Blu-Jek layanan transportasi ojek baru di Jakarta

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 17, 2015.

Discuss Blu-Jek layanan transportasi ojek baru di Jakarta in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kepopuleran startup transportasi Go-Jek & GrabBike yg semakin meningkat memunculkan sejumlah nama baru di ranah ini. Salah satunya adalah Blu-Jek, yg dapat digunakan mulai esok (18/9) oleh masyarakat.

    Nama Blu-Jek sendiri telah ramai dibicarakan oleh warga ibu kota sejak beberapa waktu lalu. Karena namanya, banyak yg mengira layanan ini berhubungan dengan vendor layanan taksi Blue Bird. Ternyata anggapan tersebut dibantah oleh Co-Founder Blu-Jek, Garrett Kartono pada saat peluncuran aplikasi di Jakarta hari ini (17/9).

    Blu bermakna blusukan & juga menjadi warna identitas pengendara, yakni biru, ucapnya. Garrett mengatakan bahwa blusukan berarti bahwa timnya memang benar-benar melakukan sosialisasi keuntungan bagi para ojek konvensional agar bergabung dengan Blu-Jek.

    Garrett mengajak seorang kawan lama untuk mendirikan bisnis ini, yakni Michael Manuhutu. Ia juga menambahkan bahwa persiapan bisnis sudah dilakukan sejak setahun lalu, namun perlu waktu lama untuk benar-benar mematangkan konsep agar dapat bersaing di pasaran.
    Klaim jamin keamanan data pengguna
    Meski telah diperkenalkan sejak hari ini, Garrett mengaku bahwa layanan ini akan benar-benar dikukuhkan di November mendatang. Alasannya adalah agar masyarakat dapat mengenal layanan Blu-Jek terlebih dahulu. Meski demikian, pengguna sudah dapat menggunakan aplikasinya.

    Layaknya Go-Jek, startup ini memiliki empat layanan utama, yakni Blu-Ride untuk layanan transportasi dengan motor, Blu-Pick untuk jasa pengantaran dokumen, Blu-Shop untuk layanan belanja dengan nilai maksimal belanja Rp1 juta, & Blu-Food untuk layanan pemesanan makanan.

    Hingga saat ini, Blu-Jek telah memiliki 1.000 pengendara & sedang menyeleksi tambahan 1.000 pengendara lainnya. Uniknya, dari angka tersebut, 100 pengendara adalah wanita muda & ibu-ibu.

    Berdasarkan obrolan yg saya lakukan dengan pengendara wanita Blu-Jek, nantinya Blu-Jek akan menarik komisi 20 persen dari transaksi. Bagaimanapun, Blu-Jek akan memberi tambahan bonus Rp50.000 bagi pengendara setiap kali mereka berhasil mengangkut lima penumpang. Sedangkan untuk tarif, selama masa promosi, minimum pemesanan untuk Blu-Ride adalah Rp20.000 dalam radius 6 km, selebihnya akan dikenakan biaya Rp4.000 per km.

    Pengguna diberi dua pilihan dalam melakukan pembayaran, yakni dengan uang tunai & Mandiri E-cash. Selain itu, Garrett mengklaim bahwa data pengguna tidak akan terekam oleh pengendara, sehingga kasus penyalahgunaan identitas diklaim tidak akan menjadi masalah. Ia menambahkan bahwa baik pengguna & pengendara telah diberikan asuransi yg bekerja sama dengan ABDA Insurance. Untuk pengendara, Blu-Jek memberikan asuransi senilai Rp20 juta & pengguna sebesar Rp5 juta.
    Hadapi tantangan besar
    [​IMG]

    Meski telah menawarkan konsep yg menjanjikan, Garrett menyebut bahwa usaha ini mengandalkan modal secara bootstrap & belum didukung investor. Ia tidak menyebut angka pasti modal yg dibutuhkan untuk mengoperasikan Blu-Jek.

    Ya, mungkin kamu berpikir bahwa layanan ini hanya menjadi pengekor dari Go-Jek & GrabBike yg telah merajai jalanan ibu kota. Menanggapi besarnya kekuatan dari pesaingnya, Garrett optimis bahwa masih ada celah dengan banyaknya peluang pasar.

    Berdasarkan riset yg dilakukan tim, jumlah masyarakat yg menggunakan transportasi mencapai 17 juta orang di pagi hari & sekitar 12 juta orang membutuhkan transportasi di sore hingga malam hari. Angka tersebut belum dapat semuanya diakomodasi oleh Go-Jek & GrabBike, masih ada celah yg besar bagi Blu-Jek untuk mengisinya.

    Blu-Jek sebagai pendatang baru nampaknya akan menempuh tantangan berat di pasaran. Mengingat GrabBike & Go-Jek telah memiliki sejarah besar dalam pendanaan & tentunya kepopuleran. Menurut saya, satu poin yg harus dilakukan Blu-Jek untuk dapat memikat pasar adalah memberikan promo yg lebih menarik, serta memberikan pelayanan yg lebih baik.

    Baca juga: Duel Roda Dua: GrabBike vs GoJek (INFOGRAFIS)

    Kehadiran Blu-Jek tentunya menambah panjang daftar startup layanan transportasi di dalam negeri. Sebagai pengguna, kita tentunya akan diuntungkan bila layanan tersebut bersaing untuk menawarkan harga yg terjangkau & pelayanan yg lebih baik. Bagaimana menurut kamu, pilih Go-Jek, GrabBike, / Blu-Jek?

    Layanan Blu-Jek ini bisa dinikmati melalui:
    App Info Download [​IMG] [​IMG][​IMG][​IMG][​IMG][​IMG] Blu-Jek Teravin Technovations - Sep 16, 2015 Genre: Transport Size: 4.6M Installs: N/A Gratis Download [​IMG]
    (Diedit oleh Lina Noviandari)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page