Curhatan Mantan Seorang Gm Game Online Indonesia

Discussion in 'Arsip Lama' started by dono, Sep 12, 2010.

Discuss Curhatan Mantan Seorang Gm Game Online Indonesia in the Arsip Lama area at Nyit-Nyit.Net

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. dono 3 SMP STAFF N3 Tukang Sapu

    Messages:
    2,407
    Likes Received:
    2,589
    Trophy Points:
    141
    Game:
    Dota 2
    Region:
    Australia
    Dibawah ini pengakuan dari realnya seorang mantan GM dan pola perbaikan game online yang rata-rata publisher Indonesia lakukan. Dibaca untuk diketahui dan menambah info pola pikir dan pola kerja mereka. Tidak ada maksud saya untuk copas disini selain sekedar info belaka. Source dan pemosting dilampirkan paling bawah. Dan ini real bukan hoax. Yuk langsung dibaca aja:

    sorry ikut nimbrung.. ane dulu pernah kerja di salah satu perusahaan publisher game online di indonesia sebagai GM. kalo skrg sih udah ngga lagi, but anyway mau kasih sedikit penjelasan aja :)

    rata2 (ato bahkan mungkin semua) game online yang di indonesia itu di PUBLISH. bukan di DEVELOP. artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi "Standard Operational Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer (biasanya sih di Korea) dan menunggu jawaban dari mereka.

    salah satu tambahan lagi buat mental gamer indonesia, buat ane sendiri yang udah ngerasain dari seorang GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur atau proses yang harus dilakukan.

    ane pun juga udah ngalamin yang namanya "pasrah karena ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena cheat/bug tersebut udah ngga bisa dipake lagi". but guess what, kalo masalah bug, katakanlah duplikat item dan lain sebagainya belum di fix, itu TIDAK SELALU karena GMnya tutup mata.

    ane sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:

    DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER
    ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen

    misalnya kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus makanan itu ada katakanlah kecoa mati. masa kalian lapor ke supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang baru di shipping ke supermarket), bener ngga?

    nah kalo di sistem game online gini, kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita teruskan ke bagian pihak developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu ngga gampang.

    tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox gm?

    "kk ada bug dupli benerin pls"
    "woi tod ada bug benerin dong becus ga si lu jadi gm"

    ya kira2 seperti itulah..

    ngga bisa kalo kita langsung laporin ke pihak developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:

    "The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."

    yang artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu? ibarat gini, kalian makan seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe rumah badan kalian merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga kena alergi lagi kita harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener ngga? Apa itu cumi nya? Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya sebelum kita tau apa penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari problem yang sama :)

    Ngga bisa tuh kita lapor ke developer cuman bilang "Hi, there is a bug which allows player to duplicate item. Please fix this." NO. kita harus menjabarkan caranya SECARA RINCI (entah itu dari tulisan, maupun video fraps atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu terjadi).

    yah, okay, emang itu semua bagian dari jobdesc seorang GM. mempunyai networking yang cukup luas memang penting, soalnya kalo mulai ada laporan bug2 gini, biasa ane pun masuk ke dalam game dan coba ngomong sama beberapa temen deket ane yang udah level tinggi. tapi .. ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum tentu mereka mau ngomong.

    kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja ngga mau kasih tau, bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdec seorang GM, tapi player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa kita harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug itu terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk ke inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus bagi waktu :)

    kalo soal masalah player yang menggunakan cheat, kita juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus ngeliat mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua cheat *gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound, kalo pake aimbot, emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod "CHEATTT!" dan ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"

    sama halnya dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu xtrap, gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita juga harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu berupa third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa *nih bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di game dan mereka akan terima laporan tersebut.

    tapi apa memperoleh program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari jobdec sebanyak itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat, masuk ke forum2 local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan ngerusakin kompi kantor (apalagi kalo xtrap, tiap ke detect cheat langsung otomatis restart kompinya) :D

    --> DAN BALIK LAGI.. update untuk game (perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari game tersebut adalah KE-BI-JAK-AN dari developer game maupun anticheat tersebut. kalo kita udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga bisa apa2. masa kita tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan gaya player "woi tod mana updatenya biji" .. yang ada license kita diputus langsung :D

    sorry, ane bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi cuman mencoba membuka mata para player bahwa jadi GM itu ngga gampang.

    ga jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga bisa/becus, ke laut aja lu!" ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu dibayar untuk jobdesc tersebut, jgn complain dong!"

