7Pagi, platform interaksi antara guru dan orang tua siswa

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 28, 2015.

Discuss 7Pagi, platform interaksi antara guru dan orang tua siswa in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Saat ini, banyak orang tua yg bekerja mengalami kesulitan untuk memantau informasi dari guru sang buah hati di sekolah. 7Pagi merupakan sebuah platform interaksi antara guru dengan orang tua siswa. Dengannya orang tua siswa dapat memantau & mengetahui perkembangan anak mereka di sekolah melalui smartphone mereka.

    Platform ini memiliki sejumlah fitur yg berfungsi sebagai pengganti beragam media konvensional yg digunakan di sekolah. Ada empat fitur utama 7Pagi, yaitu Diary sebagai pengganti buku penghubung, Information yg dirancang untuk menggantikan surat edaran, Class Activities untuk menyampaikan beragam informasi kegiatan kelas, & Portfolio untuk informasi mengenai portofolio siswa selama di sekolah.

    Selain fitur-fitur tersebut, platform ini juga menyediakan dokumentasi siswa dari kelas 1 sampai kelas 6, sehingga orang tua dapat mengetahui perkembangan anak mereka dengan lebih jelas. Sedangkan dari pihak sekolah juga lebih mudah untuk mengetahui berbagai informasi tentang siswa & sekolah, mulai dari kegiatan setiap kelas, interaksi yg dilakukan masing-masing guru, & laporan harian setiap anak.

    Baca juga: Update Perkembangan Anak di Sekolah dengan BulletinBoard
    Sempat mengalami pivot
    Sebelum menjadi seperti sekarang, 7Pagi awalnya hanya berupa situs yg menyediakan informasi-informasi sekolah. Akan tetapi setelah mendapat masukan & melakukan validasi ulang. Ia menemukan bahwa salah satu masalah yg dihadapi orang tua karier adalah mereka tidak bisa memantau & mengetahui perkembangan anak-anak mereka di sekolah karena kesibukan kerja mereka.

    Masalah serupa juga ia alami sebagai orang tua yg memiliki anak sedang bersekolah di preschool. Bersama salah satu rekannya yg memiliki profesi sebagai guru & Yayan yg memiliki latar belakang IT, akhirnya memutuskan untuk melakukan pivot dengan mengubah 7Pagi menjadi platform interaksi antara guru & orang tua siswa.

    7Pagi menargetkan siswa yg duduk di preschool & SD, yg mana menurut Yayan pada tingkatan tersebut hubungan & komunikasi antara sekolah & orang tua sangat diperlukan. Meski begitu, aplikasi pada tingkatan tersebut mungkin akan mengalami adopsi yg sulit, mengingat tidak banyak preschool & SD di Indonesia yg sudah menerapkan internet & pelajaran TI. Apalagi kalau guru-guru di sekolah tersebut tidak melek teknologi.

    Beberapa startup lokal & luar seperti BulletinBoard, Remind, & Edmodo juga menawarkan layanan serupa dengan 7Pagi.Lalu apa solusi yg ditempuh Yayan untuk meningkatkan adopsi & bersaing dengan kompetitor tersebut?

    Perbedaan kami selain memiliki fitur yg lebih spesifik, kami juga melakukan pendekatan ke sekolah. ungkap Yayan. Saat ini Yayan sedang menerapkan sistem uji coba gratis 7Pagi (free trial) sampai bulan November ke 15 sekolah di kota Bandung & Cimahi. Tim 7Pagi juga telah bergabung dalam program Microsoft Bizspark. Yayan juga mengungkapkan bahwa beberapa fitur 7Pagi telah terintegrasi dengan Microsoft Office 365 & sedang menjalin kerja sama dengan Microsoft Education untuk kegiatan marketing.

    Disinggung mengenai model bisnis, 7Pagi menawarkan layanan berbayar untuk setiap sekolah berdasarkan jumlah siswa dari sekolah tersebut. Yang artinya apabila sebuah sekolah berkomitmen menggunakan layanan ini maka mau tidak mau semua guru di sekolah tersebut harus menggunakan layanan 7Pagi untuk bisa berkomunikasi dengan orang tua siswa.

    Ke depannya Yayan berencana untuk mengembangkan 7Pagi menjadi sebuah platform digital untuk sekolah, yg mencakup kebutuhan akan komunikasi, administrasi, maupun pembelajaran di sekolah.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page