Dota Weekly: Mengapa Trash Talk Buruk bagi Dota 2?

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 17, 2016.

Discuss Dota Weekly: Mengapa Trash Talk Buruk bagi Dota 2? in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Kalau kamu berpikir bahwa bermainDota 2 bersama dengan orang Filipina sudah cukup menjengkelkan, cobalah bermain dengan orang Indonesia. Tidak jauh berbeda, kamu akan mendapati kata-kata yg kurang mengenakkan darichat mereka.Baik dari pemain Indonesia yg menjadi musuh kamu, maupun teman satu tim.

    Kejadian seperti ini biasa disebut dengan trash talk. Ini adalah bentuk cemoohan yg umumnyaterjadi di dalam situasi yg kompetitif. Biasanya, orang melakukan trash talk untuk menjelek-jelekkan pemain lawan / menyombongkan diri sendiri.

    Lalu, apakah trash talk di dalamgame itu buruk? Adakah cara untuk menghindarinya? Dalam rubrik Dota Weekly kali ini, saya ingin mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
    Trash Talk, Hal yg Tidak Etis & Memperkeruh Permainan
    Kalau kamu adalah pemainDota 2 yg sering bermain di server Asia Tenggara, hal ini rasanya tidak dapat dihindarilagi. Saya yakin kamu akan mendapati trash talk dalamsetidaknya dua dari tiga pertandingan yg kamu mainkan.
    [​IMG]Put tank in a mall! Kalau kamu mengertigambar ini, berarti kamu korban trash talk. Sumber: Reddit

    Sebuahgame online bisa menjadi besar karena komunitas pemain yg selalu mendukungnya. Dota 2 sendiri adalahgame online dengan jumlah pemain terbesar di dunia. Namun, budayatrash talk ini membuat komunitasnya, terutama di Asia Tenggara, menjadi tempat yg tidak kondusif bagi para pemain baru & ingin berkembang.

    Katakanlah kamu seorang pemain baru diDota 2 & kamu melakukan sebuah kesalahan. Bukannya diberikan petunjuk bermain yg benar, kamu malah menerima cercaan. Kalau hal seperti ini terus berlangsung, bagaimana komunitasDota 2di Asia Tenggara dapat berkembang cepat?

    Hal yg lebih saya takutkan lagi adalah orang-orang tidak akan tertarik untukbermainDota 2 karena komunitasnya yangtoxic. Meskipun kamu merasa hal ini tidak mungkin terjadi, namun kamu tidak tahu apa yg akan terjadi di lima tahun mendatang bukan?

    [​IMG]

    Lalu, apakahtrash talk berdampak buruk bagi para pemainnya? Tentu saja, terutama bagi tim / pemain yg sedang tertinggal & bermain secara buruk. Mereka akan menjadi semakin tenggelam di dalam jurang keputusasaan karenatrash talkmempengaruhi psikologis seseorang. Ya, saya sendiri cukup sering merasakan hal seperti itu.

    Tidak hanya mempengaruhi dalam tingkat individu,trash talk tentu saja akan berdampak buruk bagi keharmonisan sebuah tim.Dota 2 adalah sebuah game yg membutuhkan kekompakan lima orang untuk memenangkannya. Sebuah tim dengan pemain berkemampuan baik yg terpecah belah akan kalah kepada tim dengan keahlian biasa saja yg kompak.
    [​IMG]Jangan meniru Juggernaut ini. Meskipun ia adalah rekan satu tim saya, namun saya masih tetap melaporkan dirinya

    Dari ribuan game yg pernah saya mainkan, tidak jarang tim saya terpecah belah karenatrash talk. Paling menjengkelkan adalah ketika korbantrash talk tersebut memilih untuk diam saja di markas yg mengakibatkan tim saya harus bermain dengan empat orang.
    Jangan Pernah MembawaTrash Talk ke Dunia Nyata
    Kalau kamu masih melakukan hal kurang terpuji ini, saya harus menyarankan kamu agar lebih berhati-hati. Biarkanlah apa yg terjadi dalam game, tetap berada di sana.

    Contoh kasus yg cukup ekstrem pernah terjadi pada tahun 2013. SeorangpemainLeague of Legends membawadendamtrash talkdi dalam gameke sebuah pernyataan di Facebook yg membuatnya berakhir di penjara.

    Justin Carter, lelaki berumur 18 tahun ini meluapkan kekesalannya setelah bermainLeague of Legends lewat komentarnya yg cukup mengancam. Justin berkata, meskipun dalam konteks bercanda, bahwa saking kesalnya ia ingin menembak satu sekolah penuh dengan anak-anak & memakan jantung mereka (jangan ditiru ya).
    [​IMG]Justin kini dikenakan hukuman detensi di rumahnya

    Namun malang nasibnya. Seorang wanita asal Kanada melihat komentar tersebut, lalu mencari informasi pribadi Justin & melaporkannya kepada pihak yg berwajib. Pada tanggal 14 Februari 2013, Justin ditangkap & ia divonis delapan tahun penjara lima bulan setelahnya.

    Saya juga sering sekali melihat video rekaman CCTV di dalam sebuah warnet memperlihatkan bagaimanatrash talk yg terjadi di dalamgame dapat berujung ke perkelahian fisik. Hal seperti ini sudah jelas mengangkat trash talk menjadi penyebab dari tindakan kriminal.

    Sekali lagi saya ingin mengingatkan, sebisa mungkin jangan melibatkan emosi di dalamgame terbawa sampai dunia nyata. Memang sulit rasanya, apalagi setelah kamu mengalami kekalahan bertubi-tubi. Cobalah untuk menghirup napas panjang setelah bermain guna menenangkan pikiran kamu. Sambil berkata dalam hati, “Ini hanyalah sebuah permainan”.
    Cara MenghindariTrash Talk
    Meskipuntrash talk di dalamgame tidak dapat kamu hindari seratus persen, namun kamu dapat berusaha untuk meminimalkannya. Kalau kamu sudah tidak tahan dengantrash talk yg berlebihan,Dota 2 memberikan beberapa fitur sebagi yg dapat kamu jadikan sebagai solusi.

    Fitur pertama adalahmute pemain. Di dalam pertandingan, kamu dapat mengaktifkan fiturmutekepada pemain yg kamurasa sudah keterlaluan. Kamu tidak akan lagi mendengar & melihatchat darinya di dalam pertandingan.
    [​IMG]Kamu kini dapat bermain dengan tenang tanpa terganggu dengan trash talk

    Caranya, bukalah daftar pemain yg terdapat di pojok kiri atas. Lalu, di sebelah kanan atas nama pemain, akan ada tombolbulat kecil bergambar pengeras suara. Apabila kamu ingin melakukanmute terhadap seorang pemain, cukup klik saja tomboltersebut hingga berubah merah.

    Cara lainnya adalah dengan melaporkan pemain lain dengan harapan Valve akan menjeremuskannya ke dalamlow priority poolatau bahkan menonaktifkan fiturchat miliknya. Meskipun cara ini tidak instan, tapi setidaknya kamu sudah berusaha mengurangi satu trash talker di dalam komunitasDota 2.

    [​IMG]

    Apabila kamu adalah seorangtrash talker, saya tahu memang sulit untuk berubah menjadi pemainDota 2 teladan. Namun, cobalah untuk tidak melakukannya karena dapat merugikan orang yg menjadi korban trash talk kamu, memperkeruh komunitasDota 2, & berpotensi membuat diri kamu rugi.

    Well, kalau kamu bersikeras untuk terus melakukantrash talk, cepat / lambat katakanlah selamat tinggal kepada fiturchat kamu.

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page