Bicara Game Developer, Bicara Tentang SURVIVE!

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 25, 2015.

Discuss Bicara Game Developer, Bicara Tentang SURVIVE! in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Bicara Game Developer, Bicara Tentang SURVIVE!.
    [​IMG]

    Dalam seri ketiga artikel Bicara Game Developer ini, kita akan bahas salah satu kunci dari terpublikasinya IP game-mu ataupun bertahannya perusahaan game-mu nantinya, tetapi penulis akan melihatnya dari sudut pandang industri yg lebih besar. Kenapa begitu?
    Karena untuk menjadi besar kita perlu komparasi dengan sesuatu yg sudah lebih sustainable dalam artian tidak hanya bicara soal revenue, jumlah download, jumlah pemain, tetapi juga bicara tentang bagaimana sebuah game sudah berhasil mendapatkan loyalitas dari pemainnya baik secara marketing maupun organik (dari gameplay, story, / aspek lain dalam game itu).

    Kita bicara soal E3 dulu, kenapa? E3 adalah barometer para gamer & game developerdi seluruh dunia. Belum lagi maraknya para game developer kelas dunia yg merilis proyek mereka dengan memanfaatkan Kickstarter sebagai salah satu marketing hype mereka & mengumumkannya di E3.

    Tak terhitung judul yg sudah familiar maupun baru unjuk gigi tahun ini, tapi paling mencolok adalah tampilnya remake Final Fantasy 7 dari Square Enix, Shenmue 3, Kingdom Hearts 3 & juga Gears of War.

    [​IMG]

    Kenapa penulis memasukkan game-game dari ajang besar ini? Apa maksudnya?

    Penulis bermaksud melemparkan topik ini karena pemilik judul besar itu sudah SURVIVE & Sustain selama bertahun-tahun, belasan tahun malah. Para game developerini sudah memiliki sejarah & loyalitas pengguna yg tinggi dari jaman konsol masih 16 bit hingga konsol generasi terbaru.

    SURVIVEdisini adalah kata kunci.

    Dan menurut analisa penulis, survive & sustain dalam game development tidak sepenuhnya sama. Survive adalah sekedar bertahan hidup, sustain adalah bertahan & berkembang seiring waktu. Dari pengalaman pribadi serta pengamatan dalam 4 tahun terakhir, kita masih berputar di lingkaran setan bernama survive/bertahan hidup saja. Impian untuk sustain game / perusahaan kita sendiri sering terkendala dengan masalah-masalah seperti yg tercantum di artikel terdahulu, masalah komitmen, kompetensi & manajemen resources yg kurang baik.

    [​IMG]

    Melihat apa yg ditampilkan di E3, effort yg diberikan para game developer kelas atas ini tidak main-main lho. Mereka mengalokasikan waktu hingga 1-2 tahun untuk dapat Minimum Viable Product / produk yg bisa dilihat cikal bakalnya akan seperti apa.

    Penulis tidak mau mengkomparasi keadaan game developerkita dengan game developer AAA di ajang E3 karena memang ibarat game, levelnya berbeda. Kita masih ada di early stage of game business evolution, & mereka sudah lebih dulu lepas landas baik dari teknologi maupun dari segi knowledge.

    Banyak dari kita, game developer di Indonesia masih menyandang label indie, startup, / sudah berlabel perusahaan yg sudah lumayan lama melanglang buana di jagat industri game Indonesia / global. Tetapi belum mencapai scope Global seperti visi misi mereka pada awalnya. Yang sedikit membuat sedih penulis adalah, mulai banyak yg menafsirkan success story beberapa studio baik indie ataupun startup itu sebagai harga mati jalan yg harus ditempuh untuk mewujudkan mimpi mereka. Beberapa rekan berlomba membuat ide, konsep & startup lokal game & melakukan pitching untuk mencari investor / pendanaan untuk membantu proyek mereka terwujud, meskipun minimum viable produknya belum keliatan.

    Lanjut ke halaman 2… var td_screen_width = document.body.clientWidth; if ( td_screen_width >= 1200 ) { /* large monitors */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 1019 && td_screen_width < 1200 ) { /* landscape tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width >= 768 && td_screen_width < 1019 ) { /* portrait tablets */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); } if ( td_screen_width < 768 ) { /* Phones */ document.write(''); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); }

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Bicara Game Developer, Bicara Tentang SURVIVE! diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Bicara Game Developer, Bicara Tentang SURVIVE!.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page