15 Game Indonesia yang Patut Ditunggu pada Tahun 2016

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 8, 2016.

Discuss 15 Game Indonesia yang Patut Ditunggu pada Tahun 2016 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Tahun 2015 merupakan tahun yg gemilang bagi industri game Indonesia. Banyak game yg mampu mendobrak standar kualitas game lokal & mampu bersaing di kancah global.

    Tahun ini pun menjadi tahun yg sangat menantang bagi developer tanah air, mengingat standar lebih tinggi yg telah ditancapkan pada tahun lalu. Kesuksesan tahun 2016 tentunya tidak akan lepas dari berbagai game yg akan / diperkirakan rilis pada tahun ini.
    Cek juga daftar game Indonesia terbaik sepanjang tahun 2015!

    Lalu game apa sajakah yg kami perkirakan akan secara besar memengaruhi kesuksesan tahun 2016 dari sudut pandang industri game Indonesia? Inilah mereka.
    Raiders Quest
    [​IMG]

    Developer: Alkemis Games
    Platform: Android, iOS

    Iqbal Kurniawan – Raiders Quest memadukan genre action & strategi dengan tema sekelompok hero di dunia fantasi Sartosa. Kamu dapat mengoleksi, memperkuat, serta mengevolusi berbagai hero di sini dalam usahamu menaklukkan ratusan dungeon. Para hero tersebut juga memiliki beragam skill unik yg dapat diaktifkan di pertempuran untuk membalikkan keadaan.

    Saya sendiri telah berpartisipasi menjadi tester beta Raiders Quest selama beberapa bulan terakhir. Sejauh ini, aksi pertarungan dalam Raiders Quest terasa simpel namun solid. Hal yg paling saya suka adalah visualnya yg diarahkan oleh seorang artis berbakat, Henry Tanuwijaya, serta menghadirkan animasi dengan teknik skeletal animation yg halus.

    Alkemis Games saat ini tengah melakukan soft launch Raiders Quest di beberapa negara. Developer asal Kota Pahlawan ini belum menyebutkan kapan rencananya karya perdana mereka ituakan tersedia di Indonesia / pada platform Android. Melihat Raiders Quest yg kurang lebih sudah bisa dibilang rampung tersebut, tampaknya kita tidak perlu menunggu terlalu lama lagi.
    Stellar Strive


    Developer: Gotta Games
    Platform: PC

    Iqbal Kurniawan – Pertama kali menjajal Stellar Strive pada ajang Game Developers Gathering Prime 2015 di Bandung, saya langsung jatuh hati pada gameplay platformer, animasi, maupun bumbu metroidvania yg dihadirkan oleh Gotta Games. Prototipe alfa yg mereka pamerkan terasa begitu seru, hingga saya tenggelam memainkan demo game tersebut sampaiakhirnya tewas menghadapi karakter bos.

    Sebagai sebuah game yg menurut mereka masih jauh dari selesai, versi alfa Stellar Strive telah sanggup menghadirkan permainan yg tampaknya akan disukai oleh penggemar game platformer. Karakter utamamemiliki berbagai jenis serangan yg bisa dimodifikasi seiring dengan progres permainan. Desain level juga terlihat memesona & cerdas, karena melibatkan unsurpetualangan & puzzle untuk bisa terus melangkah maju.

    Sayangnya tim Gotta Games belum bisa memberikan perkiraan resmi kapan Stellar Strive akan dirilis ke pasaran. Namun, mereka menyebutkan akan menghadirkan twist bagi para pemain yg pernah memainkan versi alfanya. Semoga saja hari itu segera tiba!
    Winterflame: The Other Side
    [​IMG]

    Developer:Artoncode
    Platform:PC, Mac, Linux

    Risky Maulana–Dari sekian banyakgamelokal yg telahdiumumkan sejak beberapa waktu lalu, di benak saya hanyalahWinterflame: The Other Side yg masihmeninggalkan bekas rasa penasaranhingga saat ini. Sebagai salah satu pembaca baru dari saga petualangan Vandaria, terus terang saya cukup penasaran dengan penggambaran dunia fantasi ciptaan kreatortanah air inike dalam wujudvideo game.

    Bila kamu melewatkan informasi mengenaigame ini sebelumnya, Winterflame: The Other Sidemerupakan sebuah gamepuzzle platformeryang mengambil cerita dari sudut pandangyang berbedadibandingkanversi novelnya.Meskipun demikian, cerita dalamgame ini kononmemiliki hubungan erat dengansemesta Vandaria yg tergambar dalam novel Winterflame, sehingga cukup menarik bagimereka yg sudah pernah membaca saga petualangan fantasi ini sebelumnya.

