Asus Zenfone 2 Laser, Smartphone Selfie dengan Otofokus Cepat

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 6, 2016.

Discuss Asus Zenfone 2 Laser, Smartphone Selfie dengan Otofokus Cepat in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,761
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Sepanjang tahun 2015, ada beberapasmartphone kelas menengah yg tak hanya menawarkan harga murah, tetapi juga spesifikasi mumpuni. Jika sebelumnya ada Xiaomi Redmi 2 Prime & Alcatel Flash 2, Asus juga ikut bermain di kelas ini lewat Zenfone 2 Laser.

    Sesuai dengan nama belakangnya, Asus Zenfone 2 Laser lebih menonjolkan kecepatan fokus kamera berkat bantuan teknologi laser. Langkah ini merupakanupaya Asus dalam menarik para pengguna awal smartphone yg juga menyukai fotografi, namun tidak ingin mereka merogoh kocek terlalu dalam. Sebab, salah satu smartphone dari seri Zenfone inidirilis dengan harga yg relatif terjangkau.

    Tak hanya itu, sokongan prosesor yg ditawarkan juga tak seperti Zenfone 2 pendahulunya. Nah, bagaimana pengalaman saya selama menjajal Asus Zenfone 2 Laser? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.
    Desain
    [​IMG]

    Keseluruhan desain bodi Zenfone 2 Laser ini masih seperti seri Zenfone 2. Ergonomis, kompak, & mengusung konsep desain sama, yakni Arc. Pada bagian atas bodi, terdapat tombol power yg penempatannya terkadang membuat saya suka canggung. Namun bentuk cembung pada sisi belakang bodi sedikit banyak memberi kemudahan penggunaan, sekaligus handy saat membawanya dalam genggaman.

    Penutup bodi belakangnya nampak elegan, walausayangnya menggunakan material yg menjadi magnet bagi sidik jari / minyak. Meski begitu, saya dapat membersihkannya dengan cepat. Cukup diusap dengan lap basah. Menariknya lagi, pada bagian cover-nya tersemat dual tone flash & laser yg mengapit lensa kamera.

    Ketika penutup belakang dibuka, kita akan menemukan dua buah selot kartu SIM yg bisa diaktifkan secara bersamaan. Terdapat juga selot microSD untuk tambahan memori. Sekadar informasi, model ZE500KG yg saya uji ini masih menggunakan jaringan 3G. Asus menyediakan pula varian 4G, namun dalam opsi layar lebih besar.
    Layar
    [​IMG]

    Zenfone 2 Laser memiliki bentang layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel yg memiliki kerapatan 294 ppi. Layarnya telah mengusung teknologi IPS yg memberikan sudut pandang lebar. Supaya memberi perlindungan ekstra, Asus memberi layar berlapis Corning Gorilla Glass 4 terbaru yg diklaim 2,5 kali lebih kuat dari layar biasa.

    Kualitas layar tergolong baik dengan tingkat akurasi warna cerah, namun tidak membuat mata sakit. Smartphone ini pun sudah mendukung hingga 10 titik sentuh pada touchscreen-nya.

    Soal software, Zenfone 2 Laser menggunakan antarmuka ZenUI 2.0 yg berjalan pada platform Android Lollipop versi 5.0. Sayangnya, Asus tetap menyertakan bloatware, seperti Asus Cover, WebStorage, Asus Support, hingga aplikasi sosial ZenCircle & ZenTalk. Tetapi sebagian aplikasi saya rasakan bermanfaat lebih buat pengguna, contohnya Do It Later, PC Link, maupun Share Link.

    Keberadaan banyak aplikasi buit-in ini cukup memakan penyimpanan internal smartphone yg kapasitasnya sebesar 16 GB. Bicara soal memori, Asus Zenfone Laser 2 dilengkapi RAM 2 GB.

    ZenUI sendiri memiliki dukungan ZenMotion dengan berbagai fitur sentuhan pintar. Fitur-fitur tersebut dapat ditemukan pada menu pengaturan yg memungkinkan pengguna lebih cepat mengaplikasikan fungsi-fungsi smartphone.

    Misalnya, menyalakan layar saat tidak aktif dapat dilakukan dengan mengetuk layar sebanyak dua kali. Lalu, kita bisa menuliskan huruf C untuk membuka aplikasi kamera. Menggambar ā€œVā€ pada permukaan layar, misalnya, akan membuka deretan dial contact.

