Info 5 Tips Sukses bekerja sebagai Freelancers

Discussion in 'N3 Lounge' started by fgroupindonesia, Dec 2, 2015.

Discuss 5 Tips Sukses bekerja sebagai Freelancers in the N3 Lounge area at Nyit-Nyit.Net

  1. fgroupindonesia Pra TK Level 0

    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    28
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Bandung
    [​IMG]

    Dalam keadaan perekonomian yang tidak stabil saat ini, jumlah freelancers semakin meningkat. Di U.S. sendiri misalnya, satu dari tiga pekerja kini melakukan pekerjaan freelance. Itu berarti sekitar 42 juta orang yang bekerja tanpa asuransi kesehatan, dan tidak pula disertai jaminan pelayanan lainnya.

    Tapi semua itu tidak menutupi freelancers untuk tetap berkarya. Beberapa orang melakukannya karena ingin menambah penghasilan mereka yang ada. Alasan selain itu, pada umumnya dikarenakan opsi profesional ini lebih menawarkan fleksibilitas dan berkarya dalam berbagai hal. Untuk menjadi freelancers bisa siapa saja - seniman, penulis, desainer grafis, pengacara, konsultan keuangan, akuntan, wartawan - ya hampir seluruh nama pekerjaan yang anda sebutkan sekarang sudah dapat dikerjakan oleh freelancers. Freelancers disini tanpa keterikatan jam kantor dan majikan pada umumnya.

    Adapun dalam artikel berikut ini, akan kami berikan 5 tips untuk menyempurnakan langkah terbaik untuk menjadi freelancers terbaik.


    1. Iklankan Diri di berbagai tempat.
    Dengan begitu maka pintu industri freelance semakin terbuka untuk anda. Akan tetapi ingat, hal yang paling mudah ialah membatasi suatu spesifikasi / kategori kawasan ruang lingkup anda bekerja. Upaya personal branding menjadi suatu keharusan bagi setiap orang yang ingin mencari pekerjaan freelance. Tampilkan nilai khas milik Anda, seperti website pribadi, hasil kerja dulu yang pernah terlibat, lalu pembahasan isu-isu industri terkait dalam menawarkan perspektif baru dalam kategori pekerjaan freelancers yang anda inginkan.

    2. Perluas Jaringan
    Tentu saja akan ada banyak freelancer yang lebih mapan dan lebih teratur untuk bekerja di luar sana. Hal itu tidak akan menjadi penghalang bagi anda kalau anda kini mulai melihat mereka sebagai rekan untuk melebarkan sayap bisnis. Itu berarti daftar jaringan anda semakin diperluas. Ingat, ketika sumur kering, maka yang perlu anda lakukan ialah mencari sumber air yang lain, yaitu dapat diperoleh dari berbagai jaringan yang anda miliki. Sehingga adanya suatu jaringan merupakan keharusan bagi freelancer yang menginginkan pekerjaannya agar tetap hidup. Membuat jaringan itu perlu perhatian rutin - dapat via Web, MedSOS, menghadiri event public, menggunakan e-newsletter atau membuat diskusi komunitas untuk mendapatkan klien baru.

    3. Detail Kontrak
    Ini mungkin menjadi hal yang penting pula bagi setiap freelancers. Dengan adanya detail kontrak, diantara anda dan klien perlu untuk menandatangai suatu kontrak yang detail dalam menyelesaikan suatu proyek. Bandingkan dengan beberapa peraturan / rules umum di lingkungan sekitar anda. Boleh jadi ada bagian yang dapat anda kurangi / tambahkan guna memberikan flexibiltas atau pilihan agar klien tertarik untuk mempekerjakan anda. Lihat pula tarif dan jadwal lain yang terkait jika perlu. Jangan keseringan untuk memberikan bekerja secara gratis. Dengan adanya sebuah kontrak, hal tersebut akan memastikan klien Anda untuk bersegera membayar Anda seusai anda menuntaskan proyek tersebut.

    4. Tetap Terorganisir
    Freelancers sering menyulap beberapa proyek sekaligus. Menentukan berapa lama proyek akan mengambil untuk diselesaikan, lalu mengatur janji dengan klien lain di kantor atau di rumah, dan lain sebagainya. Anda dapat mulai menggunakan spreadsheet (excel) untuk melacak progress kemajuan Anda dan mengawasi pembayaran mereka tentunya. Freelancers bekerja tanpa pengawasan dari atasan untuk proyek tertentu. Akan tetapi dengan hal itu setiap waktu yang ada harus anda pastikan masih ada pada jalurnya. Keep on track!

    5. Jadilah Fleksibel
    Menjadi freelancer berarti Anda bebas kreatif dari proyek yang anda ikuti. Anda boleh saja bekerja dengan beberapa orang klien. Dan anda berarti harus lebih fleksibel untuk memenuhi kebutuhan klien tersebut. Banyak freelancers yang malah memilih untuk melepaskan kontrol kreatif proyek mereka, hal tersebut dikarenakan mereka tergiur dengan keadaan yang lebih fresh. Padahal belum tentu setiap yang fresh itu cocok atau sesuai untuk skillset yang mereka miliki. Ingat proyek baru berarti perlu ketelitian pula, untuk itu freelancers perlu memperbaiki bagian lain dari fleksibilitasnya masing-masing dengan memperhitungkan kebutuhan saat ini dari setiap klien yang dijumpai.

    Dengan menjadi freelancers anda dapat menambah penghasilan yang ada. Menggunakan skills yang sudah Anda memiliki berarti anda sudah berada di jalan yang cocok untuk mengembangkan bisnis pribadi ini. So, apakah anda sudah menjadi freelancers yang baik?

    Sumber asli dari sini ya (FGroupindonesia.com). And... kalo mo audit berita? Kemari aja...
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page