10 Spesies Makhluk Hidup Tertua yang Pernah Ditemukan di Bumi

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Jun 12, 2016.

Discuss 10 Spesies Makhluk Hidup Tertua yang Pernah Ditemukan di Bumi in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,092
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Semua hewan & tumbuhan yg hidup hingga saat ini adalah makhluk-makhluk yg sudah berhasil hidup & beradaptasi selama jutaan tahun lalu.

    Bahkan sampai sekarang pun, masih ada banyak hewan-hewan prasejarah yg masih hidup. Sebut saja contohnya paus / komodo. Dua hewan tersebut dipercaya hidup di era dinosaurus menguasai bumi Namun, terdapat 10 makhluk hidup lain yg berumur lebih tua dari dua hewan tersebut, seperti dikutip dari apakabardunia.com



    10. Semut Martialis Heureka (120 juta tahun)[​IMG]Walaupun termasuk salah satu hewan tertua di bumi, namun semut ini baru ditemukan oleh manusia modern pada tahun 2000 lalu di hutan hujan Amazon, dekat Manaus, Brasil.

    Semut ini sempat menghebohkan peneliti karena tak ada matanya, alias buta. Jenis semut yg tanpa mata & memiliki warna krem ini merupakan keluarga baru dari Martialinae.

    Begitu anehnya semut ini hingga dijuluki “Semut dari planet Mars” / dalam bahasa latinnya Martialis heureka (Ant from Mars) yg kemudian menjadi namanya.

    Dan sangat mengagumkan, walau tanpa mata & hanya dengan mengandalkan kedua sungut antenanya, turunan semut spesies ini dapat beradaptasi & bisa bertahan hidup sejak lebih dari seratus juta tahun yg lalu.



    9. Ikan Sturgeon (200 juta tahun)[​IMG]Ikan jenis Sturgeon adalah nama umum dari 26 spesies ikan dalam keluarga Acipenseridae, termasuk genus Acipenser, Huso, Scaphirhynchus & Pseudoscaphirhynchus.

    Keluarga dari ikan bertulang tertua ini mempunyai habitat hidup di sungai, danau & pantai sub-tropis, iklim sedang & sub-arktik. Sturgeon dapat dijumpai di sekitar Amerika Utara.

    Menurut para ahli, dulunya kemungkinan ikan ini memiliki tubuh yg besar, namun dikarenakan evolusi maka menyusut sampai dengan bentuk seperti sekarang.



    8. Hewan Laut Horseshoe Shrimp (200 juta tahun)[​IMG]Horseshoe Shrimp adalah satu-satunya spesies di muka bumi yg tidak mengalami evolusi / perubahan bentuk sejak 200 tahun lalu. Dari fosil yg ditemukan & bentuknya sekarang, hewan yg bernama latin Cephalocarida ini juga masih tetap sama.



    7. Tumbuhan Ginkgo Biloba (270 juta tahun)[​IMG]Spesies tunggal dari salah satu divisio anggota tumbuhan berbiji terbuka ini dapat ditemui di mana saja karena ruang hidupnya tersebar luas di seluruh dunia. Dari fosil yg pernah ditemukan & bentuknya sekarang, Ginkgo biloba tumbuhan ini tidak mengalami perubahan sama sekali. Diperkirakan, tumbuhan ini hidup sejak periode Permian.



    6. Ikan Coelacanth[​IMG]Kata Coelacanth diambil dari bahasa Yunani yg berarti duri berongga. Walaupun sedikit, namun sampai sekarang ikan ini masih hidup di Indonesia, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar & Afrika Selatan. Menurut penjelasan di Wikipedia, Coelacanth memiliki sekitar 120 spesies yg diketahui berdasarkan fosilnya.



    5. Horseshoe Crab / Belangas / Mimi Hitam[​IMG]Diyakini bahwa hewan ini mulai muncul sejak periode Ordovician / periode Paleozoikum. Dan menurut para ahli, horseshoe crab jauh lebih mendekati keluarga kalajengking dibandingkan keluarga dari kepiting.

    Selain itu, para ahli juga memberikan kesimpulan bahwa Belangas adalah hewan yg memiliki umur lebih tua daripada dinosaurus tertua. Hewan ini dapat hidup di air & di darat.



    4. Nautilus (500 juta tahun)[​IMG]Nautilus disebut juga living fossil / fosil hidup karena banyak arkeolog yg menemukan fosil hewan ini di bebatuan, namun sampai sekarang Nautilus masih dapat ditemui di perairan Indo-Pasifik.

