Aplikasi Untuk Pilkada Serentak 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 4, 2015.

Discuss Aplikasi Untuk Pilkada Serentak 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,755
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 9 Desember 2015, 269 daerah di Indonesia akan mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak. Demi mensukseskan Pilkada tersebut, Pemerintah Indonesia bahkan menetapkan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional. Beberapa atribut kampanye pun sudah mulai terlihat di daerah-daerah yg akan melakukan Pilkada.

    Pertanyaannya, sudahkah kamu mengenal para calon kepala daerah di daerah kamu? Sudahkah kamu mengetahui visi & misi mereka? Kalau kamu masih mempunyai pertanyaan-pertanyaan seperti itu, sepertinya kamu harus mencoba menggunakan 5 aplikasi Pilkada berikut.
    Pilkadanesia
    [​IMG]

    Aplikasi ini merupakan juara dari kompetisi Pilkada Serentak Apps Challenge Code for Vote 4.0 yg diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) & Perkumpulan untuk Pemilu & Demokrasi (Perludem). Didats Halim, bersama tim developer asal Malang yg bernama Rimbunesia, adalah orang di balik pembuatan aplikasi ini.

    Pilkadanesia mempunyai fitur yg cukup lengkap. Di dalamnya, kita bisa melihat nama-nama pasangan calon kepala daerah di tiap daerah pemilihan, beserta visi & misi mereka. Namun dalam aplikasi ini ditemukan beberapa pasangan calon yg visi misinya salah penempatan. Contohnya, pasangan calon kepala daerah di kota Banjarmasin, namun misinya tertulis untuk memajukan kota Depok.

    Selain melihat nama-nama calon kepala daerah, dalam aplikasi ini kamu juga bisa mendukung salah satu pasangan calon dengan cara menekan tanda centang di bawah visi & misi mereka. Jumlah dukungan yg didapat oleh setiap pasangan calon juga akan muncul di halaman visi & misi tersebut. Namun kamu harus berhati-hati, karena sekali kamu memberi dukungan, kamu tidak akan bisa menariknya / memindahkannya ke pasangan calon kepala daerah yg lain.

    Selain itu, Pilkadanesia juga menyediakan fitur NIK Terdaftar, di mana kamu bisa memeriksa apakah sudah terdaftar sebagai pemilih / belum.

    Apabila Pilkada 2015 telah selesai diselenggarakan, kamu juga bisa mencocokkan laporan C1 (hasil Pilkada) yg diterima KPU dengan hasil yg sebenarnya di daerah kamu dengan aplikasi ini. Hasil akhir Pilkada juga akan ditampilkan secara real-time.

    Secara umum, aplikasi ini mempunyai UI/UX yg baik. Namun iklan yg berkali-kali muncul terasa cukup mengganggu.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Pilkadanesia Rimbunesia - Dec 02, 2015 Genre: Education Size: 4.6M Installs: 500 - 1,000 Gratis Download [​IMG] JanjiMu
    [​IMG]

    Sama dengan aplikasi Pilkadanesia, JanjiMu juga merupakan peserta di kompetisi Pilkada Serentak Apps Challenge Code for Vote 4.0, walaupun hanya meraih juara ketiga. Aplikasi ini dibuat oleh tim yg bernama mreunionlabs.

    Di dalam aplikasi JanjiMu, kamu tak hanya bisa melihat visi & misi calon kepala daerah, namun juga berita-berita tentang mereka di media massa. Sayangnya, desain aplikasi ini begitu kaku. Nomor yg tercantum untuk tiap pasangan calon kepala daerah pun merupakan nomor ID mereka di KPU, bukan nomor pemilihan di daerah masing-masing.

    Aplikasi JanjiMu ini punya fitur tambahan yg cukup menarik, yaitu Frequently Asked Questions (FAQ) yg berisi hal-hal yg sering ditanyakan terkait Pilkada. Selain itu, apabila kamu merupakan simpatisan partai tertentu, kamu juga bisa melihat siapa saja pasangan calon kepala daerah yg didukung oleh partai tersebut.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Janji Mu mreunionlabs - Nov 27, 2015 Genre: Books & Reference Size: 4.5M Installs: 50 - 100 Gratis Download [​IMG] Kawal Pilkada
    [​IMG]

    Kawal Pilkada sebenarnya adalah situs pemantauan Pilkada 2015 yg dibuat oleh Khairul Anshar dari Code4Nation. Khairul telah membuatnya sejak bulan Juni 2015, bekerja sama dengan sejumlah relawan dari Turun Tangan, Perludem, Data Science Indonesia (DSI), & didukung oleh Indonesia Corruption Watch (ICW).

