Bahaya Zero Day Mengancam Internet Explorer

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Apr 29, 2014.

Discuss Bahaya Zero Day Mengancam Internet Explorer in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Program Microsoft kembali menjadi sasaran kejahatan. Bahaya zero day mengancam Internet Explorer. Para hacker mengklaim telah menemukan bug yang dapat membuat pengguna Windows XP dalam bahaya. Klaim ini diumumkan setelah Microsoft mengumumkan untuk menghentikan pengoperasian sistem Windows XP kurang dari tiga minggu yang lalu.
    Seperti dilansir dari www.csoonline.com, pada Sabtu, 26/04/14 Microsoft mengumumkan bahwa Internet Explorer versi 6 hingga 11 memiliki risiko dari serangan malware. Sistem pengoperasi Windows XP mampu menjalankan program Internet Explorer 6, 7 hingga 8.
    Para hacker telah menemukan kode baru yang dapat memberikan vulnerability atau celah keamanan bagi Internet Explorer, kode ini adalah CVE-2014-1776. Kode ini memiliki potensi untuk memberikan hacker memiliki akses seperti pengguna yang asli. Vulnerability ini dapat membahayakan PC pengguna, karena hacker dapat memiliki akses sebagai administrator pada PC dan selanjutnya dapat meng-install malware pada sistem, membuat akun pengguna baru dan menghapus atau mengubah data yang terdapat pada PC pengguna.
    Pihak Microsoft menyatakan bahwa serangan bisa datang dari website yang menerima atau menampilkan iklan dimana seorang hacker dapat memasukkan kode yang berbahaya. Microsoft belum memutuskan apakah akan mengeluarkan patch darurat dalam beberapa hari mendatang atau menunggu patch pada hari Selasa tanggal 13 Mei 2014 untuk memperbaiki versi yang mendukung program Internet Explorer. Walaupun Microsoft mengeluarkan patch, sebagian besar pengguna Windows kemungkinan tidak akan menerima update patch. Situasi ini dikarenakan pihak Microsoft telah menarik semua sistem operasi Microsoft XP sejak 8 April lalu sehingga pemakai OS yang lama tidak akan mendapat update patch.
    Menurut Net Marketshare, pengguna Windows XP hingga saat ini telah mencapai 28 persen dari pengguna PC yang online di seluruh dunia. Jumlah pemakai XP lebih besar jika dibandingkan dengan pemakai Windows 8, 8.1, OS X 10.9 dan pengguna Linux.
    Tetapi celah keamanan yang terdapat pada Internet Explorer dapat diatasi oleh pengguna Windows XP dengan penggunaan browser web lainnya seperti Mozilla, Google Chrome. Bahkan Google berjanji untuk mendukung Google Chrome untuk XP hingga April 2015, sementara itu hingga saat ini Mozilla belum mengumumkan tanggal berakhirnya pengoperasian Firefox pada XP. Jadi ketika ada vulnerability pada kedua browser tersebut dapat segera ditemukan patch-nya.
    Tetapi bagi pengguna yang memang benar-benar harus menggunakan Internet Exploler, pihak Microsoft menyarankan pengguna untuk meng-install program Enhanced Mitigation Experience Toolkit (EMET) 4.1. Program ini dapat melindungi pengguna dari bahaya malware dan program ini tersedia untuk Windows XP. Pengguna juga dapat menjalankan Internet Exploler dengan mode yang lebih aman dengan cara mengatur setting keamanan pada Internet Option lalu ke item Security dan atur perangkat Security ke opsi High. Kerentanan yang terjadi pada Internet Explorer ini adalah contoh kasus pertama bagi Windows XP yang telah dihentikan pengoperasiannya oleh Microsoft.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page