Apple Merilis Patch Malware Thunderstrike

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jan 28, 2015.

Discuss Apple Merilis Patch Malware Thunderstrike in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,103
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Apple Merilis Patch Malware Thunderstrike

    Beberapa peneliti keamanan komputer telah menemukan sebuah malware yg berpotensi menyerang & melumpuhkan sistem operasi Ios Apple Computer yg dinamakan Thunderstrike. Terdapat sebuah pendapat yg menguatkan di antara praktisi keamanan komputer dengan produsen Apple Computer bahwa hingga saat ini sistem operasi Ios dinilai sebagai sistem yg paling aman. Pendapat tersebut bisa dikatakan benar bisa juga tidak. Hingga saat ini memang sistem operasi Ios memang yg paling aman. Namun demikian, dengan ditemukannya malware tersebut membuktikan bahwa produk Macs dari Apple Computer tidak benar-benar aman dari vulnerability.

    Thunderstrike adalah malware yg cukup kuat & bekerja di low level function dari sistem Ios tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa malware ini mampu mematikan komputer & me-reboot semua program yg ada. Pada produk Macintosh, malware ini tidak terlalu terlihat. Selama sistem yg ada pada Macintosh berjalan normal, semuanya dianggap baik-baik saja. Walaupun begitu, keadaan normal tersebut bukan berarti aman dari serangan malware. Thunderstrike disebar melalui kontak fisik. Seperti seseorang yg menyamar menjadi agen kurir & memasukkan malware berbahaya itu pada komputer Mac. Dampaknya adalah firmware yg ada pada sistem operasi Ios dapat berganti menjadi sesuatu yg sangat jahat.

    Thunderstrike memungkinkan seseorang mengganti firmware pada OS Ios seperti contoh sederhananya yaitu Thunderbolt-to-HDMI dongle untuk me-reboot sistem yg ada & menggantinya dengan backdoor yg sudah didesain khusus. Teorinya, Thunderstrike dapat bertahan dari proses format ulang & reinstalasi sistem operasi. Karena malware itu terpasang pada low level function dari OS Ios. Tanpa ada perbaikan dari Apple Computer, malware tersebut berpotensi memperparah sistem operasi Ios. Kini, Apple Computer telah merilis sebuah patch untuk mencegah Thunderstrike pada produk Retina 5K iMac & Mac Mini. Rumor mengatakan bahwa OS X Yosemite 10.10.2 yg segera akan rilis telah mempunyai patch untuk menutup kerentanan dari Thunderstrike ini.

    Berdasarkan pernyataan dari pihak Apple Computer sendiri bahwa mereka telah mengubah kode sistemnya untuk menghindari penggantian firmware dari backdoor tertentu sekaligus mencegah munculnya vulnerability yg sama. Beruntungnya, Thunderstrike sangat jarang ditemukan di dunia. Tetapi, sebuah data yg dipaparkan oleh Snowden mengatakan bahwa ba& intelejen AS se&g meneliti Thunderstrike untuk dijadikan sistem backdoor untuk kepentingan mereka.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenApple Merilis Patch Malware Thunderstrike diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page