Liga Indonesia Daftar Insiden Pengeroyokan Wasit Di Sepakbola Indonesia

Discussion in 'Bola' started by Bola, Aug 9, 2016.

Discuss Daftar Insiden Pengeroyokan Wasit Di Sepakbola Indonesia in the Bola area at Nyit-Nyit.Net

  1. Bola Tebak.Net Journalist

    Messages:
    42,662
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Game:
    Tidak Ada
    Penganiayaan hakim garis pada laga lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 Grup 5, antara PSS Sleman dan Persinga Ngawi, mengundang kekhawatiran dari Save Our Soccer atau yang lebih dikenal dengan #SoS.

    Pada laga tersebut, pemain Persinga memprotes hakim garis karena menilai dua gol dari PSS tak sah. Protes dilancarkan secara berlebihan sehingga melibatkan kontak fisik dengan sang pengadil tepi lapangan.

    "Apapun alasannya, memukul wasit (asisten wasit) adalah perbuatan sangat tak terpuji. Mencederai sportivitas dan fair play dalam sepakbola. Pelakunya layak dihukum berat dan penegak disiplin harus menemukan akar permasalahnnya agar tak lagi terulang di kemudian hari,” kata Akmal Marhali, selaku koordinator dalam rilisnya.

    Tindak kekerasan di sepakbola Indonesia memang kerap terjadi. Kasus yang terjadi pada laga PSS kontra Persinga di Stadion Maguwoharjo, akhir pekan lalu, menambah noda sepakbola tanah air.

    "Ini bukan kejadian pertama di sepakbola Indonesia. Tapi, sudah berulang-ulang terjadi. Hukuman yang tidak tegas selama ini dan terkesan tebang pilih dijadikan yurisprudensi pelaku sepakbola untuk mengulanginya. Ini tak boleh lagi dibiarkan,” tukas Akmal.

    #SoS pun merilis daftar tindakan tidak terpuji terhadap perangkat pertandingan yang dirangkum sejak 2003. Mereka berharap, ada penanganan serius terhadap peristiwa serupa dan ada upaya dari pihak terkait seperti federasi dan operator untuk mencegah hal tersebut terulang.

    Berikut daftar insiden kekerasan terhadap wasit di sepakbola Indonesia

    2003

    1. Pemukulan wasit oleh pemain nasional pada laga antara Persijatim vs PSPS Pekanbaru di Stadion Manahan Solo, Kamis 6 Februari 2003. Eks Kiper nasional Hendro Kartiko, Bedjo Sugiantoro dan Aples Tecuari terlibat dalam pemukulan wasit Subandi. Insiden terjadi akibat para pemain PSPS kecewa terhadap wasit Subandi yang dianggap memihak tuan rumah yang menang 1-0. Pelaku dihukum 1 tahun dan denda Rp 10 juta.

    2004

    2. Wasit Jimmy Napitupulu jadi korban pemukulan saat jeda pertandingan Persebaya Surabaya melawan Persib Bandung di Stadion 10 November Tambaksari, 29 April 2004. Akibatnya, wasit asal Jakarta itu tak bersedia memimpin pertandingan di babak kedua yang berakhir 1-0 untuk Persebaya. Aksi pemukulan dilakukan oknum upporter ketika Jimmy bersama hakim garis Budiarto, dan Fahrizal M Kahar, serta wasit cadangan Tavip Dwi Handaya berjalan menuju ruang ganti.

    2008

    3. Pengeroyokan wasit dilakukan semua pemain PSIR Rembang saat dijamu Persibom Bolaang Mongondow, 12 November 2008 di Stadion Gelora Ambang, Bolaang Mongondow. Wasit Muzair Usman dan asisten wasit Jusman R, menjadi korban kebrutalan para pemain PSIR. Muzair dikeroyok dan dihujani bogem mentah, seusai memberikan hadiah penalti buat tuan rumah. Tadis Suryanto, Yongki Rantung, dan Stevie Kusoi dan Stanley Mamuaya dihukum seumur hidup. Stanley Katuk, Geri Mandagi, dan M Orah diskors dua tahun. PSIR juga dijatuhi hukuman tak boleh mengikuti kompetisi nasional selama dua tahun, sejak 18 November 2008.
    4. Sabtu, 13 September 2008 pada laga Arema Malang vs PKT Bontang terjadi aksi penyerangan wasit oleh Kiper Timnas U-21 Kurnia Meiga. Aksi Meiga menjadi provokasi terhadap masuknya pendukung tuan rumah ke lapangan. Komisi Disiplin PSSI memberikan hukuman skorsing setahun plus denda Rp 50 juta kepada Kurnia Meiga. Tapi, PSSI merevisi hukuman menjadi lima bulan dan denda Rp30 juta.
    5. Kasus pemukulan terhadap wasit yang memimpin pertandingan sepak bola PON XVII Kaltim antara Papua Barat vs DKI Jakarta, Kamis 10 Juli 2008 di Stadion Sempaja Samarinda.
    6. Kamis 9 Oktober 2008, Manajer PSIS, Yoyok Sukawi, memukul wasit pada laga melawan PSMS Medan di Stadion Jatidiri Semarang. Pada 26 Oktober 2008 di tempat yang sama melawan PSM Makassar, Yoyok mengulanginya dengan memukul wasit Yandri asal DKI Jakarta. Kali ini Yoyok tak sendiri, seorang ofisial PSM Makassar juga berusaha memukul Yandri seusai pertandingan berakhir 1-0 untuk PSIS. Uniknya, wasit Yandri malah membalas melayangkan pukulan ke arah ofisial tersebut. Ofisial itu terkapar di lapangan dengan darah segar keluar dari mulut.

