Bangkitnya Komik Indonesia; Wawancara Bersama Komikus re:ON Andik Prayogo

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Aug 18, 2015.

Discuss Bangkitnya Komik Indonesia; Wawancara Bersama Komikus re:ON Andik Prayogo in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,717
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Apa sih yg muncul di pikirkan ketika mendengar kata "komik"? Pasti tidak jauh dari komik Jepang yg disebut manga / comic Amerika. Kali ini Gamexeon tidak membahas manga ataupun comic, melainkan komik Indonesia. Seberapa akrab sih kamu dengan komik Indonesia? Selalu baca, kadang baca, / bahkan belum pernah baca sama sekali? Nah, untuk menambah wawasan & rasa bangga akan komik Indonesia, kita akan membahas komik Indonesia bersama Mas Andik sang komikus profesional dari re:ON.

    Keprihatinan akan kondisi komik Indonesia yg kurang dihargai oleh pembaca & penerbit merupakan sebuah dorongan bagi Chris Lie, Andik Prayogo, & Yudhanegara Nyoman untuk membangun sebuah perusahaan komik di Indonesia yg bernama PT Wahana Inspirasi Nusantara, / yg lebih dikenal dengan majalah komik komplikasi nya yg bernama re:ON.



    Sekarang komik re:ON sudah mempunyai 15 volume, dimana setiap volumenya mempunyai isi sekitar 6-7 judul komik serial seperti; Grand Legend Ramayana karya Is Yuniarto, Lay Lay Cat karya Andik Prayogo & Sheila Rooswitha, Galau-Man karya Okto Baringbing & Ino Septian, & masih banyak lagi.

    Bagi kalian yg belum tahu, komik re:ON sudah go internasional lho. Minggu lalu, kantor re:ON didatangi oleh pihak Digital Catapult yg sangat tertarik mengambil beberapa judul komik re:ON untuk dijual secara digital di Jepang. Nah, orang Jepang aja sampe suka sama komik Indonesia. Apa kalian masih meragukan kualitas komik Indonesia? Makanya, ayo coba ikut membaca komik-komik keren Indonesia.

    Mungkin beberapa dari kalian ada yg bertanya "Komik Indonesia kok pake style manga sih?" nah, pertanyaan tersebut akan dijawab oleh Mas Andik dibawah ini;

    Mengenai style ini sebenarnya, awal kiblatnya berasal dari gaya apa yg mereka kenal pada saat mereka membaca komik. Contohnya, remaja tahun 70an, kiblatnya pasti ke komik Amerika, makanya gaya komikus pada tahun tersebut kebanyakan gaya realis ala komik jadul Amerika, lalu remaja tahun80an , mereka mengenal gaya Amerika, Eropa & Jepang, makanya komikus pada masa ini lebih fleksibel & variatif dalam menerima gaya komik apapun, lalu remaja tahun 90 & 2000an, hanya mengenal komik Jepang & sedikit komik Eropa, itulah sebabnya, kenapa sekarang banyak yg kiblatnya ke Manga, karena gaya itulah yg mereka kenal sebagai patokan, komik itu harus seperti itu.
    Nah, sekarang paham kan mengapa style komik Indonesia yg cenderung kearah "manga"?

    Kalau kalian sebagai orang Indonesia sendiri, baik para pembaca setia maupun tidak bisa memberi nilai 1-10 untuk komik Indonesia saat ini mau diberi nilai berapa? Kalau dari penilaian Mas Andik sih;

    8.5, karena secara awareness sudah mulai terbentuk, penggemarnya & pasarnya sudah mulai ramai, walau secara industri masih belum bisa mengalahkan komik import.
    Mari kita berharap untuk komik Indonesia semakin maju & mampu menyaingi komik luar negri, agar nama Indonesia semakin dipandang sebagai negara penuh kreativitas di negara lain. Sama seperti Mas Andik yg mempunyai keinginan agar komik Indonesia kembali berjaya seperti pada tahun 70 an.

    Nah yg terakhir, untuk kalian yg ingin menjadi komikus, ada pesan dari Mas Andik nih;

    Jadi komikus itu nggak semudah & seenak yg dibayangkan, yg penting harus punya komitmen & disiplin yg kuat untuk berkarya, & yg paling penting, jangan takut untuk mulai mencoba, kalau kami para founder re:ON, dulu tidak berani mencoba, mungkin sekarang, pasar komik Indonesia nggak akan seramai ini, hehehe.

    Thanks to:
    Andik Prayogo
    Bayu Bramantya

    Sumber

    cheat game online terbaru, cheat game online Bangkitnya Komik Indonesia; Wawancara Bersama Komikus re:ON Andik Prayogo, apk, android, cheat card online, cara cheat, kumpulan cheat
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page