Ahli Sekuriti Dapat Meretas Printer Canon

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Sep 16, 2014.

Discuss Ahli Sekuriti Dapat Meretas Printer Canon in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Ahli Sekuriti Dapat Meretas Printer Canon

    Ahli sekuriti mendemonstrasikan cara meretas web interface printer Canon Pixma. Yang menarik ahli sekuriti ini mengubah perangkat ini untuk memainkan permainan komputer tahun 90-an, Doom.

    Seperti yg dilansir The Register, demonstrasi ini dilakukan oleh Kepala Context Information Security, Mike Jordon, pada ajang 44Con di London pada Jumat lalu (12/09). Teknik & detil serangan juga dijelaskan pada blog resmi perusahaan sekuriti tersebut.

    Ahli sekuriti tersebut mengakses web interface dari jarak jauh, & dapat mencetak ratusan dokumen. Peretasan yg dilakukan hacker ini dapat terjadi hanya pada printer yg menggunakan sistem enkripsi XOR.

    Taktik & teknik yg sama juga bisa dilakukan untuk menanamkan Trojan pada erangkat printer untuk memata-matai dokumen yg akan dicetak. Teknik ini juga dapat dilakukan untuk menyerang jaringan perusahan yg menggunakan printer tersebut.

    Sebelum melakukan serangan terhadap printer yg terhubung dengan Internet, tim dari Context Information Security juga pernah melakukan serangan terhadap perangkat lain yg terkoneksi dengan Internet or yg biasa disebut Internet of Thing (IoT). Tim ini pernah meretas bola lampu, IP kamera, jaringan penyimpanan perangkat & bahkan mainan anak-anak yg terkoneksi dengan Internet. Demonstrasi dari tim Context Information Security turut memberikan perhatian tentang sistem keamanan IoT.

    Contoh terakhir ini menunjukan ketidakamanan yg terdapat pada perangkat IoT, ungkap Jor&.

    Jor& mengatakan bahkan web interface printer tidak terdapat persyaratan otentikasi yg dapat membuat siapapun terkoneksi pada perangkat ini. Namun menurut Jor& masalah terbesarnya adalah terletak pada proses update firmware.

    Jika anda melihat pemicu dari update firmware, anda akan juga dapat mengganti pengaturan proxy web & server DNS, & jika anda dapat mengganti hal ini maka anda akan dapat terhubung dengan printer yg akan melakukan update firmware terbaru & penginstalan, papar Jor&.

    Mengenai celah keamanan yg dimiliki oleh printer Canon ini, pada Maret lalu pihak Context Information Security telah menghubungi pihak printer. Menanggapi laporan ini pihak Canon mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan perbaikan sistem keamanan pada produk printer mereka.

    Context Information Security menyarankan agar printer or perangkat IoT lainnya tidak terkoneksi dengan jaringan Internet dalam jarak jauh.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenAhli Sekuriti Dapat Meretas Printer Canon diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page