    Winterflame: The Other Side rencananya akan rilis pada tahun 2016 nanti di PC, Mac, & Linux (via Steam). Oh ya … saat ini kamu bisa juga menjajal versi demo dari Winterflame lewat tautan yg saya sertakan di bawah. Bagaimana menurutmu? Apakahgame ini pantas untuk dinantikan kehadirannya?

    PC Demo Link: Winterflame: The Other Side

    Mac Demo Link: Winterflame: The Other Side
    Boma Naraka Sura
    [​IMG]

    Developer:Anantarupa Studios
    Platform:PC

    Kevin Sutanto –Satu lagi game buatan lokal yg harus kamu incar di tahun ini adalah Boma Naraka Sura dari Anantarupa Studios. Game dengan tema yg kental budaya Asia Tenggara ini akan memberikan sebuah warna unik yg akan menemani dunia game Indonesia di tahun 2016.

    Berdasarkan apa yg sudah saya lihat & coba dalam demo Boma Naraka Sura pada acara GDG Prime 2015 lalu, saya merasa cukup positif dengan apa yg hendak Anantarupa Studios berikan kepada kita semua. Boma Naraka Sura bisa digambarkan sebagai sebuah game bergaya metroidvania yg dilengkapi elemen RPG yg cukup dalam. Kamuakan mengarungi berbagai dungeon, berburu berbagai musuh, mendapatkan berbagai perlengkapan, hingga berhadapan dengan bos yg kuat.

    Gaya visual yg dihadirkannya juga terhitung cukup baik untuk sebuah game lokal. Tema budaya Asia Tenggara juga ditunjukkan dengan menarik melalui tampilan karakter & juga lingkungan dalam Boma Naraka Sura. Meski apa yg diperlihatkan dalam demo pada GDG Prime 2015 lalu hanyalah sedikit dari apa yg ada dalam game tersebut, tapi sepertinya saya merasa ingin mencoba lagi game ini ketika tanggal rilisnya tiba.
    Pale Blue
    [​IMG]

    Developer:Tinker Games
    Platform:PC

    Kevin Sutanto –Tinker Games yg sebelumnya telah merilis INheritage: Boundary of Existence serta berbagai game seru lainnya untuk smartphone, kini juga tengah mengembangkan sebuah game action platformer baru untuk PC yg wajib ditunggu. Pale Blue adalah sebuah game yg mengangkat tema yg berbedatentang kejahatan & kebaikan.

    Jika biasanya kamu akan berperan sebagai seorang pembasmi kejahatan, maka kali ini justru kamu akan berperan sebagai seekormonster bernama Ellen. Kamu akan berhadapan dengan berbagai pembela kebenaran sembari membuat kehancuran di berbagai tempat. Diinspirasi dengan konsep yg ada dalam game Rampage,Pale Blue akan menghadirkan gameplay action side-scroller yg terlihat memuaskan.

    Pale Blue juga nampak cukup menarik berkat tampilan animasi buatan tangan yg terlihat dinamis. Karena Pale Blue adalah game garapan Tinker Games, kamu juga akan melihat tampilan visual yg keren hasil arahan Mukhlis Nur, Dewitri Virika, & Ann Maulina.

    [Hands-On] Pale Blue Platformer 2D yg Semakin Menemukan Bentuknya
    Valthirian Arc: Red Covenant
    [​IMG]

    Developer:Agate Studio
    Platform:PC

    Arya W. Wibowo – Setelah sebelumnya merilis seri Valthirian Arc pada platform web gratis, Agate Studio akhirnya mempersiapkan sekuel dari game bergenre simulasi & RPG tersebut untuk Steam. Game ini sempat dikampanyekan di Kickstarter, namun tidak menuai hasil yg diharapkan.

    Walaupun begitu, Agate Studio berkomitmen untuk menyelesaikan game ini, terutama karena dukungan para fan seri Valthirian Arc yg terus berdatangan. Tanggal rilisnya sendiri belum dipastikan, akan tetapi akhir tahun 2016 menurut saya adalah waktu yg cukup realistis.

    Sama seperti di seri-seri sebelumnya, Valthirian Arc baru ini akan berlatar sebuah sekolah yg mendidik para pendekar, penyihir, & berbagai profesi lainnya di sebuah kerajaan. Kamu akan berperan sebagai kepala dari sekolah tersebut yg mengelola & berusaha untuk membangkitkan kejayaan sekolah & kerajaannya.

    Jika kamu menyukai JRPG klasik dengan balutan simulasi sekolah (bukan sembarang sekolah), maka Valthirian Arc: Red Covenant adalah salah satu game yg harus kamu awasi tahun ini.
    Infectonator: Survivors
    [​IMG]

    Developer:Toge Productions
    Platform:PC, Mac

    Arya W. Wibowo – Infectonator: Survivors adalah game menjanjikan yg sejak dua tahun terakhir kita nantikan kehadirannya dalam versi penuh. Tahun ini, jika sesuai dengan yangdirencanakan, Infectonator: Survivors akhirnya akan hadir secara utuh.

