• Silahkan bergabung dengan chat kami di Telegram group kami di N3Forum - https://t.me/n3forum
  • Welcome to the Nyit-Nyit.Net - N3 forum! This is a forum where offline-online gamers, programmers and reverser community can share, learn, communicate and interact, offer services, sell and buy game mods, hacks, cracks and cheats related, including for iOS and Android.

    If you're a pro-gamer or a programmer or a reverser, we would like to invite you to Sign Up and Log In on our website. Make sure to read the rules and abide by it, to ensure a fair and enjoyable user experience for everyone.

Alkemis Games, Ingin Jadi Supercell-nya Indonesia!

ON3

Mahasiswa
Journalist
Yo N3 Mania! Selamat membaca Alkemis Games, Ingin Jadi Supercell-nya Indonesia!.

Tedo Salim (paling belakang) bersama kru Alkemis Games

Tahun 2014 ini semakin banyak studio game baru bermunculan di Indonesia. Alkemis Games yg berdiri di Surabaya pada Agustus 2014 lalu adalah salah satunya. Alkemis Games didirikan oleh Tedo Salim, seorang warga asli Surabaya yg menghabiskan sekitar 20 tahun menimba ilmu di luar negeri, mulai dari kuliah di Singapura & Amerika, hingga menjadi software engineer di beberapa studio game Amerika seperti Schell Game & GREE.

Nama Alkemis Games semakin melambung setelah awal bulan ini berhasil mengumumumkan investasi yg mereka dapatkan dari East Ventures dalam jumlah yg tidak disebutkan. Kali ini Duniaku mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Tedo Salim mengenai sejarah berdirinya Alkemis, tentang game yg tengah mereka kembangkan, hingga tips bagi developer game Indonesia lainnya yg ingin mendapatkan investasi dari Venture Capital (VC). Yuk simak wawancara kami berikut ini!



Duniaku (D): Pertama mungkin bisa dijelaskan dulu, kisah berdirinya Alkemis Games ini seperti apa?

Tedo (T): Dulu sebenarnya kita mulai saat saya masih di Amerika. Saya ketemu via online dengan dua orang yg berdomisili di Surabaya. Terus kita udah oke, sepakat untuk kerja sama membangun Alkemis, baru akhirnya saya pulang ke Surabaya & membentuk studio ini pas awal Agustus, sesudah Lebaran 2014 lalu. Awal pembentukan Alkemis ada dua orang dengan saya sebagai founder, yg satunya lagi baru bergabung setelah sebulan Alkemis berdiri.

D: Jadi kegiatannya baru mulai awal Agustus itu ya?

T: Sebenarnya dulu sudah mulai sedikit-sedikit sih, tapi ada kendala karena tidak bertemu langsung face to face. Paling tiap hari cuma ketemu via Skype, jadi progress-nya bener-bener kurang. Kendala yg lain adalah waktu itu saya juga masih bekerja di GREE.

D: Untuk nama Alkemis sendiri inspirasinya dari mana?

T:Jadi nama Alkemis sendiri datang dari Alchemist, satu profesi yg pernah ada di jaman medieval dulu. Alchemist sendiri tujuan utamanya adalah membuat batu-batu biasa menjadi batu-batu yg berharga seperti emas & berlian. Jadi mengambil sesuatu yg normal & mengubahnya menjadi sesuatu yg ajaib & berharga. Saya sendiri memang suka dengan konsep Alchemist itu, jadi akhirnya kita pilih nama tersebut & diubah menjadi Alkemis.



D: Bisa diceritakan pengalamannya bekerja di studio game sebelum membentuk Alkemis?

T:Sebelumnya, saya kerja di GREE selama tiga tahun sebagai software engineer. Sebelum di GREE saya juga sudah bekerja di salah satu perusahaan game yg tidak sebesar GREE sih, namanya Schell Games selama tiga tahun. Meskipun tidak sebesar GREE, tetapi mereka sering terima jasa yg menarik dari perusahaan papan atas seperti Disney. Salah satunya adalah membuat program untuk wahana yg ada di Disney World Orlando seperti Toy Story Mania.

D: Susah gak sih bagi studio seperti Alkemis untuk membentuk tim di Surabaya?

T: Mungkin kita beruntung, karena waktu saya cari tim inti cukup lancar. Saya rasa tim ini sudah bagus. Tapi saat ini kita mau berkembang, nyari tim lagi ternyata tidak selancar waktu mulai dahulu. Hehe.. Lebih susah cari programmer dibandingkan artist-nya. Susah cari programmer karena kita gak pake Unity, kita lebih milih Cocos2DX yg lebih teknikal. Jadi kita butuhnya technical skill-nya yg lebih mendalam.

D: Tim Alkemis sendiri saat ini sudah ada berapa orang?

T: Sekarang kita udah punya 3 orang programmer, 5 orang artist & animator 2 orang. Termasuk saya jadi total ada 11 orang.


Versi awal dari Zero Legend

D: Masuk ke game-nya nih, Zero Legend idenya terinspirasi dari mana?

T: Zero Legend sebenarnya baru nama sementara. Hehe. Nanti kita akan bikil survei lagi untuk menentukan namanya. Zero Legend kita menarget gamer mid core untuk pasar global, terutama Amerika.Idenya kita mengambil mekanisme dari sebuah game dari China yg berhasil memuncaki Top Grossing App Store China. Game-nya pakai karakter-karakter Dota, tapi gameplay-nya tidak mirip sama sekali dengan Dota. Mekanisme dari game tersebut jadi inspirasi kita, tentunya nanti lebih kita perbaiki lagi dunianya, user interface-nya & juga progression system-nya.

