Bigalia berhasil menjuarai Tech in Asia Tour Jakarta 2015

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 15, 2015.

Discuss Bigalia berhasil menjuarai Tech in Asia Tour Jakarta 2015 in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,760
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Tech in Asia Tour kembali ke Jakarta, tempat pertama dari 10 kota yg menjadi rangkaian dari Tech in Asia Tour: Road to Jakarta 2015. Seperti biasa, kami telah memilih lima startup secara khusus untuk mengikuti kompetisi pitching memperebutkan booth gratis dalam konferensi terakhir kami tahun ini, Tech in Asia Jakarta 2015.

    Lima startup yg telah kami pilih tersebut melakukan presentasi langsung di hadapan tiga juri, yaitu Takeshi Ebihara dari Rebright Partner, Luke Rouse dari Sovereigns Capital, & Vivek Ladsariya dari Fenox Venture Capital.

    Sebelum kompetisi pitching dimulai, ketiga VC tersebut membagikan pengetahuan mereka mengenai bagaimana cara mengembangkan strategi memasuki sebuah pasar & tren startup pada tahun 2015 kepada sekitar 120 pengunjung yg hadir malam ini.

    Beberapa poin penting yg mereka bagikan sebelum memamasuki pasar baru adalah memahami pasar & memiliki alasan yg kuat untuk melakukan ekspansi. Luke juga menegaskan bagi startup yg ingin memasuki sebuah pasar baru setidaknya telah memiliki tim yg kuat & paham akan pasar yg dituju.

    Setelah Jakarta, kota lain di Indonesia yg akan kami kunjungi adalah Bandung pada tanggal 17 September, Surabaya pada tanggal 29 September, & Yogyakarta pada tanggal 6 Oktober 2015. Ingin tahu lebih jelas siapa saja startup yg melakukan pitching malam ini? Silakan baca ulasan berikut ini.
    Labconx
    [​IMG]

    Labconx merupakan sebuah platform yg memungkinkan pengguna melakukan pemeriksaan kesehatan seperti gula darah, tulang, & kesehatan lain secara online. Setelah melakukan pemeriksaan, pengguna bisa melihat hasil pemeriksanaan tersebut dari beberapa laboratorium. Startup ini telah bekerja sama dengan sejumlah laboratorium & rumah sakit agar pemeriksaan menjadi lebih mudah, hasil valid, & memberi diskon sebesar 20 persen kepada pengguna.

    Ada tiga model yg disediakan oleh Labconx. Pertama, dari setiap transaksi yg dilakukan oleh pengguna & juga komisi diskon yg diberikan oleh lab & rumah sakit. Kedua adalah dari iklan yg dipasang dalam situs. Dan ketiga berasal dari riset & analisis yg ditawarkan oleh Labconx.
    Spacehype
    [​IMG]

    Spacehype merupakan sebuah marketplace khusus mencari tempat kosong untuk keperluan acara, meeting, / bahkan pertunjukan seni. Melalui platform ini para pemilik tempat bisa melakukan listing tempat mereka. Marketplace ini juga menyediakan sistem pembayaran online sehingga pengguna bisa melakukan pemesanan tempat langsung dari Spacehype.

    Indra Kusuma selaku Founder mengungkapkan bahwa ia menargetkan dua target pasar. Pertama adalah B2B, yg menghubungkan perusahaan-perusahaan besar yg ingin mencari tempat untuk mengadakan sebuah acara. Kedua adalah B2C, yaitu bagi perorangan / kelompok yg ingin mencari tempat untuk berkumpul / bekerja.
    Komisian
    [​IMG]

    Komisian memiliki slogan Nyari duit, tanpa duit. Startup ini ingin memecahkan masalah produsen & vendor yg ingin menjual produk mereka dengan menyediakan sebuah sistem yg memungkinkan siapa saja untuk membantu menjual produk-produk yg disediakan oleh Komisian. Nantinya pihak Komisian akan memberikan komisi kepada pengguna dari setiap produk yg berhasil mereka jual.

