Bagaimana bajakan mengubah hidup saya

Discussion in 'Entigapedia' started by dono, Dec 5, 2012.

Discuss Bagaimana bajakan mengubah hidup saya in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. dono 3 SMP STAFF N3 Tukang Sapu

    Messages:
    2,399
    Likes Received:
    2,569
    Trophy Points:
    141
    Game:
    Dota 2
    Region:
    Australia
    Ada banyak diskusi akhir-akhir ini tentang pembajakan dan bagaimana untuk memerangi hal itu, termasuk beberapa langkah-langkah yang cukup radikal. Tapi saya yakin kebanyakan orang melirik beberapa efek positif dari pembajakan. Jangan salah paham dulu, saya tidak menyarankan bajakan atau mempromosikannya dan saya tidak mengatakan itu baik, saya hanya mengatakan bahwa itu tidak semua seperti hitam dan putih. Pembajakan itu hanya gejala/efek dari sesuatu: apakah itu model bisnis yang buruk, pasar restriktif, atau masalah ekonomi. Dan saya pikir tulisan saya ini akan membuktikan hal ini.

    Saya besar di sebuah pulau kecil di Indonesia, sebuah pulau yang terpencil dan seperti yang kita ketahui negara ini baru saja mengalami reformasi dan kembali menjadi demokrasi. Kita sebagai masyarakat, hanya mengingat apa itu demokrasi dan bagaimana pasar bebas bekerja. kita hanya menonton terobosan teknologi terbaru yang terjadi dalam 30 tahun terakhir didunia barat, sementara negara kita sendiri dan rakyat tetap kurang informasi dan teknologi juga sdm yang kurang berkompeten.

    PC pertama saya adalah MMX Pentium yang memiliki prosesor 166 Mhz, 2 GB hard drive dan 64 Mb RAM jika saya tidak salah. Pada saat itu sebagian besar dari orang-orang sekitar memiliki 386 dan 486 mesin yang menjalankan DOS, sehingga Windows 95 adalah sesuatu banget.

    Sekarang inilah faktanya: bahwa salinan Windows 95 saya digunakan adalah bajakan. Itu didapat dari seorang teman yang memilikinya dalam bentuk cd. Ini bukan karena teman-teman saya pembajak atau ingin melakukan kejahatan, itu karena tidak ada alternatif lain. Windows tidak dijual secara merata di negeri ini - Kalau adapun itu tidak secara sah.

    Beberapa tahun kemudian ketika Windows 98 keluar hal yang sama terjadi di seluruh lagi. Teman-teman datang kembali membagi-bagikan sekumpulan disk/cd kepada teman lainnya. kita kembali menginstal OS tersebut pada PC kita.

    [float='left'] software-bajakan.jpg
    [Images dari google]
    [/float] Pada saat XP dirilis, Microsoft akhirnya tertarik di negara kita, adanya fakta pemerintah bekejasama/MoU dalam penggunaan operating system Microsoft pada insitusi pemerintah, dan kemudahan untuk mahasiswa dan siswa disekolah dalam mendapatkan OS ini dengan harga yang miring. Akhirnya ada banyak cara yang sah untuk membeli OS baru. Tapi di sini yang saya tangkap: harga OS nya juga semahal PC itu sendiri, sehingga pengeluaran untuk ini akan menjadi dua kali lipat. Jika anda masih bertanya kenapa masih tidak mau membeli OS dan software yang legal dengan harga miring, walaupun harga miring itu masih sama nilainya dengan sekitar 10 bulan senilai gaji masyarakat disini. Bayangkan biaya OS Windows dan aplikasi lengkap sekitar $2.000.

    Saya cukup beruntung karena saya mendapat salinan asli dari XP dibundel atau sudah terpasang langsung dengan PC baru saya saat membeli. Namun, satu tahun kemudian ketika motherboard habis terbakar dan saya harus membeli hardware baru, dan saya kembali minta salinan kepada teman-teman lainnya.

    Selama 5-6 tahun saya menggunakan PC yang dengan versi bajakan Windows untuk men-download game dan software - semua secara ilegal. Mulai dari Half-Life dan Warcraft hingga Creative Suite dari Adobe. Sekali lagi ini terjadi bukan hanya karena harga, meskipun bisa membeli Adobe CS dengan harga gila yang saya pikir lebih baik dikirim ke keluarga dikampung atau keluarga yang masih kurang mampu, juga karena kebanyakan software ini tidak tersedia di toko-toko disekitar sini.