Sekarang sih sudah banyak game-game semacam itu contohnya Heroes Charge yg meniru persis dengan game China tadi, cuma beda di grafis aja. Nantinya karakter-karakter dari Zero Legend merupakan karakter original dari kita, lantas nanti kita tambah fitur-fitur sendiri yg kita rasa akan menambah nilai dari gameplay-nya.

D: Target Alkemis sendiri apa sih?

T: Target kita sih jelas, kita ingin bikin game yg bisa monetize secara global.

D: Kalau melihat game developer di Amerika dengan Indonesia, perbedaan paling besar apa yg dilihat?

T: Kalau di Indonesia, saya lihat masih banyak developer yg membuat game hanya untuk memuaskan idealismenya. Saya lihat kebanyakan developer di Indonesia mindset-nya seperti itu. Mindset seperti “marilah kita bikin game yg kita rasa seru untuk dimainkan” masih banyak saya lihat. Di Amerika sendiri juga ada sih studio-studio yg masih memiliki semangat idealisme seperti itu.

Padahal kalau di mobile gaming, game-game yg lahir dari idealisme seperti itu susah untuk sukses. Ada sih beberapa contoh yg sukses, tapi sebagian besar sulit. Di Amerika, studio yg masih jalan dengan baik sampai saat ini adalah studio yg sudah menentukan dengan jelas tujuan game-nya, monetisasinya seperti apa & viral-nya seperti apa.



D: Proses pengembangan game di Alkemis sendiri seperti apa?

T: Pertama-tama kita bikin market research untuk mencari tahu mekanisme gameplay apa yg tengah ngetop di beberapa negara. Selanjutnya kita bikin game untuk masuk ke market tersebut.

D: Impian terbesar dari Alkemis sendiri apa?

T: Mungkin untuk Alkemis, impian terbesar kita adalah untuk menjadi seperti Supercell! Semoga Alkemis suatu hari bisa menjadi seperti itu. Mungkin bukan cuma Alkemis, tapi siapa tahu ada developer Indonesia lain yg bisa mencapai seperti itu, bagus untuk pertumbuhan industri game Indonesia.

D: Oh iya, selamat atas funding yg didapat dari East Ventures kemarin. Bisa ceritakan dikit prosesnya seperti apa?

T: Kita mulai cari-cari & ngobrol dengan investor sebenarnya sejak awal tahun 2014 lalu. Akhirnya ketika saya kembali ke Indonesia & sudah ada tim, baru negosiasinya berjalan lebih serius lagi. Tetapi masalah perkenalan, sharing ide itu sudah mulai sejak awal tahun.

D: Ada tips trik dari Tedo untuk studio game Indonesia yg saat ini juga tengah mencari investor?

T: Sebagai perusahaan yg mau cari investor, perusahaan itu perlu ada perencanaan bisnis yg jelas. Bagaimana meraih targetnya, & targetnya itu apa. Jadi istilahnya kita ada proyeksi ke depan seperti apa, maunya bagaimana. Visi & misi itu mesti kita sampaikan dengan jelas kepada investornya & buat mereka percaya kalau kita bisa mencapai visi misi itu.

Kedua sebagai game studio, membuat game hanya dengan semangat / sense of idealism aja itu tidak cukup. Mesti ada strategi yg jelas bagaimana untuk monetisasi game-nya. Investor kan juga pengen lihat bagaimana perusahaan ini nanti bisa sukses ke depannya. Jadi perlu ada rencana game-nya akan seperti apa monetisasinya. Jadi pikirkan, apa yg membuat game-mu monetize di Indonesia / di pasar global.



D: Untuk game pertamanya nanti, target rilisnya kapan?

T: Untuk Zero Legend, kita target soft launching pada Maret / April. Dari situ kita akan terus kembangkan dengan berbagai update, event & sebagainya untuk maintain player-nya. Karena peraturan penting dalam sebuah game free to play adalah gak boleh ada batas. Jadi harus ada update berkelanjutan.

D: Kemarin sempat datang ke GDG ya? Tanggapannya tentang GDG sendiri gimana?

T: Seru sih! Saya sebelumnya gak nyangka ada acara seperti ini di Indonesia. Selama di Amerika jujur saya belum pernah denger mengenai industri game Indonesia. Waktu balik ke sini baru saya denger ada beberapa studio game Indonesia yg besar seperti Touchten, Altermyth & Toge Productions, serta kenal dengan Anton Soeharyo (CEO dari Touchten) & Dien Wong (CEO dari Altermyth).

GDG ini mirip sekali dengan Game Developer Conference (GDC). Sebelumnya setiap tahun saya selalu mengikuti GDC & melihat ada kemiripan antara GDC dengan GDG. Menurut saya, GDG saat ini seperti GDC waktu baru mulai dahulu. Semoga ke depannya GDG bisa kayak GDC!


Booth Alkemis Games di GDG 2014 lalu

D: Terima kasih atas waktunya. Sukses terus untuk Alkemis Games & juga proyek Zero Legend-nya!

T: Terima kasih juga!

Oiya, kepada Duniaku, Tedo juga mengungkapkan bahwa Alkemis kini juga tengah mencari talenta-talenta baru untuk bergabung bersama tim mereka. Jika kamu tertarik untuk menjadi bagian dari Alkemis Games, kamu bisa langsung menuju ke website resminya.

(function($) { $(function() { if (!$('#fb-root').size()) { $('body').append('

N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Alkemis Games, Ingin Jadi Supercell-nya Indonesia! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

Sumber

Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Alkemis Games, Ingin Jadi Supercell-nya Indonesia!.
 
Top