Bagaimana kondisi internet di Indonesia?

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 16, 2015.

Discuss Bagaimana kondisi internet di Indonesia? in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Setiap kuartal, layanan penyedia content delivery network Akamai mengumumkan hasil laporan riset mereka tentang kondisi internet di seluruh dunia. Berikut adalah tiga hasil riset dari laporan kondisi internet pada Q3 2015 di kawasan Asia Pasifik menurut Akamai.
    [​IMG]Tabel pertama rata-rata kecepatan internet

    Tabel pertama mengulas rata-rata kecepatan koneksi internet. Indonesia menempati peringkat ke-13 di Asia Pasifik / peringkat ke-104 dunia dengan rata-rata kecepatan internet mencapai 3 Mbps.

    Kecepatan tersebut telah mengalami 24 persen peningkatan dari kuartal sebelumnya. Akan tetapi mengalami penurunan 20 persen apabila dibandingkan dengan kuartal yg sama pada pada tahun sebelumnya. Hal ini bisa jadi merupakan salah satu indikasi jika penetrasi kecepatan internet di Indonesia belum merata.

    Peringkat pertama masih ditempati oleh Korea Selatan dengan rata-rata kecepatan 20 Mbps. Disusul oleh Hong Kong di peringkat kedua dengan rata-rata kecepatan 15,8 Mbps. Peringkat ketiga ditempati oleh Jepang dengan rata-rata kecepatan 15 Mbps.
    [​IMG]Tabel kedua kecepatan internet tertinggi

    Tabel kedua menampilkan kecepatan koneksi internet tertinggi. Indonesia menempati peringkat ke-11 / ke-72 dunia dengan kecepatan maskismal mencapai 31 Mbps. Angka ini bahkan melebihi China & India yg memiliki jumlah penduduk & penetrasi internet yg lebih tinggi.

    Perubahan kecepatan puncak antar kuartal & tahun juga mengalami peningkatan sebesar 48 & 20 persen. Artinya kecepatan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan, tapi tidak merata. Karena mengalami pengurangan dari tahun ke tahun seperti apa yg dijelaskan pada tabel pertama.

    Meningkatnya kecepatan internet di Indonesia juga bisa dilihat pada tabel ketiga & keempat di bawah ini.
    [​IMG]Tabel ketiga & keempat : Adopsi internet kecepatan tinggi

    Penetrasi penduduk yg telah menggunakan internet dengan kecepatan di atas 4 Mbps antar kuartal mengalami peningkatan sampai 93 persen. Akan tetapi mengalami penurunan yg drastis sebesar 51 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

    Begitu juga dengan penetrasi penduduk yg menggunakan internet dengen kecepatan di atas 10 Mbps mengalami peningkatan antar kuartal sebesar 53 persen. Akan tetapi mengalami penurunan yg sangat drastis sebesar 71 persen dibandingkan tahun lalu.

    Baca juga: Kecepatan internet di Asia (INFOGRAFIS)
    Lalu apa artinya?
    Dari data tabel-tabel di atas bisa saya simpulkan bahwa kecepatan internet di Indonesia mengalami peningkatan. Terbukti dengan meningkatnya kecepatan maksimal internet di tanah air & tingginya pertumbuhan adopsi internet kecepatan tinggikoneksi internet di atas 4 & 10 Mbps.

    Menurut hemat saya, adopsi tersebut hanya terjadi pada masyarakat kelas menengah atas yg tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, & Bali. Bila hal ini benar, tidak mengherankan apabila peningkatan kecepatan & pertumbuhan pengguna internet mengalami penurunan drastis dibandingkan tahun lalu karena tidak banyak pengguna baru yg langsung mengadopsi internet kecepatan tinggi.

    Bagaimanapun dengan hadirnya teknologi 4G LTE & implementasi serat optik di rumah-rumah akan berpotensi mendorong penetrasi internet yg lebih tinggi lagi pada tahun 2016.

    Kamu bisa melihat laporan lengkap dari Akami di sini.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page