    Startup ini juga menyediakan sebuah platform untuk membantu pengguna menjual produk-produk yg telah disediakan Komisian. Para member bahkan menjual produk-produk tersebut ke aplikasi chatting, media sosial, hingga situs e-commerce seperti Tokopedia & BukaLapak. Saat ini Komisian mengklaim telah memiliki hampir 1.000 pengguna terdaftar & berhasil menjual 66 produk dalam waktu 14 hari.
    Bigalia
    [​IMG]

    Bigalia merupakan sebuah marketplace untuk sewa menyewa alat-alat berat seperti excavator, dump trucks, / bahkan traktor pertanian. Ada lima sektor yg menjadi target pasar dari Bigalia, yaitu mining, farm, construction, rental, & forestry. Indra Rukasyah selaku Co-Founder menjelaskan bahwa nantinya alat-alat berat yg disewakan tersebut akan terlindungi dengan asuransi. Ia juga mengklaim bahwa Bigalia telah bekerja sama dengan salah satu vendor alat berat terbesar di Indonesia untuk menyediakan produk-produk industri.
    Chatkoo
    [​IMG]

    Chatkoo merupakan sebuah robot yg akan membalas pesan otomatis sehingga dapat membantu para pemilik bisnis membalas pesan konsumen mereka, seperti menerima pesanan / bahkan membuat jadwal untuk meeting.

    Startup ini bekerja dengan cara terintegrasi dengan sejumlah aplikasi chatting seperti BBM, WeChat, WhatsApp, / Telegram. Kemudian menerima setiap pesan dari aplikasi chatting tersebut & secara otomatis juga membalas ke aplikasi-aplikasi tersebut.

    Rizky Aditya selaku Co-Founder menjelaskan model bisnis yg diterapkan Chatkoo bersifat transaksional. Misalnya pengguna bisa membeli paket A seharga Rp35.000 dengan kapasitas pengiriman hingga 1.000 pesan. Dan apabila ingin mengirim lebih banyak pesan, pengguna harus membeli paket tambahan.
    Dan pemenangnya adalah
    Setiap startup yg melakukan pitching malam ini mendapat satu masukan yg sama yaitu, mereka semua tidak mengejar target yg lebih besar. Para juri juga memberi nasihat agar startup tersebut bisa menjelaskan model bisnis yg mereka terapkan & setidaknya memiliki traksi yg cukup menarik. Selain itu hal yg tidak kalah penting adalah menjelaskan anggota-anggota dari startup tersebut.

    Setelah menunggu sekitar 5 menit. Tiga juri tersebut akhirnya memutuskan memilih Bigalia sebagai juara dari Tech in Asia Tour: Road to Jakarta malam ini. Seperti yg telah dijelaskan sebelumnya, Bigalia akan mendapat tiket pesawat gratis apabila berasal dari luar Jakarta booth gratis di konferensi Tech in Asia Jakarta 2015. Bagi kamu yg tertarik untuk mengikuti konferensi tersebut, bisa mengunjungi laman ini untuk membeli tiket.

    Kami mengucapkan terima kasih kepada sponsor & partner yg telah mendukung terseleanggaranya acara ini:

    [​IMG]

    Baidu merupakan penyedia mesin pencari bahasa China. Sebagai perusahaan teknologi, Baidu ingin menyediakan cara terbaik bagi orang-orang untuk menemukan apa yg mereka cari. Baidu juga telah melakukan ekspansi ke Indonesia, dengan membuka kantor resmi mereka di Jakarta pada tahun 2013. Setelah itu, sejumlah produk mobile & PC dari Baidu juga tersedia di pasar lokal, & telah mendapat jutaan basis pengguna.

    Beberapa produk dari Baidu adalah toko aplikasi Mobomarket, DU Battery Saver, DU Speed Booster, & Browser Baidu. Produk & jasa dari Baidu telah digunakan oleh sekitar 10 juta pengguna di Indonesia.

    [​IMG]

    (Diedit oleh Lina Noviandari)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page