    Manajer PSIS – Yoyok Sukawi berusaha memukul wasit saat laga PSIS vs PKT Bontang.

    2009

    7. Pada laga Persiba Balikpapan vs Persitara Jakarta Utara di Stadion Persiba Balikpapan, Sabtu 5 Desember 2009, yang berakhir dengan kemenangan Persitara 2-1, wasit asal Cianjur Jajat Sudrajat menjadi korban pemukulan seusai pertandingan selesai. Akibat kejadian itu bagian mata wasit asal Cianjur itu membiru dan lebam.

    2010

    8. Asisten Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, dihukum larangan memasuki ruang ganti, area sekitar lapangan dan duduk di bangku cadangan pemain sebanyak dua pertandingan. Karena melempar wasit dengan kemasan air mineral saat Persija Jakarta vs Persib Bandung, 25 Maret 2010.
    9. Mahyadi Panggabean, Pemain Persik Kediri dihukum denda Rp10 juta karena tingkah laku buruk memegang kepala wasit saat melawan Persitara Jakarta Utara, 11 April 2010.
    10. Panpel Persires Rengat dihukum denda Rp15 juta karena anggota panpel Persires Rengat, Ando, menampar wasit cadangan, membalikkan meja, dan membanting papan pergantian saat laga Divisi Utama menjamu Persipasi Bekasi, 23 Februari 2010.
    11. Panpel Persires Rengat dihukum denda Rp20 juta karena anggota panpel Persires Rengat, Ando, memukul wasit cadangan saat laga Divisi Utama menjamu Persita Tangerang, 18 Maret 2010.
    12. Panpel PSSB Bireuen dihukum denda Rp20 juta karena penonton PSSB Bireuen terbukti bertingkah laku buruk: melakukan pemukulan terhadap wasit setelah pertandingan usai saat menjamu Semen Padang, 22 Maret 2010.
    13. Panpel PPSM Sakti Magelang dihukum denda Rp20 juta karena penonton PPSM terbukti bertingkah laku buruk: melakukan pemukulan perut asisten wasit setelah pertandingan usai saat menjamu PSIS Semarang, 22 Maret 2010.
    14. Panpel Persigo Gorontalo dihukum larangan melakukan kegiatan sepak bola yang di selenggarakan PSSI di kota Gorontalo pada musim 2010/2011 minimal 100 km dari Stadion Merdeka dan denda Rp25 juta karena penonton, ofisial, dan panpel terbukti bertingkah laku buruk: melakukan intimidasi, pemukulan terhadap perangkat pertandingan, dan tim tamu ketika menjamu Perseman Manokwari, 10 Maret 2010.
    15. Marcio Souza, Pemain Semen Padang, dihukum skorsing atau tidak boleh bermain di Indonesia selama satu tahun dan denda Rp55 juta karena melakukan tindakan penghinaan dan penganiayaan terhadap Asisten Wasit II saat Copa Indonesia melawan Sriwijaya FC, 16 April 2010.

    2011

    16. Aksi pemukulan terhadap wasit dalam laga Bogor Raya vs Semarang United, Minggu 23 Januari 2011 yang berlangsung di Stadion Pemda Kab. Bogor, Cibinong. Pemukulan terjadi setelah pemain asing Simon Kujiro tidak menerima sanksi kartu merah yang diberikan wasit Rusdiansyah.

    Anarkis – Simon Kujiro, memukul wasit Rusdiansyah.