    biasa sih ane cuman geleng2 kepala aja :D ya, memang diakui kinerja GM untuk game2 yang udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus dimiliki semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR. :D kita dicaci maki, dikritik, dikomentarin, kita ga boleh bales ke mereka :p

    kalo biasa ane curhat ke temen ane pas lagi kesel, biasanya ane bilang,

    "If you can do better, prove it; otherwise shut the hell up."
    --> kalo lu bisa lebih baik, buktiin, kalo ga diem aja jangan banyak cocod :p

    bener ngga? :peace: kalo kalian pikir para GM ga becus ngurusin game, kenapa kalian ga ngelamar jadi GM aja? nanti baru deh kalian tau suka-duka nya menjadi seorang GM :) tapi selama kalian menjadi player2 biasa, ya terimalah dengan lapang dada bahwa this is probably the best you can get (ini mungkin sudah terbaik yang diberikan oleh para GM)

    coba bayangkan kalo semua GM nurutin komentar "ga becus quit aja", mana ada lagi yang ngurus game indo? :D rata2 pada ga ngerasain jadi GM sih :p

    oh iya btw, di perusahaan publisher game online indo, rata2 GM ga bertanggung jawab atas penjualan voucher/penjualan apapun yang bersifat "offline". itu tugas marketing. kita cuman in-game aja kok :D

    huff udah ah. panjang ya? maap kepanjangan :D

    Copas dari: http://www.kaskus.us/showpost.php?p=186578653&postcount=205
    Baca lanjut percakapan mereka di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3637728&page=11
    Posted by: Please sign in/up to view this image/link
     
    7 people like this.

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini
  2. averroes TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    77
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    sakit banget jadi GM keknya,,gaji ga sebarapa,,dimaki2 trus :blink:
     
  3. chipe 5 SD Banned

    Messages:
    611
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    0
    astaga mas ,, baca artikelnya ga kuat panjang bener

    kalo masalah artikel ini saya tau dari jaman RF ,

    its real no hoax :D


    Btw ane pertamax gan ...

    bawah ane :content:
     
  4. symply 4 SD Level 2

    Messages:
    587
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    43
    oh kerja GM menyeluruh ya ternyata
    gw kira cuman in game aja
    kerjanya terhitung amad berat daripada ngurus web :grin;
    nice article om
     
  5. parlente 5 SD Level 2

    Messages:
    667
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    43
    hmm pasti itu mantan GM LYTO bagian RF Online ya...tapi lumayan salut deh sama perjuangan dia...jd ikut merasa prihatin aja...
     
  6. Flaxerianz 3 SD Level 2

    Messages:
    493
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    43
    karna itu saya ga pernah mencaci GM
    udah pernah ngerasain susah nya jadi GM meskipun itu di server RF private :'(
    berat banget sumpah, harus bener2 bijak dan ambil keputusan yang BENAR BENAR FAIR
     
  7. dl4st1 Pra TK Level 1

    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    31
    temen wa juga si gm rf private ... kebetulan indo punya....

    kalo masalah beginian dia terus yang kena oceh ma player...

    kadang dia ngeluh .. but is job...

    dari situ gua tau .... uji mental seorang gm.... :sorry:
     
  8. kndl TK 0 Kecil VIP Kehormatan

    Messages:
    95
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    33
    saya sudah tau kerja gm dari dulu *malu*
    bocah aja yg pada triak *GM bego* wkwkwk
    padahal kerja gm cuman ngurusin masalah internal antara player ama game,trus cek email... masalah bugs,chit,update kan ada IT nya :p
    lagian *file game* tsb berlisensi dan ga bisa di utak atik oleh pihak publisher sesuai perjanjian dengan developer :p

    nasib mu jadi tukang sewa :p
     
    1 person likes this.
  9. mechel 1 SD Level 2

    Messages:
    200
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    43
    @flaxerianz:iy gan stuju kita g blh mencaci maki seorang GM karna GM tugas nya jga berat...
     
  10. albatronas 1 SD Level 2

    Messages:
    211
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    43
    itulah mental gamer2 yang menurutku yang mencaci GM itu adalah anak anak kecil.
    mungkin umur belum dewasa tapi otak masih anak kecil.
    ato dia belum pernah ngerasain gimana hidup dengan rasa tertekan.
    semoga mereka sadar dengan curhatan ini.
     
