4 Tradisi Unik di Indonesia Saat Gerhana Matahari

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Mar 9, 2016.

Discuss 4 Tradisi Unik di Indonesia Saat Gerhana Matahari in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,103
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]Pernahkah kamu tahu saat gerhana matahari total terjadi, akan ada tradisi unik yg dilakukan beberapa masyarakat di provinsi-provinsi yg masih memegang erat kepercayaan yg diturunkan oleh para leluhur mereka.

    Dikutip merdeka.com, inilah tradisi-tradisi unik di Indonesia yg hanya bisa ditemukan ketika gerhana matahari.



    1. Meramal & Garantung[​IMG]Menurut kepercayaan masyarakat Kalimantan Tengah, terjadinya gerhana matahari akan membawa musibah besar, entah terjadi keberuntungan / malapetaka. Kepercayaan itu diperkuat oleh tetua adat mereka yg memberikan kesempatan oleh setiap warga untuk diramal.

    Setiap ramalan yg diucapkan oleh tetua adat konon akan benar-benar terjadi. tak hanya itu, dipedalaman desa juga akan melakukan tradisi unik yaitu menabuh garantung alat music tradisional. Para warga akan memukul apapun yg menghasilkan suara gaduh.



    2. Memukul kaleng[​IMG]Gerhana matahari dipercaya akan membawa kegelapan & malapetaka bagi kampung di Nusa Tenggara Timur. Untuk menghindari hal tersebut, seluruh warga akan memukul kaleng-kaleng besi & seng bekas agar mengeluarkan suara gaduh yg keras. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses terjadinya gerhana matahari & matahari kembali bersinar terang.



    3. Gejong Lesung[​IMG]Masyarakat Yogyakarta akan melakukan tradisi unik. Di mana para warganya akan memukul Lesung, tempat menumbuk padi menggunakan Alu, penumbuk padi yg terbuat dari batang kayu agar Kala Rahu memuntahkan matahari.

    Mereka percaya terjadinya gerhana matahari disebabkan oleh makhluk mitologi Kala Rahu yg mencuri air keabadian belum sempat menelan air tersebut kepalanya dipenggal oleh Bhatara Wisnu hingga membuat Kala Rahu marah membalas dendam dengan memakan matahari.



    4. Dolo-Dolo[​IMG]Dari namanya saja sudah terdengar unik, Dolo-Dolo adalah kepercayaan yg diturunkan oleh para leluhur masyarakat Maluku Utara. Di mana, proses gerhana matahari dianggap sebagai sebuah musibah besar. konon masyarakat Maluku Utara percaya gerhana matahari terjadi akibat seekor naga memakan matahari hingga tak mengeluarkan cahaya lagi.

    Untuk mengeluarkan matahari dari mulut sang naga, para warga membuat kebisingan dengan cara membunyikan kentongan & memukul-mukul semua alat dapur yg dapat mengeluarkan suara bising.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten 4 Tradisi Unik di Indonesia Saat Gerhana Matahari diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. 4 Tradisi Unik di Indonesia Saat Gerhana Matahari.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page