Enam Teknik Social Engineering Terpopuler

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 12, 2015.

Discuss Enam Teknik Social Engineering Terpopuler in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Enam Teknik Social Engineering Terpopuler

    Social engineering adalah teknik untuk memanipulasi seseorang dengan memanfaatkan keadaan psikisnya untuk mendapatkan informasi-informasi sensitif seperti alamat surel, password orpun data pribadi lainnya. Teknik ini acapkali digunakan oleh para penjahat siber untuk memanfaatkan masyarakat awam yg tidak menyadari bahwa mereka sudah diakali oleh penjahat tersebut. Beberapa perusahaan bahkan menerapkan policy yg memasukan social engineering sebagai salah satu risiko terbesar terhadap keamanan informasi mereka. Mereka sangat mengkhawatirkan hal tersebut karena social engineering tidak bisa ditangkal oleh teknologi apapun. Pada tahun 2014 yg lalu, ada beberapa macam teknik social engineering yg populer digunakan penjata siber. Di antaranya adalah:

    Big News
    Teknik social engineering ini cukup mudah dilakukan. Beberapa waktu yg lalu, hilangnya pesawat Malaysia Airlines menjadi tajuk utama di semua berita. Segala bentuk bukti baru dari keberadaan maskapai ini menjadi nilai berita sendiri & menggugah rasa penasaran publik. Penjahat siber memanfaatkan momen ini dengan membuat sebuah tautan yg berisi video berita palsu yg memberitakan ditemukannya puing pesawat tersebut. Tautan tersebut berisi malware untuk mencuri data-data sensitif orpun memaksa pengguna untuk mengunduh aplikasi tertentu. Surat elektronik menjadi media efektif dari penyebaran tautan berisi malware tersebut.

    Celebrity Gossip
    Gosip selebritis menjadi isu yg sering digunakan oleh para penyebar malware. Berita tentang kematian artis Robin Williams sempat menjadi berita yg paling dicari di tahun 2014. Penjahat siber memanfaatkan berita itu untuk menyebarkan malware dengan tajuk kematian artis Robin Williams. Malware tersebut menyebar melalui surel & ketika pengguna akan mengunduh berita tersebut, penjahat siber telah menanam file yg bisa dieksekusi dengan nama malware WORM_GAMARUE.WSTQ. Malware ini berisiko tinggi karena dapat mencuri data-data pribadi dari pengguna yg mengunduh file itu.



    Film
    Menyebarkan malware melalui film terbukti sama efektif seperti dua teknik di atas. Ketika insiden Sony Pictures mencuat ke permukaan, banyak bermunculan situs-situs yg menyediakan tontonan dari film yg berhasil diretas dari perusahaan film itu. Beberapa situs dinilai berbahaya karena penjahat siber berhasil memasukan malware pada situs tersebut, membuat sebuah phising, mengunduh adware & bahkan dipaksa untuk mengunduh aplikasi tertentu.

    Social Media Scam
    Media sosial merupakan salah satu teknik yg populer digunakan di tahun 2014 yg lalu. Siapapun bisa mendapatkan akses informasi dari media sosial. Scam adalah teknik terfavorit untuk mencuri data melalui sosial media. Para pelaku scam lazimnya akan men-tag orang-orang dari akun yg sudah dicuri sebelumnya melalui foto. Dari foto tersebut, scammers akan mudah menggiring mereka pada situs phising yg selanjutnya mereka gunakan untuk mencuri data-data pribadi.

    Scare Tactic
    Taktik menakut-nakuti masyarakat melalui berita yg menakutkan psikis mereka merupakan cara ampuh untuk mencuri informasi sensitif. Maraknya penyebaran virus Ebola ke belahan dunia lain sempat membuat gempar warga dunia. Mereka tidak ingin negaranya terjangkiti virus mematikan tersebut. Oleh karenanya, banyak dari masyarakat awam berusaha untuk mencari berita sebanyak-banyaknya tentang virus ini. Kegemparan ini pun memancing penjahat siber untuk membuat link berita & mengirimkannya via surel yg mana situs tersebut sudah tertanam malware & virus komputer.

    Di antara sekian banyak teknik social engineering di atas, masyarakat pun ingin terhindar dari praktik tersebut. Masyarakat yg peduli terhadap keamanan informasi selalu menyimpan situs-situs terpercaya, melakukan verifikasi terhadap segala bentuk email yg masuk, hindari segala bentuk tautan yg mencurigakan, jangan terlalu terintimidasi terhadap segala bentuk berita yg mencemaskan, berhati-hati terhadap fitur keamanan yg dimiliki & selalu memiliki perlindungan keamanan terbaik.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenEnam Teknik Social Engineering Terpopuler diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page