Developer Diary: Mencari Ciri Khas Ilustrasi Seorang Seniman

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Oct 11, 2014.

Discuss Developer Diary: Mencari Ciri Khas Ilustrasi Seorang Seniman in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,715
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Developer Diary: Mencari Ciri Khas Ilustrasi Seorang Seniman.

    Dalam hidup, tiap orang pasti bakal sampe ke titik dimana mereka akan mulai bertanya-tanya tentang jati dirinya. Apa tujuan hidup mereka sebagai manusia di dunia ini. Sebuah fase yg umumnya jadi sebuah titik balik kehidupan yg mereka miliki. Begitu mereka udah ngerti apa yg harus mereka lakukan di dunia ini, mereka jadi individu yg naik level ke tingkat yg lebih baik dari sebelumnya.

    Sama halnya dengan seorang seniman. Ka&g mereka seringkali bertanya-tanya akan tujuan eksistensi karya-karya mereka di dunia ini. Kenapa karya-karya yg udah dibuat belum diakui keberadaannya oleh masyarakat? Karena masih ada kebimbangan dalam berkarya, pada akhirnya mereka ngga bisa membuat karya seni yg maksimal karena dibayg-baygi oleh tuntutan kesempurnaan dari pikiran mereka sendiri. Keinginan untuk diakui, keinginan agar karya seninya akan dihargai. Pemikiran-pemikiran inilah yg terus bergejolak dalam benak mereka & jadi penyumbat kreativitas seorang seniman untuk menemukan jati dirinya.

    Sebagai contoh nyata di sekitar kita, mungkin bagi kalian yg punya kemampuan menggambar sering dapet pertanyaan dari temen-temen kalian,"Kok jago banget sih bisa gambar bagus? Gimana caranya? Ajarin dong!" or "Wah style gambarnya keren banget! Kok bisa bikin style gambar sekeren itu sih? Pasti udah berbakat dari kecil ya?" Salah banget kalo kalian menilai seseorang ahli akan sesuatu karena bawaan bakat sejak lahir. Punya bakat sekalipun kalo ngga diasah juga bakal tumpul kan? Mereka bisa hebat karena terus tekun mengasah kemampuannya hingga ke tingkat profesional. Ngga percaya? Coba browsing kata kunci improvement meme di internet. Banyak seniman yg dulunya gambarnya jelek tapi karena latihan terus-menerus, kualitas gambarnya bisa meningkat secara dramatis. Seperti salah satu contoh improvement meme dari Ryo-Thae dibawah ini.



    Nah, salah satu kesulitan yg sering dihadapi oleh para graphic artist dalam ningkatin kemampuan gambarnya adalah mencari style gambar yg cocok buat mereka. Terus gimana caranya biar kita bisa punya ciri khas style ilustrasi yg bisa menggambarkan diri kita banget? Di artikel Developer Diary: Mencari Ciri Khas Ilustrasi Seorang Seniman ini gue bakal kasih beberapa tips yg mungkin bermanfaat buat para aspiring illustrator di luar sana.

    AMATI DAN PELAJARI



    Manusia tumbuh & berkembang dengan mempelajari apa yg mereka lihat di sekitarnya. Bayi belajar bicara karena tiap hari ngelihat orang tuanya ngajak sang bayi buat belajar berbicara. Ketika makan, orang tua membetulkan posisi cara anaknya memegang sendok makannya. Anak usia balita suka ngikutin tingkah laku lucu hewan peliharaannya. Bukti nyata bahwa proses tumbuh kembang dengan cara "Amati & Pelajari" adalah landasan bagi tiap orang dalam belajar.

    Ini juga jadi dasar bagi seorang graphic artist dalam mengembangkan potensi menggambarnya untuk menemukan style yg sesuai dengan kemampuannya. Banyak-banyak baca & melihat karya ilustrasi seniman lain baik yg belum terkenal or yg udah tenar sekalipun. Sortir karya-karya ilustrasi yg gayanya kalian suka. Persempit lagi jumlah ilustrator yg karya ilustrasinya kalian sukai. Mulai buat karya ilustrasi kalian sendiri yg terinspirasi dari gaya ilustrasi para ilustrator favorit kalian itu.

    PELAJARI SEJARAH SENI



    Jasmerah, semboyan yg terkenal yg pernah dilontarkan oleh Presiden Soekarno dalam pidatonya yg berarti "Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah". Semboyan ini juga berlaku bagi siapapun & dalam bi&g apapun. Manusia ngga cuma belajar dari apa yg dilihatnya pertama kali di sekelilingnya, tapi juga belajar kebenaran & kesalahan dalam sejarah kisah hidup baik dari dirinya sendiri or dari orang lain.



    Penasaran akan asal muasal terbentuknya suatu gaya ilustrasi seorang seniman? Coba cari informasi & baca ulang sejarah terbentuknya sebuah aliran seni or gaya ilustrasi tersebut. Apa yg jadi ciri khas pembentuk gaya ilustrasi itu. Siapa aja tokoh-tokoh seniman yg mendalami gaya ilustrasi itu? Cari pertanyaan & jawaban sebanyak mungkin supaya kalian bisa menentukan seberapa besar cakupan gaya ilustrasi yg nantinya bakal kalian anut. Kalo perlu kumpulin semua informasi & contoh karya seni dari beberapa ilustrator dengan gaya ilustrasinya masing-masing ke dalam satu folder di komputer kalian. Bikin folder khusus karya seni ilustrasi sebagai pengingat bahwa karya-karya itulah yg jadi dasar style kalian dalam berilustrasi hingga sekarang ini.

    PILIH MEDIA YANG KALIAN BISA & SUKA
    Memang bener bahwa karya seni itu ngga mengenal batas media, alias media untuk berkarya seni itu ngga terbatas. Kita bisa milih media yg kita ngerti cara pakenya & yg pasti kita suka. Mau media konvensional seperti pensil, pena, tinta, cat air, krayon, or media digital dengan segu&g aplikasi grafis 2D maupun 3D juga boleh. Terserah apapun media yg dipilih, pastikan kalian bisa menguasai & suka dengan media itu. Kalo medianya aja ngga suka, gimana bisa bikin karya seni yg maksimal? Iya toh?

    Kata kunci untuk bisa nemu ciri khas style ilustrasi kalian adalah exposure & persistence. Makin tekun kalian berlatih mengulangi gaya ilustrasi yg sama yg kalian dapat dari para ilustrator yg jadi inspirasi kalian, makin cepet pula proses kalian bakal punya ciri khas gaya ilustrasi sendiri.

    Karya seni seniman manapun di dunia ini ngga bakal pernah ada yg original. Setiap seniman akan selalu punya gaya ilustrasi yg dipengaruhi oleh seniman-seniman pendahulunya yg lain. Cara dari seorang seniman dalam mengkombinasikan teknik & gaya berilustrasi dari berbagai ilustrator inilah yg bikin hasil karya seni mereka unik & nantinya akan melekat dengan nama besar mereka.

    Seteleh ngerti tips buat menguak potensi gaya berilustrasi kalian, sekarang udah ngga minder lagi dong buat bersaing sama para graphic artist yg karyanya jadi ciri khas aset grafis game-game keren sekelas Fez, Sound Shapes, Firewatch, or Rayman Legends.

    Selamat mencari ciri khas ilustrasi kalian & semoga berhasil! ;)

    Bonus Wallpaper


    1920x1080

    Sumber

    Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode.

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Developer Diary: Mencari Ciri Khas Ilustrasi Seorang Seniman.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page