Anime-anime Ini Diadukan Masyarakat ke “KPI” Jepang!

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Aug 26, 2015.

Discuss Anime-anime Ini Diadukan Masyarakat ke “KPI” Jepang! in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    16,117
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Anime-anime Ini Diadukan Masyarakat ke “KPI” Jepang!.
    [​IMG]Siapa bilang pengaduan terkait anime ke KPI hanya terjadi di Indonesia? Baru-baru ini lewat sebuah lembaga pengawas media yg bernama BPO (The Broadcasting Ethics & Program Improvement Organization) masyarakat jepang memberikan aduan terkait tayangan-tayangan di media setempat. Juli lalu, terdapat beberapa aduan dari masyarakat mengenai tayangan dari beberapa seri anime.
    Dalam data laporan yg dilansir KPI jepang ini, beberapa masyarakat memberikan aduan terhadap beberapa konten di berbagai seri anime. Dalam data ini, meski dimuat berbagai macam aduannya, namun tidak disebutkan program tayangan (dalam hal ini judul seri anime) apa yg diadukan oleh masyarakat tersebut.

    [​IMG]Inilah Tiga Sinetron Tak Berkualitas & Tak Layak Tayang Menurut Survei KPIBaca Juga
    Salah satu bentuk aduan dari masyarakat Jepang adalah terkait seri anime tengah malam yg menampilkan kata-kata vulgar dalam penyebutan alat kelamin. Disebutkan bahwa meski di seri anime tersebut telah dilakukan penyensoran suara, tapi karakter di anime tersebut melakukan gestur yg seolah-olah menunjukkan bentuk alat kelamin serta aktivitas seksual. Selain itu, di seri anime tersebut juga terdapat pembicaraan yg mengacu ke kata-kata seksual meski tidak eksplisit. Dalam aduan tersebut masyarakat yg mengadukan juga berkomentar mengenai tayangan tersebut sudah kelewatan karena anak-anak bisa saja menerka apa maksud dari gestur & kata-kata yg mengacu ke hal-hal seksual tersebut.

    Aduan lain datang dari masyarakat yg mengeluhkan adanya seri anime yg menampilkan sosok karakter perempuan dengan busana mandi. Komentar tersebut menyebut bahwa hal tersebut tidaklah pantas ditampilkan dalam sebuah anime untuk anak-anak. Selain itu, disebut pula karakter wanita kecil yg mengenakan pakaian mandi tersebut cukup mengkhawatirkan mengingat banyaknya predator anak-anak di sana.

    [​IMG]

    Meski dalam berbagai aduannya tidak disebutkan judul program tayangannya secara spesifik, namun Anime News Network mensinyalir beberapa judul anime yg jadi target aduan tersebut. Terkait konten seksual melalui gestur & kata-kata, disinyalir merupakan aduan dari seri anime Shimoneta to Iu Ganen Ga Sonzai Shinai Taikutsu na Sekai. Dalam seri anime yg tayang tengah malam tersebut sering ditampilkan para karakter melakukan gestur menunjukkan bentuk alat kelamin serta aktivitas seksual. Selain itu ada pula guyonan seksual yg disampaikan secara implisit.

    [​IMG]

    Terkait aduan mengenai karakter wanita mengenakan baju mandi di seri anime anak-anak, disinyalir merupakan aduan untuk bagian lagu penutup dari seri terbaru Pripara. Pada bagian lagu penutup di seri anime ini menampilkan salah satu karakter mengenakan pakaian mandi.

    Pada daftar aduan di bulan April, ada masyarakat yg mengadukan mengenai seri anime yg tayang pada pukul 6 sore namun menampilkan peralatan untuk BDSM. Disinyalir aduan ini ditujukan untuk episode ke-4 musim terbaru dari seri anime Gintama yg mulai tayang pada April lalu.

    Meski demikian, karena tidak disebutkannya judul program tayangan dari masing-masing aduan, masih belum dapat dipastikan dengan jelas apakah memang beberapaseri anime tersebut adalah program yg masuk dalam pengaduan masyarakat / bukan.

    BPO sendiri sebenarnya agak berbeda jika dibandingkan KPI. BPO merupakan organisasi non-profit serta non-pemerintah yg berusaha untuk meningkatkan kualitas penyiaran di Jepang yg mengacu pada standar etika yg tinggi dengan tetap menjamin kebebasan berekspresi & berbicara. Organisasi ini berurusan dengan berbagai macam komplain & aduan masyarakat yg menyangkut etika di sebuah program penyiaran. Masyarakat Jepang bisa memberikan aduan melalui website, telepon, maupun faksimili. Nantinya berbagai aduan yg ada akan dirangkum & diinvestigasi lebih lanjut. Tindak lanjut yg dilakukan BPO terkait aduan itu adalah melayangkan opini & saran kepada berbagai lembaga penyiaran sesuai dengan aduan yg ada dari masyarakat.

    Untuk aduan di bulan Juli ini, BPO merangkum aduan dari masyarakat sebesar 71% melalui e-mail, 27% melalui telepon, 1% melalui faks & 1% mengadukan melalui media lainnya. Untuk demografi masyarakat yg menyampaikan aduan di bulan Juli secara jenis kelamin terdiri dari 74% pria & 24% wanita dimana 2% pengadu lainnya enggan memberikan keterangan jenis kelaminnya. Aduan yg disampaikan ini berasal dari berbagai media mulai dari TV, Radio, hingga siaran iklan komersil.

    Sumber : AnimeNetwork

    var td_screen_width = document.body.clientWidth; if ( td_screen_width >= 1140 ) { /* large monitors */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 1019 && td_screen_width < 1140 ) { /* landscape tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 768 && td_screen_width < 1019 ) { /* portrait tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width < 768 ) { /* Phones */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); }

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Anime-anime Ini Diadukan Masyarakat ke “KPI” Jepang! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Anime-anime Ini Diadukan Masyarakat ke “KPI” Jepang!.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page