    Dikarenakan pembajakan, saya punya pengetahuan, skill dan informasi yang tidak mungkin untuk didapat dengan mudah. Dengan pembajakan juga yang saya mempelajari bagaimana menggunakan Photoshop, cara mengedit film, cara menginstal sistem operasi/OS.

    Dan saya bukan satu-satunya yang melakukan ini. Semua teman-teman saya yang telah bekerja di bidang IT juga bermulai dengan menggunakan software bajakan. Bagaimana bisa dibandingkan 12 tahun belajar untuk menggunakan perangkat lunak yang biaya ribuan dolar, ketika pendapatan bulanan rata-rata adalah sekitar $200? Bagaimana lagi rekan-rekan dinegri ini bisa berkembang memakai software-software professional yang ada dan bisa dipakai untuk mendapatkan lapangan kerja atau membuat lapangan kerja kalau harganya masih diatas pendapatan perbulan?

    Dan ada satu hal lagi: karena pembajakanlah yang sebagian besar dari kita memiliki pekerjaan saat ini. Tanpa bajakan atau tanpa belajar OS dan software-software ini, saya dan teman-teman saya tidak akan bisa bekerja di dunia IT, atau pengembang game, atau menjadi IT Professional. Saya berani bilang kalau tidak dengan pembajakan, negara ini akan tetap keterbelakang.

    Saya tahu saya telah mengatakan beberapa hal yang melanggar hukum, tapi intinya adalah tidak satupun dari kita membajak lagi ketika kita sudah mampu dan berkecukupan sebagai rasa penghargaan kepada pencipta/pembuat dari software yang pernah kita bajak. Kenapa? Karena kita selalu tahu membajak itu tidak benar, tapi kita tidak memiliki pilihan lain. Tapi sekarang ketika kita semua memiliki pekerjaan, bila software/os tersebut akhirnya tersedia secara merata dengan harga terjangkau, dan ketika perusahaan software dunia telah mengubah model bisnis mereka untuk memberikan harga yang lebih murah untuk mahasiswa dan institusi pendidikan (Windows dengan harga $39 ?) Pasti kita semua memilih untuk membeli perangkat lunak, musik dan film secara resmi. Oh, dan bahwa teman saya yang selalu membajak sistem operasi untuk saya? Dia sekarang menjadi IT Manager di perusahaan swasta di Indonesia.

    Membajak software-software atau OS ini dilakukan biasanya bukan untuk keserakahan atau ketamakan. Dan software bajakan ini akan menjadi faktor sangat penting untuk pengembangan generasi di daerah-daerah tertinggal. Tentu saja perangkat lunak yang murah dan mudah didapat akan menjadi kemudahan tersendiri, namun keadaan saat ini masih belum terjadi dilingkungan kita secara merata, apalagi Indonesia dibelah oleh lautan/selat dengan ribuan pulau.

    Yang masih membajak saat ini tapi sudah mampu membeli dan mudah didapat disekitarmu, tolong beli versi aslinya nya, hargai hasil karya orang lain!

    Saya benar-benar ingin tahu apa pendapat kamu tentang tulisan saya ini, dan mudah-mudahan saya mendapatkan respon dengan pendapat yang cerdas dalam diskusi di sini.


    Wanna-be writer


    dono
     
    11 people like this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. PBYTE -= R.A.Z.T.A =- Level 2

    Messages:
    1,857
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    108
    True Story..
    Ini benar2 terjadi di kehidupan saya..
    Saya bisa karena dari sofware bajakan, mengingat kantong saya pas2 an untuk menggunakan sofware2 atau OS yg profesional..
    Sebenarnya sofware2 atau lagu2, film2 yang di bajak itu secara tidak langsung menjadi media promosi untuk memperkenalkan ke semua lapisan masyarakat yang minim informasi & pengetahuan...

    Tidak ada bajakan ilmu kita tidak akan berkembang terutama bagi kalangan terbatas yang mempunyai bakat terpendam... :hehehe: :hehehe: :mantap: :mantap:
     
  3. dhenz TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    33
    hahhahahaha....mengingatkan pada sesuatuuu....

    kalo boleh di bilang ini hasil positif dari pembajakan...seperti cerita robin hood ini berkah bagi sebagian orang...
     
