3 Hewan Teraneh di Dunia

Discussion in 'Entigapedia' started by dedayzzz, Jul 17, 2013.

Discuss 3 Hewan Teraneh di Dunia in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. dedayzzz 2 SD Banned

    Messages:
    396
    Likes Received:
    320
    Trophy Points:
    0
    1. CUMI-CUMI KUTUB SELATAN (Mesonychoteuthis hamiltoni)
    [​IMG]
    Cumi-cumi Kutub Selatan
    Cumi-cumi kutub selatan ini memiliki besar yang sangat luar biasa. Cumi-cumi kutub selatan merupakan spesimen terbesar spesies mesonychoteuthis hamiltoni, dia termasuk cumi-cumi raksasa yang masih sangat misterius karena hidupnya di laut lepas yang paling dalam. Selain itu, cumi-cumi ini berbeda dengan cumi-cumi raksasa (Architeutis) yang lengan dan tentakelnya hanya dilengkapi penghisap dengan gigi-gigi kecil, lengan dan tentakel cumi-cumi kutub selatan ini juga dilengkapi dengan pengait tajam.
    Cumi-cumi ini merupakan cumi-cumi terbesar melebihi ukuran dan daya tahan cumi-cumi raksasa. Selain itu cumi-cumi kutub selatan merupakan binatang dengan mata yang paling besar di dunia binatang. Pada saat ditangkap pun, ukuran tubuhnya diperkirakan lebih dari 8 m dan bobotnya 0,5 ton, namun para ilmuwan memperkirakan jenis cumi-cumi yang satu ini dapat tumbuh lebih besar bisa sampai 13 meter. Sesuai dengan ukurannya yang bisa dibilang raksasa, maka tidak heran kalau ukuran matanya bisa sebesar bola voli, diamater matanya sekitar 27,5 cm.
    2. TIKUS MONDOK BERHIDUNG BINTANG (Condylura Cristata)
    [​IMG]
    Tikus Mondok (Condylura cristata)
    Tikus mondok adalah mamalia kecil yang hidup di dalam tanah. Mereka ada di Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Tikus mondok ini mempunyai bulu-bulu anti air berwarna coklat kehitaman dan kaki berukuran besar serta ekor yang panjang dan tebal yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan lemak untuk musim semi. Tentakel-tentakel di hidungnya sangat sensitif dan dilapisi oleh organ-organ sensor Eimer. Diameter hidungnya sekitar 1 cm dengan hampir 25,000 organ sensor pada 22 tentakelnya. Tikus mondok ini tidak mempunyai kemampuan penglihatan, jadi alat-alat sensor inilah yang digunakan untuk mendeteksi mangsanya yang berukuran kecil seperti serangga air, cacing dan moluska.
    Tikus mondok merupakan binatang tercepat dalam memangsa mangsanya, hanya membutuhkan 120 milidetik untuk mengetahui keberadaaan mangsanya dan kemudian memakannya. Otaknya dapat memutuskan suatu mangsa dapat dimakan atau tidak dalam waktu 8 milidetik. Kecepatan ini adalah batas kecepatan dari sel-sel syaraf di otak dalam mentransmisikan informasi. Tikus ini juga memiliki kemampuan untuk mencium mangsa di bawah air. Hal ini dilakukan dengan mengeluarkan gelembung udara ke mangsanya atau mencium jejak mangsanya dan kemudian menghirup gelembung udara tadi kembali untuk mencium bau mangsanya.
    3. AYE-AYE (Daubentonia Madagascariensis)

    [​IMG]
    Aye-aye (Daubentonia Madagascariensis)
    Aye-aye adalah primata langka dan terdaftar sebagai salah satu spesies yang terancam punah. Aye-aye adalah hewan asli Madagaskar, sebuah negara kecil di pantai tenggara Afrika. Aye-aye dalam bahasa setempat mempunyai arti “mata-mata”. Aye-aye pertama kali ditemukan pada abad ke-18 di Madagaskar oleh Pierre Sonnerat. Aye-aye merupakan hewan nokturnal (hewan yang aktif dimalam hari) terbesar di dunia. Aye-aye juga mempunyai kemampuan “echolocation” yaitu kemampuan yang dimiliki oleh beberapa hewan dan burung, yaitu berteriak dengan nada tinggi dan mendengarkan serta menganalisa gema yang terpantul balik untuk menentukan arah dan jarak.
    Aye-aye mempunyai penampilan unik, matanya besar, dan tampak seperti menonjol keluar, kedua telinganya juga berukuran besar. Makhluk ini adalah sejenis lemur, dengan wajah musang, namun bertubuh layaknya monyet berukuran mini. Aye-aye mempunyai gigi seri yang mirip seperti hewan pengerat. Penampilan unik dan aneh ini membuat Aye-aye seperti makhluk fantasi. Mereka tinggal di ketinggian pohon di tengah hutan hujan (rain forrest) Madagaskar dan jarang sekali turun ke tanah. Keunikan lainnya dari binatang malam ini adalah pada kemampuannya dalam mencari makanan, dia mengetuk pepohonan untuk mencari makanan, kemudian melubangi pohon dan memasukkan jari tengahnya yang panjang untuk menarik keluar makanan dari dalam batang pohon (seperti burung woodpecker).

    http://puncakdunia.com/3-hewan-teraneh-di-dunia.php
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page