[Artistalk] Wawancara Regiana dari Stellar- & Enthrean

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 27, 2015.

Discuss [Artistalk] Wawancara Regiana dari Stellar- & Enthrean in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Minggu ini saya kembali dengan seri artikel Artistalk demi memenuhi kuota seni visual dua mingguan kamu. Kali ini saya akan menyajikan karya-karya sekaligus obrolan singkat dengan Regiana, ilustrator yg tergabung dalam tim stellar- & Enthrean.

    Hati-hati jika kamu mudah terlena dengan karakter dua dimensi, karena karya-karya Regiana ini dijamin bisa memikat perasaan pria-pria yg suka dengan wanita imut nan cantik dari dimensi berbeda. Penasaran bagaimana karya serta kisah Regiana sebagai artis game? Cek langsung di bawah.

    [​IMG]

    [​IMG]
    [​IMG]Bisa cerita sedikit tentang siapa kamu ke para pembaca?
    Saya Regiana, / lebih sering dipanggil Jubi di kalangan developer game (kalau sehari-hari sih antara Regi / Gina :v). Sekarang kerja jadi artis game di stellar- & Enthrean. Biasanya jadi artis piksel, tapi kalau diperlukan buat menggambar selain piksel juga sering. Saya juga kadang kerja sebagai ilustrator lepas, tapi sudah lumayan lama hiatus karena lanjut kuliah.
    Bisa cerita bagaimana kamu bisa jadi seorang ilustrator profesional?
    Suka menggambar sudah dari kecil, tapi sebenarnya dulu belum pernah kepikiran kalau bakal berakhir jadi artis untuk game. Tertarik jadi artis game gara-gara dulu ada teman yg jago piksel & saya iri, jadi terobsesi untuk latihan & akhirnya seperti sekarang, hahaha.

    [​IMG]
    Bagaimana kamu bisa terjun ke industri game?
    Saya sudah mulai tertarik dengan dunia pengembangan game dari masih SMP, di sekitar tahun 2004. Tapi dulu masih iseng-iseng coba pakai Game Maker yg dapat dari rental CD komputer. Baru sewaktu masuk SMA saya mulai-mulai belajar programming meski bukan pakai engine game yg mainstream, karena saya belajar programming pertama kali itu di Warcraft 3 World Editor

    Sejak saat itu jadi tertarik untuk jadi programmer game, hingga pada sekitar tahun 2009 saya mengerjakan game pertama sebagai seorang programmer di Enthrean. Saya baru mulai jadi artis game di sekitar tahun 2012 setelah lulus kuliah, saat saya sudah lelah jadi programmer & ternyata passion saya lebih ke menggambar.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    Boleh tahu game apa saja yg pernah kamu kerjakan & apa yg paling berkesan sejauh ini?
    Game yg pernah dikerjakan ada banyak. Dulu pernah dua kali ikutan lomba MGDW dari Nokia meski cuma sampai final & game yg saya buat tidak jadi dirilis. Waktu itu judulnya adalah Evil Culinary & Like a Jones (dulu istilah “Jones” untuk “Jomblo Ngenes” itu belum ada!).

    Selain itu, judul game lain ada Eternal Grace (sekarang jadi Enthrean Radiance) di studio Enthrean, & di stellar- sekarang sedang mengerjakan Stellar Arms dan Frontgate Fighters (judul sementara).

    Yang paling berkesan saat ini sih mengerjakan Stellar Arms, karena baru di game itu saja saya untuk pertama kalinya tidak mengerjakan tokoh utama perempuan sama sekali & malah membuat karakter musuh yg agak random. Tapi hasil akhirnya bagus & ternyata banyak yg suka. Saya jadi terharu. :’)

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    Bagaimana pandangan kamu tentang industri video game di Indonesia sekarang? Dan apa harapan kamu ke depannya?
    Kalau untuk industri game di Indonesia menurut saya sih sudah berkembang dengan sangat pesat. Mulai banyak bermunculan talenta-talenta hebat yg menghasilkan berbagai game yg hebat juga.

    Tapi, bagi saya industri game di sini masih kurang diperhatikan & masih dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Bukti sederhananya sih di kampus saya saja mata kuliah game programming hanya ada sembilan orang yg ambil (termasuk saya).

    [​IMG]

    Jumlah yg jauh berbeda dibandingkan kelas-kelas lain yg rata-rata penuh sampai lebih dari tiga puluh orang. Hal ini semakin diperparah karena satu-satunya teman saya di kelas itu bilang ingin pindah ke konsentrasi selain game karena merasa suram di sana, hahaha.

    Ya, harapan saya ke depannya developer game bisa lebih diakui lagi di masyarakat kita, bukan dianaktirikan apalagi sampai dianggap remeh.

    [​IMG]
    Selain video game, biasanya kamu mengerjakan ilustrasi untuk media apa lagi?
    Untuk sekarang saya baru pernah mengerjakan ilustrasi untuk game saja. Selain game rasanya cuma ada untuk pameran foto & ilustrasi Meibi Photography di Jepang tahun kemarin.
    Kalau dilihat, kebanyakan karyamu adalah gambar wanita yg imut-imut & cantik. Apakah ada alasan khusus untuk hal ini?
    Hahaha, dulu saya cuma bisa menggambar cowok-cowok kekar seperti di Dragon Ball, & kalau saya menggambar cewek jadinya maskulin banget. Setelah sekian banyak sindiran akhirnya saya memutuskan untuk latihan gambar cewek terus sampai bisa bikin yg bagus. Akhirnya keterusan & sekarang malah saya tidak bisa bikin karakter cowok.

    [​IMG]

    [​IMG]

    [​IMG]
    Biasanya apa yg menjadi inspirasi kamu dalam mengerjakan karya-karyamu?
    Inspirasi saya biasanya datang dari melihat-lihat karya orang lain. Kalau saya menemukan artis yg karyanya mengalami peningkatan drastis, saya biasanya langsung merasa terintimidasi & jadi ingin lebih banyak berlatih lagi. Kadang-kadang inspirasi saya juga datang dari hasil stalking berbagai akun cewek-cewek imut di Instagram & Weibo.
    Punya ilustrator favorit?
    Ilustrator paling favorit saya itu cuma satu, seorang artis di Jepang bernama Mujiha. Berkat melihat-lihat gambar beliau saya benar-benar ingin kemampuan menggambar saya meningkat. Impian saya adalah bisa berada di level yg sama dengannya, & semoga bisa bisa lebih hebat lagi.

    [​IMG]

    Demikianlah obrolan singkat saya dengan Regiana / biasa dipanggil Jubi. Jika kamu ingin melihat karya-karya dia lainnya, langsung saja kunjungi tautan-tautan Deviant Art, Facebook, & Instagram di bawah (Instagram paling sering mendapatkan update).

    Jika kamu ada pertanyaan / request, sampaikan langsung melalui kolom komentar di bawah. Itu saja untuk minggu ini, sampai jumpa minggu depan dalam rubrik Designertalk.

    Instagram: Jubivi

    Facebook: Jubi

    Deviant Art: Reijubv
    [Artistalk] adalah artikel mingguan di Tech in Asia yg membahas mengenai para artis 2D ataupun artis 3D dari Indonesia yg bekerja di bidang video game. Jika kamu punya kritik / saran untuk artikel ini, silahkan hubungi [email protected] / melalui @fahmitsu.P.S.Jika kamu tertarik untuk mengetahui tentang behind the scene pengembangan game lokal selain dari sudut pandang artis, cek juga seri artikel Devtalk & Designertalk di Tech in Asia ID.




    [​IMG]

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page