  11. hyperaby 6 SD Level 2

    Messages:
    909
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Andaikan jeritan hati seorang GM ini dapat kita tunjukan pada masyarakat luas (terutama gamer, tua, muda, maupun yang sudah dikubur) mungkin ga akan ada lagi yang ngeledekin GM kayak gini, yg sabar ya kk gm, walaupun mungkin sedikit banyak saya ledekin juga....
     
  12. UHE Babu Elite VIP Kehormatan

    Messages:
    1,932
    Likes Received:
    261
    Trophy Points:
    108
    Game:
    Tidak Ada
    ini adalah fakta yang bener banget....

    gw ada 3 mantan GM sealinter di FB. (salah satunya Indo dan cewe)..
    samalah seperti itu diatas curhatnya...
     
  13. rhamonez 2 SMP Level 2

    Messages:
    1,646
    Likes Received:
    149
    Trophy Points:
    88
    Like this quote kndl :D

    baru terpikir pihak sini ga boleh ngutak ngatik gitu ya.. makanya harus tunggu update an.. icic
     
  14. ybbot TK 0 Kecil Level 1

    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    33
    Secara garis besar gw setuju ma om GM nya ini.... dan yang perlu digaris bawahi adalah perilaku gamer indonesia yang rata2 percaya ngga percaya emang bacodnya imbalance :grin: malangnya salah satu korbannya kebanyakan GM gim nya wkwkwk....
    tapi mau gimana lagi coba...kalo emang sudah diniati bekerja ya terimalah segala resikonya...selalu sabar dan tawakal cz kerja juga ibadah bukan? kalo jadi beban ya memang sudah sewajarnya seperti itu, bukannya manusia dilahirkan bersama dengan "beban" yang menyertai setiap individu.... semua orang punya masalah..setiap orang punya beban mereka sendiri" ...
    Selayaknya Admin/Moderator sebuah forum..seorang GM mempunyai tanggung jawab yang sangat besar....mulai jadi public relation (menghadapi bacodan wkwkwk)... mengendalikan massa dengan berbagai macam karakter dan genre wkwk...dan sekaligus harus menghadapi pressure dari atasan (kalo admin forum pressurenya dari bagian administrasi dan billing wkwkwk)....
    gw sampe pernah bilang ma temen gw... luw suruh gw deploy seribu forum dalam seminggu gw jabanin...luw suruh gw debug ribuan line script PHP gw jabanin (mbil nyontek buku wkwk) tapi...kalo luw suruh gw manage website...ato malah jadi admin forum...mending gw tunggu sampe gw jadi orang terakhir yang tersisa di dunia ini wakakakakakak berat Om....

    nah pas gw jalan" balik ke thread source curhat GM diatas..gw menemukan sesuatu yang cukup mengganjal dihati gw... soal mental gamer Indonesia ... dan setelah "scan and skim" beberapa halaman kedepan dan kebelakang... ternyata beberapa post (termasuk #1) mengaitkan mental gamer Indonesia dengan perilaku cheater ...
    hal ini cukup disayangkan sekali .. mengingat cheater Indonesia belum sampai taraf seperti itu ... jujur kalau saya amati kita masih sering menyadur ilmu dari MPGH , EPVP, dan beberapa forum lain yang notabene merupakan komunitas cheater luar. Mungkin beberapa orang saja (termasuk beberapa nyit - nyiters) termasuk sebagai aktivis pada forum tersebut. Tapi secara global kita belum sampai pada taraf se"dewa" seperti yang dibahas di thread tetangga.
    Soal kita sampe banned IP segala belum tentu juga karena faktor hacking (coba tengok forum" luar seperti MPGH ma epvp itu... rame banget Om ).
    Mungkin salah satunya lebih ke pertimbangan bisnis, kenapa begitu... sebagai (mantan) babu onlen marketer luar saya jadi tahu kalo ada beberapa region di dunia ini yang masuk dalam kategori tidak mudah ter"convert" ...bahasa kasarnya susah di uangkan dan asia tenggara..termasuk Indonesia termasuk dalam wilayah tersebut (kecuali malaysia dan singapore).
    Server game, lisensi, develop, tentu butuh duit bukan... dan ketika user dari suatu region mencapai titik minimum "convert"nya dan sudah tidak ditemukan titik optimalnya maka sebaiknya ditutup saja aksesnya, mending dialihkan ke bagian lain yang lebih menjanjikan. Saya paham tetap saja ada beberapa gamer Indonesia yang mau menyisihkan sedikit uang saku untuk bermain game P2P, tapi balik lagi ke kalimat sebelumnya..tidak ditemukan titik optimal sebaiknya ditutup saja (ingat..ini hanya salah satu faktor saja..)

