Facebook ajak UKM Indonesia go online

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Sep 22, 2015.

Discuss Facebook ajak UKM Indonesia go online in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,762
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Melalui ajang Marketing Boot Camp 2015 yg dilaksanakan di Jakarta, hari ini (22/9), Facebook ingin menggiring para pelaku UKM di Indonesia untuk memanfaatkan salah satu tool yg disediakan, yakni Pages untuk optimalisasi bisnis yg dimiliki. Facebook memang lama dikenal sebagai raksasa media sosial, namun sejak tersedia laman Pages, kini para pemilik usaha dapat menambah dunia maya sebagai lapak berjualan.

    Dalam acara ini, Facebook berusaha memperkenalkan beberapa fitur baru pada Facebook Pages untuk mobile yg akan membantu para pelaku UKM untuk terhubung dengan pelanggan mereka.
    Meningkatkan kepedulian bagi ekosistem UKM di Indonesia
    Waizly Darwin, SMB Lead, Facebook Indonesia, berkata bahwa dengan Facebook Pages, mereka berusaha untuk membantu para pelaku UKM untuk sukses melalui raksasa media sosial ini. Facebook membantu para pelaku UKM membesarkan bisnis mereka dengan melalui rumus 5M + 1T, yg merupakan Market access, Marketing publicity, Management skill, Mentoring, Money & Technology access.

    Lebih lanjut ia menuturkan bahwa menurut survei yg dilakukan salah satu media sosial terbesar itu, Facebook Pages dengan basis UKM rupanya menyita sebagian besar pengguna Facebook di Tanah Air. Dari data itu terungkap sebagian besar pengguna Facebook menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan smartphone, sehingga pelaku bisnis bisa memanfaatkan perangkat tersebut sebagai tool yg mudah untuk mengakses bisnis mereka di Facebook Pages.

    Survei tersebut juga mengungkap bahwa lebih dari 1 miliar orang mengunjungi Facebook Pages setiap bulan, & sebesar 61 persen pengguna Facebook yg berasal dari Indonesia kini telah mengenal layanan berbagai melalui laman ini.

    Baca juga: Ingin Mencari Konten di Facebook dengan Mudah? Coba The Graph!Weizly menambahkan bahwa terdapat 57 juta UKM yg terus beroperasi di Indonesia. Sayangnya dari total angka tersebut, ia mengungkap baru sekitar 15 juta UKM yg sudah go online dalam mengenalkan bisnisnya.
    Melakukan beberapa perubahan
    [​IMG]

    Dari pemaparan tersebut, Facebook akhirnya melakukan penambahan fitur untuk menggoda ekosistem UKM lokal untuk mengenalkan bisnisnya melalui Facebook Pages. Beberapa perubahan yg dilakukan pada Pages untuk perangkat mobile adalah ukuran tombol Call-to-Action yg lebih besar. Selain itu, tombol ini dipindahkan pada bagian bawah cover Page, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan tombol ini.

    Tombol Call-to-Action ini sendiri berfungsi untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pencarian di Pages sebuah pelaku UKM / bahkan melakukan pembelian. Facebook menyebutkan, mereka berniat untuk mengembangkan beberapa opsi fungsi baru seperti Hubungi Sekarang / Kirim Pesan.

    Selain itu, Facebook juga menambahkan dua bagian baru untuk Pages, yaitu Shop & Services. Seperti namanya, Shop berfungsi untuk membantu pengusaha ritel menampilkan berbagai produk yg mereka jual, sementara Services berfungsi sebagai wadah informasi lokasi UKM menawarkan layanannya.

    Nampaknya kini raksasa media sosial ini terbilang agresif untuk menciptakan peluang yg menggurita di berbagai sektor. Hingga akhir 2015 ini, Facebook telah menambah fitur baru yg menyita perhatian menyita netizen dunia, yakni tombol Dislike, Signal bagi para jurnalis untuk mempermudah pencarian berita, & Mentions yg dihadirkan bagi para tokoh terkenal dunia.

    (Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page