    Sebenarnya game ini dapat hadir lebih awal (Desember 2015 – Januari 2016) jika saja proyek Kickstarter mereka berhasil. Sayangnya, kampanye mereka tidak mencapai hasil yg diharapkan & harus mengundur target rilis menjadi akhir tahun 2016.

    Infectonator: Survivors merupakan game dengan penggabungan elemen roguelike & survival. Berbeda dengan seri-seri Infectonator sebelumnya yg menempatkan kamu pada posisi zombi, pada iterasi ini kamu akan memainkan sisi manusia yg harus bertahan hidup.

    Dengan pengakuan & penghargaan tingkat internasional, tak perlu diragukan lagi Infectonator: Survivors patut dinantikan kehadirannya. Masih ragu? Baca dulu preview dari kami di bawah ini.
    Steam Link: Infectonator : Survivors, Rp. 99.000
    Preview Infectonator: Survivors Early Access Bertahan Hidup Tidaklah Mudah
    Orbiz
    [​IMG]

    Developer:Anoman Studio
    Platform:PC

    Arya W. Wibowo – Dari sekian banyak game yg ada di sini, Orbiz memiliki sebuah fitur yg unik, yaitu multiplayer lokal. Di sini kamu bermain dengan pemain berjumlah satu hingga empat orang secara kooperatif (atau tidak).

    Berdasarkan apa yg saya rasakan ketika memainkan Orbiz di GDG Prime 2015 lalu, game ini sangat menyenangkan, terutama jika bermain dengan lebih dari satu pemain. Kamu bertugas untuk membasmi zombi beserta sarangnya di planet-planet kecil yg tersebar di dunia Orbiz.

    Potensi Orbiz yg besar juga dikukuhkan dengan berbagai penghargaan seperti The Most Innovative Game IN.GAME 2015, Juara UMN Proto War 2014, Merit Award INAICTA 2015, & lain sebagainya. Semoga saja Orbiz bisa kita mainkan tahun ini!

    Gamejolt Link: Orbiz Demo
    Ascender
    [​IMG]

    Developer:GameChanger Team / Gambreng Games
    Platform:PC

    Arya W. Wibowo – Ascender merupakan sebuah game puzzle adventure yg memiliki konsep menarik. Di sini kamu akan memerankan sebuah robotbernama Sky yg bertugas untuk menjelajahi Goa. Tugas yg ia emban adalah mencari bahan-bahan yg memungkinkan seorang gadis yg memiliki kekurangan fisik dapat bergerak layaknya orang normal.

    Game ini memiliki berbagai puzzle yg menarik dengan tingkat kesulitan yg menantang. Di beberapa kesempatan, kecekatan kamu dalam mengendalikan Sky akan diuji ketika kamu harus menghindari robot raksasa / berpacu dengan waktu untuk menuju tempat tertentu.

    Ascender juga berhasil mendapatkan beberapa penghargaan, seperti Juara 2 Compfest7 Indie Game Ignite, pemenang Leading Engineers of Game Mechanic Compfest7, Juara 2 Increfest 2015 Kategori Game, & lainnya. Dengan berbagai penghargaan ini, menarik untuk dinantikan kehadiran Ascender pada tahun 2016.

    IndieDB Link: AscenderAlpha

    Ascender Game Puzzle-Platformer Tentang Memperjuangkan Hak Penyandang Cacat Fisik
    A Space for The Unbound
    [​IMG]

    Developer: Mojiken Studio
    Platform: PC

    Mohammad Fahmi – Salah satu game dari Mojiken Bandel yg paling unik adalah A Space for The Unbound. “Game” yg hanya memaksa kamu untuk menunggu lima menit ini menyajikan pengalaman audio visual yg betul-betul berbeda dari biasanya. Satu hal yg menarik adalah, di versi bundel Mojiken menamakan game ini sebagai “prolog” serta menampilkan sebuah trailer yg begitu menjanjikan & lagi-lagi menawarkan pengalaman audio visual yg fantastis.

    Meskipun memiliki banyak potensi, sayangnya tidak banyak hal yg diketahui tentang gameplay A Space for The Unbound. Apakah nanti bagian prolog yg membuat pemain menunggu lima menit akan dikembangkan menjadi pengalaman menunggu selama lima jam oleh Mojiken? Saya rasa mereka tidak akan senekat itu dalam berkarya. Tapi, kita lihat saja nanti.

