3DS Bisa Memainkan Game Bebas Region Dengan Cara Legal

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 19, 2015.

Discuss 3DS Bisa Memainkan Game Bebas Region Dengan Cara Legal in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    19/01/2015

    Nintendo 3DS merupakan alat bermain game yg luar biasa. Pilihan game yg disajikan mesin ini serta berbagai fitur-fitur yg terdapat di dalamnya membuat 3DS menjadi pilihan yg tepat untuk menjadi alat bermain game untuk menemanimu di perjalanan jauh. Sayangnya 3DS mempunyai sebuah kekurangan yg sangat besar yaitu di bagian region lock.

    Entah kenapa Nintendo memutuskan untuk membuat mesin 3DS region tertentu hanya bisa memainkan game dari region yg sama. Hal ini semakin diperparah dengan tidak tersedianya New 3DS ukuran reguler di Amerika Serikat & Asia. Seandainya penggemar Nintendo mau mengimpor New 3DS reguler sekalipun maka region lock akan menjadi penghalang yg sangat besar.

    Belum lama ini di forum gaming populer NeoGAF muncul informasi bahwa 3DS sudah bisa melewati perlindungan region lock. Lebih serunya lagi, cara untuk membobol pertahanan ini adalah melalui metode yg hampir 100% legal. Ingat, metode yg tersedia tetap memaksa kamu untuk memiliki game orisinal yg memiliki region berbeda dengan yg kamu miliki. Berikut langkah untuk melakukan bypass ini:
    • Download Launcher.dat yang ada di sini.
    • Masukkan Launcher.dat ke root folder (folder utama) SD Card kamu. Ini harus dilakukan di PC.
    • Masukkan game & nyalakan 3DS.
    • Buka aplikasi Download Play, setelah terbuka pergi ke menu Home tapi jangan tutup Download Play.
    • Buka browser 3DS & akses situs ini dari 3DS kamu.
    • Tunggu agak lama, & mainkan game.

    Kalau petunjuk di atas kamu rasa kurang jelas, kamu bisa mengikuti petunjuk video yg ada di akhir artikel. Satu hal yg saya masih kurang mengerti adalah, jika dilihat dari video di bawah maka game Super Smash Bros. 3DS versi Jepang yg dimainkan sukses berjalan dalam bahasa Inggris. Menurut beberapa penjelasan yg simpang siur tersebar, game memang akan bisa menampilkan bahasa sesuai dengan region mesin asalkan game tersebut memiliki konten bahasa yg bersangkutan. Kalau tidak maka game akan berjalan dalam bahasa standarnya.

    Perlu diingat, praktik ini bisa dibilang legal karena tidak melibatkan modifikasi firmware 3DS kamu serta kamu tetap membutuhkan game orisinal untuk menikmatinya. Tapi, ini tidak bisa dibilang 100% legal juga karena pada dasarnya Nintendo selaku produsen hardware tidak mengizinkan hal ini terjadi. Tapi yah apa boleh buat, region lock di era globalisasi seperti sekarang adalah hal yg sangat bodoh & seharusnya dihilangkan.

    Jadi apakah kamu berminat untuk bereksperimen dengan metode ini. Seandainya metode ini berjalan lancar, saya tentunya tidak perlu ragu lagi untuk mengimpor New 3DS ukuran reguler & memainkan koleksi game region Amerika yg saya miliki.

    Sumber: NeoGAF

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page