    Nah ada satu hal lagi, itu sepertinya ada perbedaan pandangan ato malah salah mengartikan soal "cheater" ... sepanjang sepengetahuan gw dan sepanjang gw jadi cheater...yang namanya cheater itu disebut sebagai cheater sejati kalo dia bisa bener" stealth...undetected...dan bisa masuk kedalam sistem tanpa merusak... (ingat...tanpa merusak)..kemudian mengambil hasil seperlunya saja sesuai kebutuhan...mungkin sebagai bukti saja kepada kaum nya (komunitasnya) kalau dia sudah berhasil masuk tanpa diketahui... karena sebutan cheater adalah sebuah gelar yang tidak bisa ditempelin sendiri...musti ada pengakuan dari kaum nya :D ... Nah kalo mereka yang suka show-off .... belagu... +banyak Bicara ...trus seringnya merusak (karena minim pengetahuan) itu belum pantas banget disebut sebagai cheater :dizzy: Tapi sekali lagi ini bergantung pada pendewasaan masyarakat kita dalam bersikap dan menyikapi segala sesuatu... bukankah diluar sana masih banyak yang ga bisa bedain hacker ma cracker...frauder.... maling ma rampok....

    Asli meski gw cheater...gw nyesek juga kalo ketemu ma cheater yang lebay.... .. masih pada inget tragedi "the-flash" ala PB gak wkwkwk ato lagi enak2 nongkrong di markas eh kena peluru nyasar tembus tembok.... dah gitu masi pula dikata2in ...
    Sekali lagi ini masalah pendewasaan dalam bersikap, untuk hal ini gw salut banget ma nyit-nyit.net yang selalu selangkah lebih maju.
    Coba kita amati...mulai dari daftar aja sudah susah bukan :D hal ini menurut gw sebagai salah satu jalan untuk kontrol populitas disini.... biar mereka2 yang emang niat bergabung aja yang bisa jadi keluarga kita disini... belum lagi soal kontrol release cheat/trainer ... nyit-nyit sangat berhati2 sekali ... tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan perangkat lunak untuk cheating itu.... hal ini dimaksudkan agar kita cukup ilmu dulu baru bisa menggunakan perangkat tersebut...tahu kegunaannya dan tentunya mampu mengendalikannya.... contoh: pisau super tajam di tangan seorang chef mampu memotong buah dengan rapi dan cepat...tapi ketika pisau tersebut diberikan ke gw yang ga bisa masak bukannya motong buah malah jari ini bisa jadi jempol semua kepotong - potong wkwkwkwk....

    nah biar ngga terlalu OOT... gw kasih ini inti dari cerita gw yang panjang lebar kali tinggi ini....
    Jadilah seorang cheater yang baik...dan ingatlah apabila kita bermain sebuah game online..sesungguhnya kita juga ber interaksi dengan individu lain..seperti GM dan player lain... hargai mereka ... tetap cari dan temukan celah dalam permainan tersebut ... tapi gunakan secara bijak dan cerdas... kalau memang belum cukup ilmu sebaiknya jangan dipakai dulu....kuasai dan kendalikan peralatanmu agar kelak dia tidak membunuhmu....

    Dan yang terakhir semoga juga saya bisa menjadi seperti anda :yahoo: soalnya sepanjang sejarah gw gabung di nyit-nyit ini gw masih leeching mulu wakakakakak...
     
  15. Flaxerianz 3 SD Level 2

    Messages:
    493
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    43
    @manabu di posting #14, buset ceritanya menyentuh hati banget.
    jujur sih, yg maen PB belaguers and leechers kebanyakan tidak memiliki yang anda sebut tadi
    ya itu pendewasaan dalam bersikap karna hal tersebut adalah mahal yang tidak dapat terbayarkan oleh sesuatu apapun
     
  16. kirigakure 2 SD Banned

    Messages:
    379
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    53
    salah satu cheater idiot kalo kedapetan IDnya di banned pasti malah maki2 GM (wong dia ngecheat,,yaeyalah di banned..wkwkwk)..byk gw temuin gitu..

    gk di RF gk di PB..di RF barang2 dupenya disita malah maki2 GM --a..temen2 maen PB gw kl kena banned malah ngamuk2 gajebo..ampe ngeflood di forum gemscool lah..

