Data Pasar Aplikasi Mobile Selama Tahun 2015 dari App Annie

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 21, 2016.

Discuss Data Pasar Aplikasi Mobile Selama Tahun 2015 dari App Annie in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,759
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Perusahaan intelijen bisnis, App Annie, hari ini mengumumkan laporan tahunan mengenai industri & pasar aplikasi mobile di seluruh dunia selama tahun 2015. Google Play Store & iOS App Store dari Apple merupakan dua toko aplikasi mobile yg menjadi topik utama dalam laporan bertajuk App Annie 2015 Retrospective tersebut.

    [​IMG]

    Dari segi jumlah unduhan, Google Play Store memiliki jumlah yg jauh lebih tinggi dibandingkan iOS App Store. Dari data App Annie dari tahun 2013 sampai 2015, terungkap bahwa Google Play Store mengalami pertumbuhan 100 persen lebih tinggi dibandingkan iOS App Store.

    Peningkatan tersebut sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang. Indonesia termasuk ke dalam lima negara yg menjadi penyumbang jumlah unduhan aplikasi di Google Play Store. Negara lainnya adalah Brazil, Turki, India, & Meksiko. Lima negara tersebut bahkan berkontribusi setengah dari total jumlah unduhan di Google Play Store dari tahun ke tahun.

    Sedangkan untuk iOS App Store, kontribusi unduhan sebagian besar berasal dari negara maju seperti Cina, AS, & Jepang. Ketiga negara tersebut menyumbang 90 persen dari total unduhan di toko aplikasi milik Apple tersebut.

    [​IMG]

    Bagaimana pun, kedua toko aplikasi itu tetap mengalami pertumbuhan jumlah unduhan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan tersebut sebagian besar berasal dari negara-negara berkembang seperti Indonesia & Vietnam.

    Kedua negara ini mengalami pertumbuhan angka unduhan, masing-masing sebesar 50 persen, dari tahun 2014 ke 2015. Di Indonesia, konten aplikasi mobile merupakan hal yg paling banyak diunduh. Sedangkan di Vietnam, konten game & aplikasi mobile menjadi incaran utama bagi pengguna mobile di negara tersebut.

    [​IMG]

    Beralih ke revenue, berbanding terbalik dengan data sebelumnya. Kali ini iOS App Store memperoleh pendapatan yg jauh lebih tinggi daripada Google Play Store.

    Berdasarkan laporan App Annie, dari tahun 2013 ke 2015, revenue iOS App Store merangkak sampai indeks ke-200. Seperti telah ditulis di atas, hal ini bisa terjadi karena sebagian besar unduhan aplikasi iOS berasal dari negara-negara maju

    Sedangkan untuk Google Play Store sampai tahun 2015, masih berada di index ke-110. Alasannya juga telah dijelaskan, karena sebagian besar pengguna Android berasal dari negara-negara berkembang.

    Kamu bisa melihat data lain seputar industri & pasar aplikasi mobile dari App Annie di sini.

    Baca juga: Aplikasi iOS Terpopuler Sepanjang Masa menurut App Annie

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page