    Selain via situs, Kawal Pilkada juga bisa diakses lewat aplikasi mobile dengan nama yg sama. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melihat data pasangan calon kepala daerah secara lengkap, mulai dari foto, tanggal lahir, alamat tinggal, serta laporan awal dana kampanye pasangan tersebut.

    Aplikasi ini juga akan menampilkan perhitungan suara dengan metode crowdsource. Itulah mengapa di aplikasi ini Code4Nation juga membuka pendaftaran untuk relawan yg ingin bergabung. Para relawan ini nantinya akan memantau jalannya Pilkada di tiap daerah. Hal serupa telah dilakukan Code4Nation pada Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden di tahun 2014 dengan website Kawal Pemilu.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Kawal Pilkada Code4nation - Dec 01, 2015 Genre: Social Size: N/A Installs: 500 - 1,000 Gratis Download [​IMG][​IMG] Pilkada Go
    [​IMG]

    Pilkada Go merupakan singkatan dari Pilkada Guides Online. Dibuat oleh TechnoChez, Pilkada Go ini ingin menjadi wadah informasi sekaligus sebagai forum diskusi terkait Pilkada 2015. Itulah mengapa aplikasi ini adalah satu-satunya yg mempunyai fitur komentar.

    Seperti aplikasi-aplikasi yg lain, Pilkada Go juga menampilkan informasi lengkap terkait daftar calon kepala daerah, mulai dari informasi pencalonan, visi, misi, & rekam jejak pasangan tersebut di media massa. Kamu juga bisa memberikan dukungan kepada pasangan calon kepala daerah tertentu.

    Keunikan Pilkada Go ada pada fitur Sengketa Pilkada, di mana kita bisa memantau proses sengketa terkait Pilkada yg terjadi di pengadilan. Selain itu, Pilkada Go juga menyediakan informasi tahapan-tahapan dalam Pilkada, serta pertanyaan-pertanyaan yg sering ditanyakan (FAQ).
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Pilkada GO TechnoChez - Nov 15, 2015 Genre: News & Magazines Size: 21M Installs: 50 - 100 Gratis Download [​IMG] Pilkada Serentak 2015
    [​IMG]

    Pilkada Serentak 2015 merupakan aplikasi yg paling sederhana dibanding aplikasi-aplikasi Pilkada yg lain dalam daftar ini . Aplikasi ini hanya menampilkan identitas pribadi pasangan calon kepala daerah tanpa ada foto, visi, misi, & rekam jejak.

    Dalam aplikasi ini kamu juga bisa melihat pertanyaan yg sering diajukan (FAQ), profil partai pendukung, serta jumlah tim adhoc mulai dari Panitia Pemilihan Kecepatan (PPK) hingga jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiap-tiap daerah. Tak jauh berbeda dengan Pilkadanesia, iklan di aplikasi ini juga cukup mengganggu.
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Pilkada Serentak 2015 Akhmad Dharma Kasman - Nov 19, 2015 Genre: Education Size: 1.5M Installs: 100 - 500 Gratis Download [​IMG]
    Selain aplikasi-aplikasi untuk mengenal calon kepala daerah, ada juga aplikasi lain yg bisa kamu gunakan khusus untuk melaporkan kecurangan di Pilkada 2015, yaitu Matamassa. Dengan kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut, Pilkada 2015 diharapkan bisa berjalan dengan jujur & adil, serta menghasilkan pemimpin yg terbaik.

    Baca juga: Pantau Transparansi Pemilu melalui Aplikasi MataMassa

    Bagaimana menurut kamu dengan kehadiran aplikasi-aplikasi di atas? Efektifkah kehadiran aplikasi-aplikasi tersebut untuk mendukung proses demokrasi di Indonesia?

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page