Hari ini (4/12) Facebook mengumumkan ketersediaan format media Instant Articles versi beta di Asia.
Kompas & Merdeka merupakan dua media dari Indonesia yg telah menggunakan fitur tersebut.
Instant Articles merupakan tool yg memungkinkan penerbit untuk membuat artikel cepat & interaktif di Facebook. Interaktif artinya artikel-artikel akan disajikan dengan media interaktif seperti video, rekaman suara penulis, foto resolusi tinggi, & peta interaktif.
Penerbit juga mempunyai kontrol dari artikel apa saja yg ingin mereka publikasikani di Instant Articles. Mereka (penerbit) juga memperoleh pendapatan tambahan dengan cara menjual iklan di dalam artikel mereka. Bahkan mereka bisa memanfaatkan alat pemasang iklan, Facebook Audience Network untuk monetisasi artikel-artikel lain sesuai dengan target pengguna tertentu.
Dari sisi pengguna, saat ini Instant Articles baru bisa dinikmati bagi pengguna iPhone saja. Sementara untuk pengguna Android akan mulai bergulir awal tahun depan.
Setiap Instant Articles akan ditandai dengan sebuah ikon petir di pojok kanan atas. Jadi apabila kamu melihat sebuah artikel dengan ikon tersebut di Facebook. Kamu bisa menikmati pengalaman baru dalam membaca berita.
Instant Articles memang merupakan inovasi baru cara menikmati berita yg lebih cepat & interaktif di Facebook. Akan tetapi melihat kualitas media online di Indonesia, apakah fitur baru ini mampu membenahi kualitas media di tanah air / malah sebaliknya?
Baca juga: 11 Tahun Perjalanan Facebook Mencapai 1,5 Miliar Pengguna di Seluruh Dunia(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)
Dikutip dari sini