    Pengguna yg bertangan mungil dapat mengaktifkan fitur One-Hand Mode. Fitur memungkinkan tampilan antarmuka yg lebih kecil. Pengalaman navigasi pun menjadi kian ringkas.
    Kamera
    Mengingat harganya yg terjangkau, pengguna ditawarkan kamera dengan resolusi 8 MP. Ketika saya menguji kemampuan teknologi laser untuk melakukan otofokus cepat, ternyata fokus mampu dicapai dalam waktu 0,03 detikbahkan saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

    Namun di balik itu, saat memotret pemandangan perumahan pada pagi hari, kecepatan bidik kamera dengan aperture f/2.0 tersebut hanya menghasilkan foto sebatas tajam & baik, tapi belum terbilang memuaskan. Saat memotret dalam ruangan dengan hanya bantuan sedikit cahaya langit sore hari, tambahan Dual LED Tone Flash-nya mampu ciptakan foto yg jelas, namun dengan noise.

    Menjajal kamera depan beresolusi 5 MP, hasil foto pun cukup baik. Selain masih mengandalkan fitur Real Beautification, Zenfone 2 Selfie juga hadir dengan Mode Selfie Panorama. Fitur ini bisa membuat foto beramai-ramai makin mudah. Kita tinggal memotret dengan menekan tombol volume di belakang bodi, lalu menggeser arah kamera ke kiri & ke kanan agar mendapatkan sudut yg lebih luas.

    Untuk memperseru pengalaman fotografi lainnya, Asus menawarkan banyak modus kamera. Selain Beautification, ada modus HDR yg bisa diterapkan pada kamera depan & belakang.

    Khusus untuk kamera belakang, tersedia modus Super Resolution yg memungkinkan kita untuk menaikkan tingkat kecerahan kamera, Depth of Field untuk mendapat gambar bokeh, Selfie yg memungkinkan kamera mendeteksi hingga empat wajah saat berfoto selfie, hingga fitur Smart Remove yg memungkinkan kita memindahkan objek yg tak diinginkan pada foto.
    Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG)Layar5 inci IPS, 7201280p (HD), 294 ppiProsesor1.2 GHz Quad-coreRAM2 GBMemori internal8 GB / 16 GBOSAndroid 5.0.2 LoliipopKamera depan5 MPKamera belakang8 MPKapasitas baterai2.070 mAhDimensi & berat71.5 x 143.7 x 10.5 mm & 145 gramHargaRp1.999.000Performa
    Di sisi hardware, ASUS Zenfone 2 Laser mengandalkan prosesor yg sudah tidak lagi disokong Intel, melainkan Qualcomm Snapdragon 410 Quad-Core 64-bit berkecepatan 1,2 GHz.

    Kinerja grafis didukung Adreno 306. Ketika dicoba bermain game Fast & Furious Legacy, kinerja permainan adu kecepatan mobil balap ini terasa mulus tanpa dirasakan adanya lag. Sedangkan ketika dibuat bermain Star Wars Galaxy of Heroes, tampilan grafis terlihat tajam.

    Usai bermain dengan smartphone ini selama kurang lebih satu jam, saya merasakan hangat pada belakang bodinya. Namun tidak sampai ditemukan kejadian aplikasi seketika berhenti.

    [​IMG]

    Untuk uji benchmark menggunakan Geekbench 3, skornya sebesar 486 (Single-Core) & 1.429 (Multi-Core). Sementara hasil pengujian dengan Quadrant Standar menghasilkan skor sebesar 14.386.
    Baca juga: Menjajal 4 Varian Terbaru Asus Zenfone Berkamera Laser Otofokus & Illusion Cover
    Apakah layak beli?
    Sebagai smartphone seharga Rp2 juta kurang seribu, Asus Zenfone 2 Laser sepertinya akan memenuhi harapan konsumen yg ingin mendapatkan fokus kamera cepat ala smartphone dengan banderol harga tinggi, seperti LG G4 / Samsung Galaxy S6. Meski ini harus dibayar dengan kamera 8 MP yg hasil fotonya kurang maksimal.

    Overall, Asus sangat pintar dalam menyiasatinya. Mereka membenamkan kinerja prosesor yg cukup gegas untuk menopang game 3D, sekaligus keberadaan fitur melimpah termasuk pada sisi kamera. Selanjutnya, semua terserah kamu yg kenyataannya hanya punya bujet seadanya.

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah & Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page