  4. Agus_Is_Online 1 SD Level 2

    Messages:
    229
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    43
    Teringat waktu beli CD pro(lupa namanya) :bow:
    Kejadiaanya sudah agak lama sih :grin:
    Waktu itu saya beli CD pro harga 350ribu sedangkan harga kaset bajaknya cuman 20ribu :eek:k:. Tapi saya tetap memilih membeli pro. di karenakan cd yang mau saya beli ini masih tergolong sangat baru, biasanya pada error kalau bajakan :mewek:.
    Setelah saya beli ternyata saya tidak tau pakainya :mewek:.

    Jadi saat itu saya kapok untuk membeli CD Pro untuk jadi media pembelajaran pertama.
     
  5. bytes86 Pra TK Level 1

    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    26
    Hmmm... Nice story
    teringat masa kecil, waktu itu saya dibelikan PC sama Ortu, mereka beliin PC walau hasil ngutang sama tetangga demi keinginan mereka supaya anaknya bisa lebih pintar dari orang tuanya.
    Bayangkan saja kalau saya tidak pakai software2 haram, itu PC mau diapakan?
    mau minta duit lagi sama ortu buat beli software asli? itu gak mungkin banget, wong PC nya aja blom lunas..
    dengan sangat terpaksa demi mewujudkan keinginan orang tua dan demi meraih masa depan saya, terpaksa saya pakai software haram.

    Andai saja Software2 asli itu harganya terjangkau...??

    Untuk para pencipta/ produser software saya minta maaf sebesar2nya atas klakuan saya, mungkin saya tak dapat membalas karyamu dengan uang, tapi saya yakin tuhan tdk tidur, tuhan akan membalas semua kebaikanmu yang pasti lebih besar dari sekedar uang.
     
  6. gafarcoz 6 SD Level 2

    Messages:
    827
    Likes Received:
    150
    Trophy Points:
    68
    udah 6 taun saya pake komputer, 5 tahun saya pake gak ngerti kalo itu ternyata bajakan, tapi yah di warnet selama 4 tahun jangan salahkan saya kalo ikut menggunakan bajakan itu :3 tapi useful sekali, gak pernah les bahasa inggris jadi bisa bahasa inggris... mingkin karena peribahasa bisa karena biasa itu terjadi ya.. hehehe

    mau beli yah gimana, saya masih sekolah, uang aja masih minta -_-
     
  7. sluxzer 5 SD Level 2

    Messages:
    628
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    43
    ^ setuju sama om di atas, saya mengenal komputer sejak saya kelas 1 Smp.
    sudah 7tahun saya berteman dengan komputer .
    Namun selama 7tahun ini, saya sama sekali tidak pernah membeli OS.dll secara legal, saya mendapatkannya dari teman bahkan google,

    saya rasa ini fair, sebab untuk kalangan "anak sekolah" bukanlah hal yang mudah untuk membeli OS dikarenakan harga yang sangat tidak berimbang dengan uang jajan XD
    jadi apakah bisa setiap kalangan harus membelinya secara "legal" ,saya rasa tidak mungkin ,karena jika ini terjadi, mungkin akan semakin banyak orang GAPTEK.

    Saya juga dulu les bhs ing 3 tahun dibimbingan ,tapi selama itu saya tidak ada 1pun yang menyerap, akan tetapi karena software2 bajakan yang saya download & mainkan, saya bisa mengerti bahasa inggris :grin:

    so apa yang kita bisa pelajari dari kejadian ini,. ??? :bow: ayo sharing :grin:
     
  8. Ri7N 2 SD Level 2

    Messages:
    330
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    46
    Legal & ILegal

    berkata legal tetapi ilegal , haha buktinya instansi, anggota , & aparat pemerintahan negri ini memggunakan bajakan !
    lihat donk sekolah - sekolah yang masih menggunakan bajakan .
    Kantor Polisi saja menggunakan bajakan & polisinya juga masih menggunakan bajaakan .
    Jujur saja , saya tidak pernah pake legal sekali pake legal saya tidak bisa melegalkan hidup saya

    ^OM dono , kata - katanya bisa jadi motivasi
     
  9. rizkyamy 1 SD Level 2

    Messages:
    299
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    53
    Menurut sya,, bajakan gk begiitu buruk... Mungkiin kLo tdak ada yg nama nyaa bajakan,, qta gk bkaLan biisa nongkrong d.N3...
     
