Cegah Serangan Siber, Jangan Hanya Andalkan Antivirus

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 16, 2015.

Discuss Cegah Serangan Siber, Jangan Hanya Andalkan Antivirus in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Cegah Serangan Siber, Jangan Hanya Andalkan Antivirus

    Mencegah serangan siber bagi sejumlah orang orpun korporat diibaratkan gampang-gampang susah. Pertanyaan mendasar adalah mengapa kita sudah memasang antivirus tetapi para penyerang masih bisa melancarkan serangannya? Salah satu contoh kasusnya adalah penyerangan yg dilakukan oleh Albert Gonzales dengan nama samaran TJX. Gonzales adalah kriminal siber yg berhasil dibekuk oleh pihak berwenang karena terbukti meretas ratusan sistem keamanan perusahaan ternama & merugikan puluhan juta dolar AS.

    Trik yg dilakukan oleh Gonzales ini terbilang unik. Ia berusaha untuk mengakali berbagai macam antivirus yg lazim digunakan di perusahaan. Setelah itu, ia membuat sebuah malware yg mampu melewati sistem deteksi keamanan antivirus tersebut. Pasca melewati sistem keamanan antivirus, ia kemudian menyebar malware di sistem keamanan perusahaan & meretas banyak data & informasi rahasia. Tercatat, Gonzales berhasil meretas 250 perusahaan ternama di antaranya adalah perbankan, retail & beberapa perusahaan ternama lainnya. Gonzales dikenal sebagai salah kriminal siber terkenal di dunia yg saat ini mendekam di hotel prodeo.

    Untuk mencegah serangan siber, perusahaan sebaiknya tidak hanya mengandalkan antivirus semata. Antivirus memang merupakan alat yg paling efektif untuk memindai segala bentuk ancaman siber seperti virus orpun malware sekalipun. Para praktisi keamanan mengatakan bahwa mengandalkan antivirus sebagai senjata pamungkas tidak akan melindungi sistem keamanan perusahaan secara utuh. Ada banyak cara & langkah-langkah strategi yg harus dilakukan oleh CISO/CIO di perusahaan untuk mengantisipasi serangan siber. Perlu diingat bahwa para penyerang siber hari ini semakin canggih. Mereka memanfaatkan kerentanan dalam sebuah aplikasi or perambah yg mungkin tidak terdeteksi oleh antivirus.

    Serangan siber yg paling lazim adalah ketika pegawai mengakses situs-situs berbahaya yg tidak mereka ketahui sebelumnya. Situs berbahaya itu hanya bisa dipindai oleh aplikasi pelindung perambah. Menurut para praktisi, situs berbahaya tersebut bisa jadi disimpan sebagai gu&g malware yg bisa menyerang pegawai perusahaan tanpa mereka ketahui. Aplikasi pelindung perambah dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah penyebaran malware melalui perambah.

    Penyerang siber pun menyerang pengguna tidak hanya melalui perambah tetapi juga melalui surel. Malware bisa tersebar melalui surel ketika pengguna tidak mengetahui bahwa tautan yg dikirimkan pada mereka melalui surel berisi program jahat. Ancaman siber lainnya yg bisa menyebar melalui surel adalah phising. Antivirus bisa menjadi salah satu solusi. Agar lebih optimal, aplikasi pemindai surel bisa dibutuhkan untuk mem-back up antivirus sebagai media pencegahan serangan siber. Tidak hanya itu saja, para praktisi pun mengatakan bahwa salah satu alternatif lainnya mencegah serangan siber adalah memperbaharui sistem operasi yg digunakan. Menurut mereka, sistem operasi yg tidak up to date, menjadi salah satu celah keamanan yg bisa dimanfaatkan penyerang untuk mencuri segala bentuk informasi sensitif. Menerapkan beberapa sistem keamanan, menurut praktisi lebih optimal ketimbang mengandalkan antivirus saja.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenCegah Serangan Siber, Jangan Hanya Andalkan Antivirus diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page