8 Fakta Unik Tentang Kambing yang Menarik untuk Diketahui

Discussion in 'Entigapedia' started by ON3, Feb 18, 2016.

Discuss 8 Fakta Unik Tentang Kambing yang Menarik untuk Diketahui in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,091
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]

    Kambing. Binatang yg dikenal orang kota sebagai makanan. Kambing biasanya dijadikan sate, juga disop. Pada Lebaran Haji, biasanya kambing merupakan objek kurban selain sapi & domba. Tapi apakah kamu tahu bahwa cukup banyak fakta menarik & unik di balik eksistensi kambing? Sambil menikmati santapan daging di hari yg fitri, selamat menyimak beberapa cerita tentang kambing di bawah ini:

    1. Menemukan Kopi

    [​IMG]

    Berry kopi via about.me

    Ditemukan kambing


    Jadi ceritanya, kawanan kambing di Ethiopia yg disebut Kaldi menyadari kompatriotnya menggigiti buah merah kecil cerah berbentuk biji di semak-semak. Kambing-kambing yg menggigit itu menjadi lebih energik setelah mengunyah buah tersebut. Kaldi pun ikutan. Setelah itu mereka membawa biji itu kepada seorang cendikiawan Islam, tapi doi gak suka & malah ngelempar biji-bijian tersebut ke dalam api yg memancing aroma yg sungguh memikat. Doi pun dengan cepat meraupnya dari bara & melarutkannya ke air panas. Terciptalah segelas kopi pertama di dunia. Setipe dengan kisah kopi luwak ya? Walaupun kita gak pernah tau kenapa doi langsung kepikiran nyeduh kopi & kebenaran cerita ini diragukan oleh salah seorang yg pertama kali nulis buku tentang kopi bernama Antoine Faustus Nairon, tapi ingat, mitos itu 99 persen benar. Lagian cerita rakyat biarlah menjadi cerita, iye gak?

    2. Yang Pertama Dijinakkan

    [​IMG]

    Kambing jadul via art.famsf.org

    Mudah jinak


    Pada tahun 10.000 SM (Sebelum Masehi), binatang kedua setelah dua ribu tahun lebih sejak menaklukkan anjing, yg dijinakkan oleh nenek moyang kita bukanlah ayam, bebek, ataupun kucing. Yang dijinakkan oleh para pemburu pada saat itu adalah kambing pigmi. Jadi bisa dibilang susu kambing adalah susu binatang pertama yg dicicipi manusia. Bisalah ya kalo anjing & kambing dibilang sebagai binatang-binatang pertama yg berhasil tinggal bersama manusia. Abis itu pada bertani deh.

    3. Gak Semua Kambing Bau

    [​IMG]

    Gak semuanya bau via qtip20xx.deviantart.com

    Buang jauh-jauh stigma ‘bau kambing’


    Menurut info yg sangat terpercaya, hanya kambing jantan yg gak dikebiri yg memiliki bau & biasanya selama musim kawin. Di sebagian besar daerah, biasanya musim kawin terjadi pada musim gugur. Umumnya betina & jantan yg dikebiri gak mempunyai bau.

    4. Jantan & Betina Sama-Sama Punya Jenggot & Tanduk

    [​IMG]

    Kambing jantan & betina via sciencenews.org

    Hayoo mana yg jantan, mana yg betina


    Bila masih bingung ngebedain mana yg jantan & betina, patut perhatikan poin ini. Yang sering beredar di masyarakat adalah cuma kambing jantan yg punya jenggot & tanduk. Salah besar. Kambing betina juga punya dua aksesoris tersebut. Tapi biasanya jenggot & tanduk kambing jantan lebih panjang & besar ketimbang betina. Udah bisa ngebedain ya.

    5. Susu

    [​IMG]

    Susu kambing via thefermentedfoody.com

    Paling populer di zaman sekarang


    Tadi sempat disinggung bahwa susu kambing merupakan susu dari binatang pertama yg diminum oleh manusia. Nah, statistik mengatakan kalo sekarang kambing merupakan binatang yg susunya paling banyak diminum oleh seluruh umat manusia, bahkan udah melebihi sapi. Oh ya sekedar informasi tambahan, molekul lemak susu kambing lima kali lebih kecil dari sapi, membuatnya lebih mudah dicerna. Sementara itu kandungan kalsium & vitamin A di susunya lebih tinggi dari sapi.

    6. Kokoh di Permukaan Curam

    Kambing jago banget manjat, bahkan di permukaan yg curam banget sekalipun. Intip aja coba video di atas. Kalo kambing yg manjat pohon bisa kamu temukan di video yg di bawah ini nih.


    7. Satu dari 12 Belas Shio

    [​IMG]

    Shio kambing via tipsmencarijodoh.com

    Lembut


    Ada dua belas makhluk dalam zodiaknya orang Cina / biasa disebut shio. Menurut internet, biasanya yg bershio kambing lembut & gak tegaan terhadap sesama. Watak utamanya yg lain adalah budiman, tulus, & mudah tersentuh. Sensitif banget ya. Shio kambing juga terkenal sebagai pekerja yg kreatif, kayak yg nulis-nulis di MBDC gini deh.

    Orang terkenal yg shionya kambing:

    Adam Levine (vokalis Maroon 5)Xavi Hernandez (legenda sepakbola Barcelona & Spanyol)Kurt Cobain (Nirvana)George Harrison (gitaris the Beatles)Ed Sheeran (penyanyi)Boediono (Wakil Presiden Indonesia 2009-2014)Kimi Raikkonen (Pembalap F1)Vin Diesel (aktor)Bruce Willis (aktor)8. Enak Disop

    [​IMG]

    Sop kambing via icip2kuliner.blogspot.com

    Slurpp mode on


    Hari ini di rumah kamu pada makan kambing gak? Kambingnya diapain? Disate / ditongseng? Yang jelas, jangan lupa dibikin sop tuh kambing. Enak banget. MBDC ampe pernah bikin artikel rekomendasi sop kambing. Gokil ya.

    Ada lagi gak fakta menarik & unik soal kambing yg MBDC belom tau? Langsung ungkapkan aja di kolom komentar ya.

    Sumber Foto Utama

    [​IMG]

    Artikel lainnya di Malesbanget.com

    8 Hal yg Akan Ditanyakan Kambing Kepada Manusia, Kalo Mereka Bisa NgomongNih Meme Tentang Kurban yg Bisa Bikin Kamu Ngakak! Selamat Idul Adha!Kompilasi Pasangan Hewan Lucu Beda Genre5 Hewan Ngeselin yg Selalu Ada di RumahCewek Cantik & Hewan Lucu Ini Bikin Kamu Bingung Milih yg Mana!

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten 8 Fakta Unik Tentang Kambing yang Menarik untuk Diketahui diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. 8 Fakta Unik Tentang Kambing yang Menarik untuk Diketahui.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page