  10. Ri7N 2 SD Level 2

    Messages:
    330
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    46
    bajakan itu indah , tidak seindah legal yang dimana Membuat kantong kita kekeringan
     
  11. yaiba N3MetaLHead Level 2

    Messages:
    714
    Likes Received:
    74
    Trophy Points:
    53
    jadi inget kata om lucubrb ..

    support the creator by buy their software
     
  12. YanBC 5 SD Level 2

    Messages:
    630
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    53
    kalau ga ada bajakan, berarti ga kelihatan dong kelemahan yang buat software/sistem operasi itu :grin:

    cayo creator-creator windows :eek:k:
     
    1 person likes this.
  13. AkiraxKy Pra TK Level 1

    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    26
    pake bajakan ---> jadi ahli --> punya uang ---> beli ori (why not ?) sama saja kan intinya. dan gw rasa efek positif bagi mereka juga banyak kok.
     
  14. gr3g240595 Pra TK Level 1

    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    26
    bajakan ya,
    kayak pedang mata 2
    bagusnya banyak, resikonya banyak.

    ya pinter" nya orang aja sih.
    kalo mau pake ori ya bagus, bajakan ya apa boleh buat.
     
  15. rezayuna276 TK 0 Besar Level 1

    Messages:
    132
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    41
    Ane sampe terbawa suasana baca cerita om dono :cry:
    Nice story :eek:k:
    Ane juga nih, malah ane yang ngejual huuuuaaaa :mad:
    Secara tidak sadar ane udah masuk kedalam jurang perbajakan :ngacir:
     
  16. datagila TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    64
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    31
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Unknown
    sry menganggu waktu penting buat boss dono.
    dulu banget saya ingat di nyit2 om dono
    mempost 2 web yg isinya crack/keygen
    yaitu
    Code:
    www.forumw.org
    dan
    Code:
    www.softarchive.net
    skr ini yg the best forumw is gone ada alternatif lain ga?
    dan saya coba cari di
    Code:
    http://www.nyit-nyit.net/forum/149-faq-n3/
    ato faqs tidak ada apa yg saya cari.
    dan juga saya search key word
    Code:
    www.forumw.org
    post nya dono dah ilang jadi skr saya cari beberapa forum yg menyedia khan aplikasi yg full version/crack/serial key

    maaf ne jadi repotin boss dono
     
  17. Difento Belum Sekolah Level 1

    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sya suka sih make software dan program2 bajakan tapi kasian juga yang buat dan yang jual yang pro tpi mw gmna lagi duit masih minta ma ortu dan sya msh sekolah
     
  18. dono 3 SMP STAFF N3 Tukang Sapu

    Messages:
    2,399
    Likes Received:
    2,569
    Trophy Points:
    141
    Game:
    Dota 2
    Region:
    Australia
    untuk forumw tewas.. karena ada masalah internal.. server di tebas aka di hack... ntah internal atau external team... database dicopy lalu dibikin forum lainnya yang dipegang orang ndak jelas.. akhirnya team mereka transmigrasi ke warezusa.org (bayw.org)

    kalau rekomendasi saat ini yang aktif dan stabil itu warez-bb.org nah dari sana release2 nya kan ada web masing2 tuh... ya udah nyari sana sini aja dari situ.. search forum nya juga lumayan kencang dan yang megang professional kok... forum lain untuk nyari barang ginian masih ada vivaprogram dan rekan-rekan lainnya cuma kurang suka soalnya iklannya dan buka web nya slow banget... not really impressive me much.. so met berburu aja..
     
  19. morekvn Belum Sekolah Level 0

    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nice story om dono.
    saya mau menanggapi tulisan om dono,
    saat saya baca tulisan terakhir "wanna-be" writer, saya sempat berpikir kena harus wanna-be :sweet:
    padahal dari cara om dono bercerita, itu sudah menegaskan bagaimana pengalaman positif om dono. Tinggal penggunaan bahasanya saja agar mudah dicerna. :grin:
     
  20. alaniew Pra TK Level 1

    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    itu saya banget.. hehehehe...
     

Share This Page