Edward Snowden Mengajukan Suaka ke Brazil

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jun 2, 2014.

Discuss Edward Snowden Mengajukan Suaka ke Brazil in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,100
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Mantan kontraktor NSA, Edward Snowden, yang selama ini menjadi buronan pemerintah Amerika Serikat karena membocorkan rahasia penyadapan NSA mengajukan suaka ke pemerintah Brazil. Pernyataan Snowden tersebut dilontarkannya ketika diwawancarai stasiun televisi Brazil Globo TV pada Minggu, (01/02).
    Saya akan menyukai tinggal di Brazil kata Snowden kepada Globo TV.
    Pengajuan suaka ini berhubungan dengan habis masa berlaku suaka yang diberikan pemerintah Rusia. Suaka Snowden akan berakhir pada Agustus ini. Seperti yang kita ketahui pemerintah Amerika Serikat telah mencabut paspornya sehingga tujuan perjalanan dari Snowden sangat terbatas.
    Saat diwawancarai oleh wartawan Guardian, Glenn Greenwald, Snowden mengatakan bahwa dirinya secara resmi telah mengajukan permohonan pemberian suaka ke beberapa negara termasuk Brazil. Greenwald sendiri adalah seorang warga negara Amerika Serikat yang tinggal di Brazil. Greenwald adalah penulis telah banyak menerbitkan informasi yang dibocorkan oleh Snowden.
    Namun, pihak Kementerian Luar Negeri Brazil mengatakan bahwa pihaknya belum menerima permohonan suaka dari Edward Snowden. Hal ini kemungkinan dikarenakan karena alasan Snowden yang menyatakan dirinya tidak akan menukarkan dokumen yang berisi informasi yang dimilikinya sebagai alat pertukaran untuk keselamatannya. Snowden hanya menginginkan pemberian suaka terhadapnya adalah berdasarkan faktor kemanusiaan.
    Snowden juga menyatakan bahwa dirinya memiliki dokumen lain mengenai aktivitas spionase Amerika Serikat di beberapa negara termasuk Inggris Raya dan Brazil. Dokumen-dokumen tersebut akan disebarkan oleh Snowden.
    Saat diwawancarai oleh NBC, Snowden mengatakan bahwa dirinya membuka kemungkinan kembali ke Amerika Serikat jika mendapatkan pengampunan dari pemerintah Amerika Serikat. Pernyataan Snowden ini ditanggapi oleh Gedung Putih bahwa Snowden dipersilakan untuk kembali tapi hanya untuk menghadapi pengadilan karena kesalahannya.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page