    andaikan "mereka2" bisa lebih dewasa..bisa make cheat sesuai toleransinya..ga akan ada sampe GM yg curhat ampe begini..tragis emang job GM T_T
     
  17. windwalk 4 SD Banned

    Messages:
    536
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    0
    makanyaaaa ga gampang OM jd GM kwokwokokkkowk

    GM cmn sebagai satpam ajah sedangkan yg bertanggu jawab kan si empunya nya aka developer nya ajah kwowkokwowk
     
  18. kodoqtempur Pra TK Level 1

    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    hahaha

    nice....

    temen ane juga ada beberapa orang yang jadi GM dan ane tau kerjaannya ngapain,,,, dari ngurusin ccu sampe ngurusin keluhan bocah,,, kadang suka curhat juga sih,,,

    tapi mau gimana lagi coba, disana udah dijelasin, mrka ada diposisi yg serba salah... hehehe
     
  19. g0dz TK 0 Besar Level 2

    Messages:
    159
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    ane juga mau curhat dikit ah...
    kebetulan saya GM (merangkap Co-Admin) juga di salah satu server RAN Online P.S di Indonesia

    nah...,yg nama nya PS... udah stat dapet banyak..,duit jg dapet banyak...,eq juga dewa (gak kaya Official yg eq nya monoton.. :hilarious: )
    karena stat yg melimpah itu lah kadang2 stat user overflow,nah kalo dah kaya gini... biasa nya GM lah yg kena bawelan..
    yg whisp ngeflood lah,yg teriak2 GM ga becus lah,dll..

    ya sbg GM tahan emosi aja deh..,drpd ujung2 nya berantem gara2 masalah stat doang....,maen game buat fun,bukan cari musuh... :)

    ada kala nya juga masalah patch....,ada user liat patch bagus dari server laen ato ragezone (kalo ga tau ini forum apa google aja... )
    dia teriak2 deh "om GM,bikin patch ini plisss..."

    Gw cuman mao bilang sama kalian tukang minta2 patch ato yg laen2,bikin patch itu gak gampang lg..,kalo kita ambil bahan patch nya dari server lain,kita harus decrypt data yg akan kita patch,dan proses decrypt itu gak gampang,masing2 server punya cara dan kemampuan encrypt yg beda2...

    kadang2 juga ada masalah bug, bug bukan di game tapi di webshop...,bayangin aja,1 user Item bank nya penuh sama kalung2 exp yg harga nya lumayan mahal...,ketika mereka mau rusak ekonomi game,pada teriak lagi,bahkan ada yg whisp, "WOI GM!! GA BISA JADI GM JGN JADI GM LO!!!"

    FYI,mau benerin bug (apa lg web shop) tuh harus dr server,dan gak semua GM di kasi hak buat akses server/remote server

    masih banyak lg curhatan gw pribadi..,tp udah lah..,kalo ada tukang komplen dan baca ini theard cepet2 sadar deh...,jadi GM tuh gak se enak dan semudah yang kalian bayangin...,kita tanggung jawab in-game lah,masalah si A sama si B lah,masalah yg ini lah ,yg itu lah...

    dan gw mao sampein bbrp hal buat yg sering maen di PS dan maki2 GM nya (kebanyakan si RF yg GM nya sering di maki2)

    Kita tuh jadi GM gak di gaji mas..,kerja sukarela,relai2in waktu buat ngurus game,bahkan sampe begadang di rumah ato net...
    jadi,sebelom ngatain/maki2 GM... inget tuh tulisan..,mulut mu harimau mu... :wink:

    dan bagi yg sering2 minta update/patch:

    Ngga dipatch...BERISIK
    Salah patch..NGAMUK
    Ada Cheater.. RIBUT
    Bisa Cheat... DIAM-DIAM
    :dizzy:
     
  20. dono 3 SMP STAFF N3 Tukang Sapu

    Messages:
    2,407
    Likes Received:
    2,589
    Trophy Points:
    141
    Game:
    Dota 2
    Region:
    Australia
    loh kok jadi GM Private Server sih, itu 1st post kisah Game Publisher Official Indonesia, jadi klo nge patch harus ke Korea dulu, kalau Private Server mah, adminnya atau nunggu gratisan patch turun. beda case disini namun kerjaan nya ampir mirip sih.. porsi maki nya cukup beda karena publisher official .. lisensi game bayar, user pay to play atau ada item mall, klo PS rata2 serba free.. tapi kadang ada yg bayar juga untuk biaya development katanya tapi development nunggu patched di forum game develop orang.. :D
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page