    .u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb{padding:0px;margin:0;padding-top:1em!important;padding-bottom:1em!important;width:100%;display:block;font-weight:bold;background-color:#eaeaea;border:0!important;border-left:4px solid #c0392b!important;text-decoration:none}.u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb:active,.u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb:hover{opacity:1;transition:eek:pacity 250ms;webkit-transition:eek:pacity 250ms;text-decoration:none}.u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb{transition:background-color 250ms;webkit-transition:background-color 250ms;opacity:1;transition:eek:pacity 250ms;webkit-transition:eek:pacity 250ms}.u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb .ctaText{font-weight:bold;color:inherit;text-decoration:none;font-size:16px}.u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb .postTitle{color:#141414;text-decoration:underline!important;font-size:16px}.u0f6ff442a55775bf20e90f4210752bfb:hover .postTitle{text-decoration:underline!important}
    Baca Juga: 5 Orang Ini Mati Dengan Tragis Gara-gara Serangan Hewan

    Menurut para ahli, di era dinosaurus, hewan ini memiliki beragam varian, dikarenakan banyak faktor, sekarang ini silsilah keluarga Nautilus yg tersisa hanya cephalopoda / cumi-cumi saja.



    3. Jellyfish / Ubur-Ubur (505 juta tahun)[​IMG]Ubur-ubur adalah hewan laut yg termasuk dalam kelas Scyphozoa & tergolong dalam keluarga Cnidaria / Coelenterata. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Tercatat ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur di dunia.

    Jenis ubur-ubur yg paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yg paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yg ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.

    Hewan ini sangat susah untuk menjadi fosil ketika mati dikarenakan tubuhnya yg tipis & lunak. Namun, pernah ditemukan sebuah fosil yg diyakini adalah Ubur-ubur purba beberapa tahun lalu.



    2. Sponge / Porifera (580 juta tahun)[​IMG]Porifera / spons / hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yg paling sederhana. Seperti halnya Cyanobacteria, para peneliti mempunyai asumsi bahwa Sponge adalah salah satu makhluk hidup yg ada sejak awal hewan di darat, air & udara muncul.

    Fosil Sponge tertua yg pernah ditemukan adalah berusia sekitar 540 juta tahun di sebuah batu di Australia. Sponge juga mirip Ubur-ubur yg susah untuk menjadi fosil karena karakteristik tubuhnya.



    1. Cyanobacteria (3,8 miliar tahun)[​IMG]Para peneliti mempunyai asumsi bahwa Cyanobacteria adalah makhluk hidup pertama yg hidup di bumi. Cyanobacteria, dikenal pula sebagai sianobakteri(a), bakteri biru-hijau, ganggang biru-hijau (Cyanophyceae), serta ganggang biru, adalah filum (atau divisi) bakteri autotrof fotosintetik.

    Jejak fosilnya telah ditemukan berusia 3,8 miliar tahun. Kelompok bakteri ini sekarang adalah salah satu kelompok terbesar & terpenting di bumi. Makhluk ini hidup di sulfur & gas metan yg tersebar merata hampir di seluruh tempat di awal bumi terbentuk.

    Walaupun kecil, namun Cyanobacteria / ganggang biru-hijau ini merupakan salah satu kelompok terpenting dalam rantai ekosistem makhluk hidup di bumi. Cyanobacteria dapat ditemui di laut / samudera, perairan tawar, di permukaan batu sampai di tanah.



    KesimpulanItulah 10 hewan paling tua yg masih hidup di Bumi hingga kini sejak ratusan juta tahun bahkan milyaran tahun lalu. Dari semua hewan tersebut, adakah dari mereka yg berevolusi hingga bentuknya berubah, bahkan jadi bentuk hewan lain? Tidak ada.

    Inilah bukti nyata, dari fosilnya hingga hewannya sendiri masih dapat saling dibandingkan (compare) & terbukti bahwa memang mereka tidak berubah menjadi spesies lain. Dan ini bukan suatu teori, ini adalah bukti bahwa makhluk hidup hanya dapat beradaptasi & bukannya berevolusi menjadi makhluk lain.

    Iya, makhluk hidup hanya beradaptasi, bukan berevolusi dari makhluk satu sel / bersel tunggal hingga dapat menjadi trilyunan sel dengan organ yg ribet & kompleks, seperti manusia.



    Republished by Blog Post Promoter

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten 10 Spesies Makhluk Hidup Tertua yang Pernah Ditemukan di Bumi diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. 10 Spesies Makhluk Hidup Tertua yang Pernah Ditemukan di Bumi.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page