Liga Indonesia CATATAN: Cita Rasa Makassar Di Semen Padang

Discussion in 'Bola' started by Bola, Nov 19, 2015.

Discuss CATATAN: Cita Rasa Makassar Di Semen Padang in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    42,662
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Pertandingan antara Semen Padang kontra PSM Makassar adalah salah satu laga klasik dalam persepakbolaan Indonesia. Laga keras dan sengit, kerap tersaji dalam setiap pertemuan mereka. Namun demikian dua klub ini punya hubungan emosional dan historis yang sangat manis.

    Hubungan emosional antara dua tim, banyak dijembatani oleh kiprah anak-anak Makassar yang bermain di Semen Padang sejak tahun 1990-an. Bahkan secara tim, PSM adalah salah satu tim yang sangat dihormati oleh publik Padang.

    Faktor Juku Eja sebagai salah satu tim besar dan disegani di Indonesia, dengan catatan historis yang panjang, adalah hal yang tak bisa dipungkiri. Itu sebabnya jika bermain di Padang, PSM selalu disambut hangat publik.

    Pun PSM juga membalas sambutan publik Padang dengan aksi simpatik mereka setiap berlaga di Padang. Melemparkan jersey merah mereka ke penonton adalah ritual khas yang selalu dilakukan pemain PSM jika bertanding di Stadion H. Agus Salim.

    Ditambah banyaknya pemain-pemain asal Makassar atau Sulawesi Selatan yang meniti karier di Semen Padang, juga menjadi perekat kuat hubungan Semen Padang dan PSM Makassar.

    Mirip dengan pemain asal Papua, barisan pemain-pemain asal Makassar di Semen Padang juga sangat dihormati, bahkan menjadi idola. Sebut saja, Masykur Rauf, menjadi kapten Semen Padang bertahun-tahun di era 1990-an, sampai menutup karier di Kabau Sirah pada Liga Indonesia 2002.

    Kemudian Asri Akbar, gelandang pemilik canon ball yang sekarang hilir mudik di sejumlah klub besar Indonesia seperti Persiba Balikpapan, Persib Bandung dan Sriwijaya FC, juga merintis kariernya di Semen Padang pada 2006-2007.

    Asri dalam beberapa tahun terakhir selalu menjadi target Semen Padang untuk dibawa pulang ke Padang, tapi upaya itu selalu terbentur. Tak boleh dilupakan, Samsidar harus disebut. Kiper yang satu ini mendapatkan second wind kariernya setelah dua musim di Semen Padang (2010-2012).

    Selain itu, Abdul Rahman, bek tengah jangkung yang kini bermain di Persib Bandung, juga pernah semusim jadi idola publik Padang, sebelum hengkang ke Sriwijaya FC. Bahkan pemain yang satu ini sempat dijuluki "Robocop" oleh suporter Semen Padang karena kegigihan dan tak kenal lelah di lapangan.

    [​IMG]

    Abdul Rahman salah satu pemain dari Sulawesi Selatan yang pernah menjadi idola publik Padang.​

    Saat ini, rasa Makassar masih terasa di Semen Padang, yang terwakili oleh Satrio Syam. Bek kiri berpengalaman yang sudah malang melintang di berbagai klub Indonesia ini bergabung dengan Semen Padang untuk Piala Jenderal Sudirman.

    Jumat (20/11), kedua tim akan berhadapan pada pertandingan grup B PJS di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Dipastikan laga ini akan berlangsung sengit seperti biasanya, tapi tetap dalam batas-batas yang wajar.


    Memang dalam beberapa tahun terakhir laga kedua tim, khususnya jika berlangsung di Makassar, selalu ada insiden namun itu dipicu oleh ketidakpuasan penonton atas kepemimpinan wasit yang kurang tepat. Padahal antarpemain dan permainan itu sendiri berlangsung dalam sportivitas yang terjaga di lapangan.(gk-33)

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, CATATAN: Cita Rasa Makassar Di Semen Padang
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page