    2012

    17. Pemukulan wasit pada futsal putri. Rabu 23 Juni 2012, di Kendari pada pertandingan memperebutkan Piala Gubernur Sultra wasit futsal putri asal Sulawesi Tenggara Syamkarya Nugraha (34) dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara karena dipukul saat memimpin pertandingan futsal.
    18. Insiden pemukulan wasit terjadi dalam pertandingan Grandfinal Liga Aceh Seri 2011 Primer antara Bireuen United dengan Pidie Jaya FC di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu 1 Januari 2012. Wasit, hakim garis, dan Pengawas Pertandingan (PP) menjadi sasaran kekecewaan pemain dan ofisial Pidie Jaya.
    19. Wasit asal Medan, Ferianto, menjadi biang kerusuhan di laga pembuka divisi I Liga Indonesia antara PS Pidie Jaya melawan PSAB Aceh Besar, di Stadion H Dimurthala Lampineung, Banda Aceh. Insiden bermula dari keputusan Wasit Ferianto pada menit 88.

    2013

    20. Pertandingan Divisi Utama antara Persiku Kudus melawan Persitara Jakarta Utara di Stadion Wergu Wetan, Kudus, Jumat 22 Februari 2013, yang berakhir dengan skor 1-1 diwarnai aksi pemukulan terhadap wasit serta asisten wasit. Asisten wasit Iwan Ridwan mendapatkan pukulan dari sejumlah pihak yang merupakan pendukung tim tuan rumah. Wasit pertandingan Kuspriyanto asal Bogor, juga tak luput dari sasaran kemarahan para suporter maupun ofisial tim tuan rumah yang melancarkan pukulan ke arahnya.
    21. Wasit yang memimpin pertandingan divisi utama antara Persikabo Kabupaten Bogor melawan Persikad Depok, 24 April 2013 dikeroyok pemain dan ofisial Persikabo hingga babak belur. Wasit Jujuk Suharto dan asisten wasit Sumanda menjadi bulan-bulanan para pemain dan ofisial Persikabo.

    Dikeroyok – Wasit Persikabo vs Persikad dikeroyok.

    22. Minggu, 21 April 2013, laga ISL antara PBR vs Persiwa yang berlangsung di Stadion Siliwangi Bandung terjadi insiden pemukulan oleh kapten Persiwa, Pieter Rumaropen terhadap Wasit Muhaimin. Pieter Rumaropen pun diganjar larangan bermain sepakbola di pentas nasional seumur hidupnya.

    Mencekik - Pieter Rumaropen mencekik wasit Muhaimin.

    23. Wasit Jusman R yang memimpin pertandingan lanjutan 12 besar Divisi Utama Liga Indonesia antara Persebaya Surabaya melawan PSBS Biak dikeroyok penonton saat laga yang berlangsung di Stadion Cenderawasih, Papua, Senin, 19 Agustus 2013.

    24. Pemain Perseman Manokwari memukul wasit Hidayat saat kalah 0-1 dari Persiba Bantul di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, 8 Juli 2013.

    Dikeroyok – Wasit Hidayat dikeroyok pemain Perseman.

    2014

    25. Dua tendangan penalti dan pengeroyokan terhadap wasit warnai kemenangan 3-1 tuan rumah PSIM Yogyakarta melawan Madiun Putra, 11 Juni 2014, di Stadion Mandala Krida. Wasit Ahmad Tuharea langsung dikeroyok dan dipukul sejumlah pemain Madiun Putra.

    2016

    26. Bek persela Lamongan, Victor Pae, memukul wasit Kusni, di Piala Gubernur Kaltim, saat melawan Arema Cronus, 5 Maret 2016.
    27. Para pemain Semen Padang mengintimidasi wasit Hadiyana, saat tandang ke markas Perserui, Serui, 11 Juni 2016.
    28. Presiden Klub Persisam Borneo FC, Nabil Husein, menendang wasit Bahrul Ulum usai timnya kalah 2-3 dari Mitra Kukar, 10 Juni 2016.
    29. Di ISC B, ketika pemain PSBK Blitar menganiaya wasit Suyanto saat menjamu Madura Utama di Stadion Soepriadi, Blitar, 6 Mei 2016.
    30. Para pemain Persinga Ngawi mengeroyok asisten wasit I Asep Rohaendi asal Bandung, saat kalah 0-3 dari PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, 7 Agustus 2016. Selanjutnya asisten wasit II, Iswah Indiarto asal Bandung, dikeroyok secara brutal setelah mengesahkan gol ketiga PSS lewat Riski Novriansyah di menit 62 yang membentur tiang dan memantul ke bawah. Iswah mengalami memar di wajah bagian kanan dan kiri, serta pinggang. Iswah yang tidak mampu melanjutkan memimpin pertandingan posisinya kemudian digantikan wasit cadangan Ginanjar Rahman Latif.

    liga indonesia isl, live score, wikipedia, pes 2013, divisi 1, 2014, super, Daftar Insiden Pengeroyokan Wasit Di Sepakbola Indonesia
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page