Daftar startup unik dari seluruh dunia

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Dec 17, 2015.

Discuss Daftar startup unik dari seluruh dunia in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Seorang founder mendirikan startup dengan tujuan untuk memecahkan sebuah masalah. Secara tidak sengaja, ide yg dihasilkan menjadi unik. Karena, selain memecahkan masalah yg sebenarnya sangat penting, ide tersebut belum disadari banyak orang. Seperti apa? Berikut adalah startup dengan ide unik dari seluruh dunia.

    Sebagian besar startup dalam daftar berikut telah memperoleh investasi dengan nilai yg tinggi. Ada juga yg masih dalam tahap pengembangan. Jadi bukan sekadar ide-ide unik yg tidak pernah menjadi nyata.
    DogVacay
    [​IMG]

    Tidak hanya sang pemilik yg bisa menikmati liburan, tapi anjing peliharaan kesayangan mereka juga bisa. DogVacay, startup asal Amerika Serikat, menawarkan layanan penitipan anjing. Sehingga saat sang pemilik sedang bepergian, anjing peliharaannya tetap terawat & terjaga.

    DogVacay adalah sebuah marketplace. Artinya siapa saja bisa menawarkan jasa penitipan anjing. Dengan begitu, pengguna bisa mencari jasa penitipan anjing yg berada di lingkungan rumah mereka.

    Tahun lalu Dog Vacay telah memperoleh investasi sebesar USD25 juta (sekitar Rp350 miliar) dari sejumlah investor di Amerika Serikat. Jadi bagaimana? Apakah kamu memiliki ide jasa penitipan untuk binatang peliharaan lain?
    JK Morning
    [​IMG]

    Jepang memang terkenal dengan hal-hal yg aneh. Begitu pula dengan startup yg berkembang di sana. JKMorning adalah contohnya. Startup ini menawarkan jasa panggilan bangun pagilewat panggilan telepon. Atau, pengguna juga bisa meminta diingatkan jadwal di waktu-waktu khusus.

    Pada dasarnya, layanan ini mirip dengan jasa panggilan bangun pagidi hotel. Uniknya, bukan petugas hotel yg menelepon, tapi perempuan-perempuan di bawah umur.

    Sebagian besar dari mereka adalah siswi SMA. Mereka hanya memerlukan identitas kartu pelajar sebagai verifikasi, sebelum bisa bekerja membangunkan seseorang.
    Casper
    [​IMG]

    Caspermerupakan startup yg ingin merevolusi cara kita tidur dengan menyediakan produk berupa matras. Menggunakan kombinasi bahan lateks & memory foam yg telah dipatenkan, matras tersebut diklaim dapat meningkatkan kualitas tidur.

    Harga setiap matras berkisar mulai dari USD500 (sekitar Rp7 juta) sampai USD950 (sekitar Rp13 juta). Harga yg cukup mahal memang. Akan tetapi, demi mendapatkan pengalaman tidur yg lebih baik, mengapa tidak?

    Bulan Juni lalu, Casper telah memperoleh investasi sebesar USD55 juta (Rp767 miliar) dari sejumlah investor. Jadi bisa dibayangkan bagaimana potensi penjualan sebuah tempat tidur sampai-sampai memperoleh investasi ratusan miliar.
    Jet
    [​IMG]

    Jet merupakan situs belanja yg fenomenal di Amerika Serikat. Dalam waktu satu bulan setelah diluncurkan, Jet berhasil menembus peringkat empat besar situs marketplace di negaranya. Bagaimana bisa?

    Strategi yg dilakukan Jet adalah menyediakan produk-produk yg sama dengan situs belanja lain, tapi dengan harga yg lebih murah. Sehingga secara otomatis orang-orang akan lebih tertarik untuk berbelanja di Jet.

    Diskon tersebut bisa diberikan karena, pertama, Jet bekerja sama langsung dengan distributor untuk mengirimkan barang dari gudang terdekat dengan pembeli. Kedua, setelah memperoleh investasi USD22 juta (sekitar Rp300 miliar), Jet memiliki dana yg lebih besar untuk memberi subsidi barang-barang diskon tersebut.
    Jibo
    [​IMG]

    Cepat / lambat, manusia akan lebih sering berinteraksi dengan mesin dibandingkan sesamanya. Hal ini bisa dibuktikan dengan populernyaJibo, sebuah robot dengan fungsi sosial. Robot ini dilengkapi kecerdasan buatan, sehingga bisa digunakan sebagai asisten pribadi, pendamping digital, & juru kamera.

    Jibo dibuat oleh Cynthia Breazeal, seorang profesor di MIT & salah satu pionir robot sosial. Cynthia mulai mengembangkan Jibo pada tahun 2014 & sempat melakukan penggalangan dana. Ia berhasil meraup Rp50 miliar dari target awal Rp1 miliar. Beberapa hari lalu Jibo memperoleh investasi tambahan sebesar Rp225 miliar dari sejumlah investor.
    Standard Cyborg
    [​IMG]

    Kehilangan satu kaki telah menginspirasi Jeff Huber untuk mendirikan Standard Cyborg, penyedia kaki palsu yg diproduksi menggunakan printer 3D. Hal yg menarik dari kaki palsu ini adalah fitur water resistant, sehingga bisa tetap digunakan untuk saat mandi, berenang, / berendam di kolam.

