Budi Rahardjo: Internet Harus Ditertibkan Tetapi Tidak Mengekang

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Oct 27, 2014.

Discuss Budi Rahardjo: Internet Harus Ditertibkan Tetapi Tidak Mengekang in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Budi Rahardjo: Internet Harus Ditertibkan Tetapi Tidak Mengekang

    Kabinet yg telah dibentuk oleh pemerintahan Jokowi-JK saat ini dipenuhi oleh banyak ekspektasi & harapan. Hampir semua pihak menaruh banyak harapan pada kabinet baru ini. Tak terkecuali pula Budi Rahardjo, seorang praktisi TI & keamanan informasi di Indonesia. Selaku pelaku TI di Indonesia, Budi menaruh harapan besar pada pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi & Informatika (Kominfo). Budi sangat berharap bahwa internet Indonesia saat ini bias lebih cepat & lebih maju daripada Negara lain khususnya di ASEAN. Di ASEAN, internet kita kalah cepat dibandingkan negara Vietnam. Mirisnya, negara Laos pun mengungguli kita, ujar Budi. Ketika ditanya tentang susunan kabinet Indonesia saat ini, Budi secara personal mengatakan bahwa kabinet saat ini cukup bagus. Persoalannya adalah tinggal bagaimana kita melihat program kerja kabinet ke depan, tandas Budi.

    Budi sangat berharap bahwa pemerintahan Jokowi-JK bisa memperhatikan internet Indonesia lebih baik lagi. Internet itu harus ditertibkan karena bila dibiarkan akan menjadi liar, ujar Budi. Ia pun melanjutkan, Internet harus ditertibkan tetapi tidak mengekang. Alasan ini tidak terlepas dari filosofi Budi yg menganut paham internet konservatif. Internet dalam anggapan Budi haruslah bersifat publik, menganut consensus bersama & ketiga adalah peraturan haruslah menertibkan bukan mengekang. Dalam pan&gannya, Budi mengutarakan bahwa regulasi yg diatur oleh pemerintahan sebelumnya masih banyak yg harus dibenahi. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintahan Jokowi-JK sekarang. Regulasi pada pemerintahan sebelumnya banyak yg kurang bagus. Bahkan secara teknis pun sangat dipertanyakan, papar Budi.

    Inginnya pemerintahan sekarang memiliki regulasi yg mengatur tetapi tidak mengekang, sambung Budi. Mengapa internet harus ditata? Saya dulu pekerjaannya menata internet domain. Bila tidak ditata, biasanya internet akan semakin liar, papar Budi. Ia menambahkan pula bahwa walaupun ditata tetapi regulasi tentang internet itu tidak boleh dipaksakan. Contohnya adalah isu tentang domain .id. Karena harus menggunakan domain .id, maka seluruh pembayaran elektronik harus menggunakan .id juga, kata Budi. Jika alasannya ada situs .id yg bermasalah bisa langsung diblokir, maka hal itu bukan alasan yg tepat, papar Budi. Bahkan ia pun menambahkan bahwa secara teknis hal itu bukan alasan yg tepat. Regulasi yg mengatur tetapi tidak mengekang dalam anggapan Budi adalah regulasi yg make sense & bisa diterima oleh banyak pihak. Regulasi yg make sense inilah yg patut mendapatkan perhatian dari pemerintahan Jokowi-JK sekarang ini.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenBudi Rahardjo: Internet Harus Ditertibkan Tetapi Tidak Mengekang diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page