 (122) January 2015 (138) December 2014 (118) November 2014 (146) October 2014 (138) September 2014 (129) August 2014 (103) July 2014 (29) June 2014 (27) May 2014 (15) April 2014 (10) March 2014 (36) February 2014 (38) January 2014 (48) December 2013 (96) November 2013 (166) October 2013 (160) September 2013 (110) August 2013 (152) July 2013 (1)


    If you would like more information, just send us a detailed e-mail.

    [email protected]

    [​IMG]
    var sbiajaxurl="http://terselubung.in/wp-admin/admin-ajax.php";eval(mod_pagespeed_CI_ve26wXe);eval(mod_pagespeed_uy6jQZrq87);var _wpcf7={"loaderUrl":"http:\/\/terselubung.in\/wp-content\/plugins\/contact-form-7\/images\/ajax-loader.gif","sending":"Sending ...","cached":"1"};var sb_instagram_js_options={"sb_instagram_at":"1817132454.97584da.1c2fcb2e58c54737843608f335452ef2","sb_instagram_hide_photos":"sbi_1089877265270271058_1485448418","sb_instagram_block_users":""};eval(mod_pagespeed_bws_FMvqle);eval(mod_pagespeed_ednwJtupre);eval(mod_pagespeed_$5$9ic$UvB);eval(mod_pagespeed_E3_SSRoQLu);eval(mod_pagespeed_u1ZESBbtzo);eval(mod_pagespeed_czb$HdXpiz);eval(mod_pagespeed_zASzXHK6N6);eval(mod_pagespeed_teQO1NUiqp);eval(mod_pagespeed_snvpUzZZfZ);eval(mod_pagespeed_zWQfgZx$xb);eval(mod_pagespeed_KSQ3L1KbhW);_stq=window._stq||[];_stq.push(['view',{v:'ext',j:'1:3.6.1',blog:'56082597',post:'22680',tz:'7',srv:'terselubung.in'}]);_stq.push(['clickTrackerInit','56082597','22680']);

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten 10 Simetri yang Indah di Alam diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. 10 Simetri yang Indah di Alam.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page