    Alasan lain yg mendorong Jeff adalah harga kaki palsu yg sangat mahal & harus diganti secara berkala. Sebagai contoh, kaki palsu yg pernah digunakan Jeff berharga Rp300 juta. Dengan printer 3D, Standard Cyborg mampu memangkas harga kaki palsu menjadi hanya Rp10 juta saja.
    L.Condoms
    [​IMG]

    Jangan berpikir negatif dulu membaca nama startup ini. L.Condomsmerupakan sebuah startup yg menyediakan kondom sesuai permintaan (on-demand). Sehingga kamu selalu punya persediaan saat membutuhkannya. Lalu, apa bedanya dengan kondom pada umumnya?

    Kondom dari L.Condoms menggunakan bahan yg terbebas dari bau & rasa lateks / bahan-bahan kimia yg dapat membuat iritasi kulit. Selain itu, hal yg lebih menarik adalah Founder dari L.Condoms merupakan seorang perempuan.
    Nebia
    [​IMG]

    Nebia merupakan nama dari sebuah startup yg memproduksi shower mandi. Akan tetapi, tidak seperti shower pada umumnya, Nebia diklaim menggunakan 70 persen air lebih sedikit dibandingkan showerbiasa. Sebagai perbandingan, Nebia menghabiskan 2,8 liter per menit, sementara showerlain menghabiskan 9,4 liter per menit.
    CannabisMD
    [​IMG]

    Ganja merupakan tanaman yg berbahaya apabila digunakan dengan cara yg salah. Akan tetapi, di negara berkembang seperti Amerika Serikat, ganja telah banyak digunakan untuk kesehatan.

    Cannabis MD adalah salah satu startup yg memungkinkan pengguna untuk memesan ganja. Namun, sebelum itu, seorang dokter akan dikirim terlebih dulu untuk memeriksa & memberi resep medical marijuana. Setiap kunjungan dikenakan tarif sekitar Rp1,3 juta & Rp700.000 untuk kunjungan berikutnya.
    Seva Coffee
    [​IMG]

    Setelah biji kopi dibakar (roasting), secara perlahan rasanya akan hilang. Sehingga akan lebih baik apabila diproses dengan segera. Seva Coffee telah mengembangkan sebuah mesin yg mampu menampung biji kopi hijau yg belum dibakar, kemudian membakar & menggiling biji secara otomatis, lalu menuangkannya ke dalamcangkir.
    TeaBot


    Selain kopi, ada juga startup yg mengembangkan mesin pembuat teh otomatis, yaitu TeaBot. Alat ini dikembangkan untuk bisnis-bisnis seperti restoran & kafe. Pengguna bisa memilih berbagai jenis tehbahkan bisa menggabungkan tiga jenis teh sekaliguskemudian melakukan pembayaran dengan kartu kredit / Apple Pay.
    BistroBot


    Beralih ke makanan, BistroBot merupakan robot yg mampu membuat sandwich secara otomatis. Ya! Sandwich. Robot ini bahkan mampu membuat sandwich dengan beragam isi sekaligus, seperti Nutella, selai kacang, & lainnya. BistroBot mampu memproduksi hingga 300 sandwich per jam.
    Click & Grow


    Ingin memelihara tanaman di rumah, tapi terlalu sibuk? Click & Grow menyediakan sebuah taman kecil dalam ruangan yg akan menumbuhkan sayur. Harganya cukup mahal, yaitu USD299 (sekitar Rp4 juta).

    Taman kecil ini berisi sebuah kapsul pintar yg mengandung biji, pupuk, & tanah tertentu sesuai dengan jenis tanaman. Pengguna hanya cukup mengisi air sekali & menghubungkannya ke listrik. Tanaman akan tumbuh dengan sendirinyadalam waktu 20 hari.
    Klarismo
    [​IMG]

    Melakukan pemeriksaan MRI untuk mengetahui kondisi organ dalam membutuhkan biaya yg tinggi. Namun tidak dengan Klarismo, layanan online yg memungkinkan pengguna memeriksa organ dalam mereka.

    Sebagai perbandingan, biaya scanMRI biasa untuk organ atas saja berkisar antara Rp2-3 juta. Menggunakan Klarismo, dengan biaya sekitar Rp3,5 juta, pengguna sudah bisa melakukan pemeriksaan MRI seluruh tubuh mereka, lengkap dengan model visual 3D dari organ dalam tersebut.
    Liquidity


    Liquidity merupakan sebuah alat filter air yg bekerja tanpa memerlukan listrik maupun bubuk kimia khusus. Alat ini bekerja dengan menggunakan sebuah spons yg telah didesain khusus untuk menyaring air kotor menjadi layak minum.

    Untuk bisa menjamin air yg dikonsumsi aman bagi kesehatan, Liquidity tidak menggunakan standar kebersihan air pada umumnya. Liquidity menggunakan standar kebersihan baru dengan tingkat kejernihan lebih tinggi yg telah dikembangkan oleh mereka.

    Baca juga: 12 Startup Teknologi Indonesia Favorit Editorial Tech in Asia di Tahun 2015(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page