Ancaman Insider Attack Lebih Berbahaya Dibanding Outsider Attack

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Aug 21, 2014.

Discuss Ancaman Insider Attack Lebih Berbahaya Dibanding Outsider Attack in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Ancaman serangan siber melalui pihak luar or outsider attack sering kali dianggap sebagai serangan yg membahayakan. Paradigma seperti ini membuat pihak perusahaaan or lembaga pemerintahan sangat mempersiapkan keamanan lembaganya dari jenis serangan seperti ini.

    Persiapan pertahanan yg besar dari serangan luar membuat sebuah lembaga tidak memperhatikan bahaya laten yg hadir dari pihak intern lembaga tersebut. Serangan dari intern sebuah lembaga dapat disebut insider attack. Menurut Ketua Digital Forensic Analyst Team Puslabfor Mabes Polri, AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar, serangan yg hadir dari insider attack sesungguhnya dapat berefek yg lebih parah dibanding serangan melalui outsider attack.

    Serangan yg dilakukan oleh orang dalam (insider attack) lebih berbahaya dibanding serangan yg dilakukan oleh hacker (outsider attack), ungkap Muhammad Nuh.

    Hal ini diungkapkan oleh AKBP Muhammad Nuh Al-Azhar saat menjadi keynote speaker pada acara Keynote Panel Discussion: The Internet Security of Everything-Strategic Perspectives and Implications for Government and Business yg digelar dalam rangkaian Cloudsec Conference 2014 yg digelar pada 20 Agustus 2014 di Ballroom 2 Hotel Mulia, Senayan, Jakarta.

    Outsider attack yg dilakukan oleh hacker sering kali hanya menyerang sistem yg bersifat out for public sehingga tidak berpengaruh terhadap sistem, se&gkan serangan insider lebih berdampak masif karena menyerang sistem private sehingga dapat menyebabkan kerusakan masif. Outsider attack dapat berdampak masif karena pihak intern dapat lebih leluasa menyerang setelah memiliki akses untuk masuk ke dalam sistem.

    Dampak serangan yg disebabkan oleh insider dapat bersifat masif, tutur Muhammad Nuh.

    Muhammad Nuh yg menjadi keynote speaker pada diskusi yg bertema Critical Infrastructure Attack Description and Forensic Response, mengungkapkan serangan yg dapat terjadi melalui insider attack dapat dilakukan melalui teknik spionase, pencurian data seperti pembongkaran dokumen rahasia bahkan perusakan sistem.

    Senada dengan Muhammad Nuh, Business Development Manager Dell Indonesia, Milton Vandalen, mengungkapkan bahwa dampak terparah dapat terjadi melalui insider attack. Milton yg turut menjadi pembicara pada Cloudsec Conference 2014 dengan tema Deeper Network Security, mencontohkan pembocoran dokumen rahasia yg dilakukan oleh kontraktor NSA, Edward Snowden, memberikan kerugian yg cukup besar bagi pemerintah Amerika Serikat. Untuk meminimalisir kerusakan or dampak yg disebabkan oleh insider attack, pihak perusahaan harus mengetahui & dapat mengidentifikasi pekerjanya.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page