    Itch.io: A Space for The Unbound -prologue-
    Celestian Tales: Realms Beyond
    [​IMG]

    Developer: Ekuator Games
    Platform: PC, Mac, Linux

    Mohammad Fahmi – Celestian Tales: Old North dari Ekuator Games adalah game pertama dari trilogi Celestian Tales. Baru beberapa hari yg lalu, Ekuator mengumumkan judul game keduanya yg diberi nama Celestian Tales: Realms Beyond. Game kedua ini menyajikan lanjutan langsung dari kisah Old North sambil mengenalkan karakter-karakter yg lebih tua & dewasa, serta area baru untuk dijelajahi.

    Jika kamu menikmati Celestian Tales: Old North, tidak ada alasan untuk melewatkan Realms Beyond. Tapi kalau kamu belum memainkan Old North, kamu masih punya waktu beberapa bulan sebelum ketinggalan!
    Fallen Legion
    [​IMG]

    Developer: MINTSPHERE
    Platform: PS4

    Mohammad Fahmi – Yang ini tidak perlu ditanya lagi, sebagai game Indonesia pertama yg dirilis untuk PS4, MINTSPHERE jelas punya beban besar untuk mewakili Indonesia di kancah internasional. Tapi mengingat pengalaman mereka di industri game yg sudah cukup matang, baik dari desainernya maupun pengarah visualnya, kita bisa berharap banyak akan game ini.

    Fallen Legion menyajikan gameplay action RPG dengan mekanisme yg mengingatkan saya akan pertarungan dalam Valkyrie Profile. Dari segi visual, game ini jelas terinspirasi dari game buatan Vanillaware seperti Odin’s Sphere, Dragon’s Crown, & lain-lain. Jika kamu menyukai beberapa judul yg saya sebutkan, berarti Fallen Legion jelas merupakan game yg wajib untuk kamu jajal!

    Fallen Legion RPG Penuh Potensi untuk PS4 Buatan Indonesia
    Ethernia Universe
    [​IMG]

    Developer:G.U.I.L.D. Entertainment
    Platform:Android, iOS

    Arya W. Wibowo – Ethernia Universe adalah salah satu game yg sempat saya mainkan di GDG Prime 2015, & saya menikmatinya (juga menguasainya). Game ini memiliki gameplay hack and slash dengan berbagai combo & jurus yg menarik.

    Dari apa yg telah saya mainkan di GDG Prime 2015, kesulitan game ini sangat menantang, tetapi menurut pihakG.U.I.L.D. Entertainment hal ini disengaja khusus untuk acara tersebut. Jika rilis, nantinya Ethernia Universe akan menjadi MMORPG pertama dari Indonesia dengan grafis 3D.

    Dengan grafis yg terpoles dengan baik & pergerakan karakter yg cukup mulus, apakah Ethernia Universe mampu menjaring banyak pemain? Mari kita lihat nanti!
    Target Acquired


    Developer:Touchten
    Platform:Android, iOS

    Risky Maulana–“Hei! BukankahTarget Acquiredsebenarnya saat ini sudah bisa kita mainkan di Android?” Oke, bila itu pertanyaan yg keluar di pikiran kamu, saya akan memberikan jawaban bahwa sebetulnya Target Acquiredyang saat ini tersedia di Indonesiamasih memasuki tahapsoft launch.Hal inikemungkinan membuatbeberapa fitur yg ada terasa masih belum maksimal sehingga kemunculan versi globalnya patut untuk kita nantikan.

    Lantas bagaimana dengan pengalaman bermain Target Acquired untuk saat ini?Well, sejauh ini sebenarnya apa yg ditampilkan, game run and gun tersebut sudah cukup baik & hampir mendekati kata sempurna. Setidaknya perlu sedikit penyesuaian di sana-sini salah satunya dari aspek penyajian suara.

    Seandainyagame ini sudah resmi diluncurkan secara global, maka saya dengan senang hati akan memberikan penilaian tersendiri untuk performaTarget Acquired.

    Preview Target Acquired Game Runner-Platformer Bernuansa Mega Man Asli Indonesia
    DreadOut: Keeper of the Dark
    [​IMG]

    Developer:Digital Happiness
    Platform:PC, Mac

    Arya W. Wibowo – Jika kamu belum puas dengan hantu-hantu yg ada di DreadOut, Digital Happiness akan menghadirkan berbagai hantu baru di DLC terpisah bernama Keeper of the Dark ini. Terdapat berbagai puzzle yg bisa kamu pecahkan sembari diteror hantu-hantu yg sebagian didesain oleh para backer tertinggi proyek Indiegogo DreadOut dulu.

    Jika melihat kabar-kabar sebelumnya, seharusnya Keeper of the Dark sudah rilis pada tahun 2015 lalu, tetapi hingga sekarang DLC ini belum kunjung hadir. Maka dari itu, sudah sewajarnya jika kita memiliki harapan bahwa DLC ini akan rilis tahun 2016.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page