Menyusul musim hujan yg masih terus berlangsung di sejumlah wilayah Indonesia, pendanaan startup pun seolah mengalami hal yg sama. Hari ini (28/1), layanan pemesanan jasa rumah tangga on-demand Ahlijasa mengumumkan perolehan pendanaan pre-seed (pra-tahap awal) dari angel investor di Singapura.
Besaran pendanaan sendiri tidak disebutkan secara pasti. Namun CEO & Co-Founder Jay Jayawijayaningtiyas hanya mengatakan besarannya menyentuh enam digit USD. Pendanaan ini akan mereka gunakan untuk pengembangan produk & layanan khususnya di kawasan Jakarta & sekitarnya. Situs mereka juga telah diperbarui & di akhir bulan Januari ini.
Baca juga: Tulungin, Tawarkan Bantuan Pencarian Tukang Servis Terpercaya
UBER untuk jasa rumah tangga
Selain asisten rumah tangga, jika kamu perlu menyewa jasa untuk bersih-bersih hunian, mencuci, / melakukan perawatan AC secara berkala, Ahlijasa menyediakan berbagai kebutuhan tersebut melalui mitra-mitra mereka.
Kami ingin memaksimalkan teknologi untuk meningkatkan standar jasa & servis di Indonesia, yg saat ini masih kurang terorganisasi.
Sejak beroperasi pada September 2015 lalu, Ahlijasa mengklaim berhasil menjaring ratusan pelanggan dalam satu bulan operasional & terus bertambah sampai saat ini. Menurut Jay, idenya mendirikan marketplace ini datang dari kekecewaannya dalam memakai layanan laundry di Jakarta.
Baju saya hilang & pihak laundry enggan bertanggung jawab. Dari sana saya melihat ini sebagai masalah & sekaligus peluang, tuturnya kepada Tech in Asia. Ahlijasa sampai saat ini menyediakan tiga layanan yaitu Laundry, Servis AC, & Home Cleaning.
Jay menjanjikan bila respons dari tiap-tiap layanan tersebut berdurasi maksimal 30 menit. Saat ini Ahlijasa memiliki ratusan mitra yg tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, & Bekasi.
Harga yg dipatok untuk tiap layanan bervariasi. Untuk Laundry berkisar dari Rp30.000, Servis AC dari Rp70.000, & Home Cleaning Rp60.000
Jaminan penyedia jasa
Mungkin kamu akan bertanya-tanya, bagaimana dengan kualitas pemberi jasa. Menurut Jay, pihak Ahlijasa memberlakukan sistem penyaringan sesuai standar.
Semuanya harus melalui pemeriksaan latar belakang, wawancara, uji kecakapan, & keterampilan. Setelah itu mereka kami beri pelatihan, tuturnya.
Dengan sistem seperti ini, Jay mengklaim berhasil mendapat 70 persen pemesanan ulang dalam dua bulan setelah soft launching. Target kami terdekat adalah mencari pendanaan tahap awal & memperkuat jaringan di Jabodetabek. Kami juga ingin memberikan sesuatu yg berbeda untuk layanan laundry mereka, tandasnya.
Ranah jasa layanan rumah tangga on-demand juga bukan hal yg baru. Sebelumnya sudah ada Tukang Bersih, Go Maid, & tentunya GO-CLEAN dari GO-JEK.
Coba layanan Ahlijasa melalui tautan berikut:
App Info Download
(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)
Dikutip dari sini