Microsoft Ancaman Hacker pada fitur Wi-fi Sense Microsoft Windows 10

Discussion in 'Submitted Articles, Guides & Reviews' started by Perdyzeb, Aug 2, 2015.

Discuss Ancaman Hacker pada fitur Wi-fi Sense Microsoft Windows 10 in the Submitted Articles, Guides & Reviews area at Nyit-Nyit.Net

  1. Perdyzeb TK 0 Kecil Journalist

    Messages:
    67
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    33
    [​IMG]
    Hanya dalam beberapa hari setelah peluncuran versi finalnya, 14 juta orang lebih telah meng-upgrade pc mereka ke Windows 10.

    Jika sobat adalah salah satu dari 14 juta orang itu, sobat harus berhati hati dengan fitur Windows 10 yaitu Wi-fi Sense. Wi-fi Sense adalah fitur yang dapat menghubungkan teman sobat dan sobat tanpa harus memasukkan password wi-fi. Ini lah menjadikan fitur ini berbahaya.

    Sebelum membahas resiko yang terjadi, saya akan menjelaskan bagaimana wi-fi sense bekerja.
    Fitur wi-fi sense bekerja dengan membagikan password wifi sobat kepada teman teman sobat, baik itu di Skype, e-mail, dan Facebook, walaupun sobat sendiri tidak ingat password wi-fi sobat.

    Fitur ini diaktifkan secara default atau bawaan dari Windows 10, tujuannya yaitu untuk memudahkan sobat dan teman sobat untuk berada dalam suatu jaringan yang sobat atur sendiri.

    Tapi dibawah tab "for network i select...” disana sobat dapat memilih untuk mengatur wifi sense dengan group social media. Sehingga untuk semua teman sobat baik itu dunia maya yang kebetulan berada dalam jangkauan jaringan sobat, akan dapat bergabung dalam jaringan sobat tersebut. Tapi fitur ini tidak aktif secara default atau biasa disebut dalam keadaan off (mati).

    Terus muncul pertanyaan, Kenapa kita harus takut? Kenapa ini jadi sebuah ancaman?
    Awalnya Microsoft mempromosikan fitur wi-fi sense dengan tujuan agar tidak perlu meneriakkan password wi-fi kita kepada teman kita yang ingin terhubung ke jaringan kita, jadi semua teman teman kita dapat terhubung secara langsung kekita tanpa perlu kita mengejakan password kita sobat.

    Permasalahannya disini, Microsoft sendiri pernah bilang:
    "If you choose to share with your Facebook friends, any of your Facebook friends who are using Wi-Fi Sense on a Windows Phone will be able to connect to the network you shared when it's in range, You can't pick and choose individual contacts." -- Microsoft FAQ says

    Sebagai pengguna internet yang umum, saya selalu menerima permintaan semua orang dari facebook saya ataupun sosial media lainnya, mungkin saja sobat juga begitu, bahkan kita semua juga begitu. Jadi jika “You can't pick and choose individual contacts” (Kamu tidak dapat memilah kontak secara individu)maka semua orang yang saya kenal ataupun tidak, yang ada di facebook dan lingkungan saya akan dapat mengakses jaringan saya.

    Microsoft juga mengkomentari:
    Neither it allows anyone to access your local resources so that nobody can hunt through your personal files.
    Tentunya kita tahu, ketika kita memberi akses kita kepada orang orang untuk berada dalam jaringan kita, asalkan mereka dalam jangkauan wi-fi kita mereka bisa masuk jaringan kita, sama saja kita memberikan akses kepada hacker untuk melakukan serangan ke komputer kita, dan melakukan pencurian terhadap lalu lintas data yang dikirim dalam jaringan kita.

    Sekarang apakah kita harus berhenti menggunakannya?
    Untuk menjawab pertanyaan itu tergantung pada kita masing masing sobat, sebab fitur ini bukan lah fitur yang buruk dan bukanlah fitur yang baik. Tergantung bagaimana kita berhati hati untuk menggunakannya.

    Jika sobat ingin mematikannya, berikut caranya:
    Masuk ke Windows setting, kemudian network dan internet, laluk klik “Change Wi-fi Setting” dan kemudian “Manage Wi-fi Setting”. Dari sana Turn off (matikan) semua yang ada dibawah tap Wi-fi Sense.

    Semoga bermanfaat bagi kita semua


    Sumber:
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page