Fakta Mengenai Marathon Boston

Discussion in 'Entigapedia' started by McozFuerte, May 19, 2013.

Discuss Fakta Mengenai Marathon Boston in the Entigapedia area at Nyit-Nyit.Net

  1. McozFuerte 1 SMP Level 2

    Messages:
    1,363
    Likes Received:
    385
    Trophy Points:
    108
    Game:
    Tidak Ada
    Region:
    Unknown
    Dua ledakan menimpa Maraton Boston ketika para pelari melintasi garis finish Senin waktu AS bagian timur.
    Setidaknya tiga orang meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka pada hari ketika puluhan ribu orang membanjiri jalanan guna menyaksikan salah satu lomba maraton terkenal di dunia itu.
    Berikut fakta-fakta mengenai Maraton Boston, dikutip dari Reuters:
    1. Lomba ini selalu diadakan bertepatan dengan Hari Pahlawan, yaitu hari libur di negara bagian Massachusetts yang diadakan Senin ketiga di bulan April yang menandai meletusnya perang pertama dalam Perang Kemerdekaan Amerika.
    2. Lomba ini pertama kali diselenggarakan pada 1897 dengan 18 peserta, sehingga menjadi lomba maraton tahunan tertua di dunia.
    3. Maraton Boston 2013 menarik perhatian 27.000 pelari, dipersembahkan untuk menghormati 26 orang yang tewas akibat penembakan di sebuah sekolah di Newtown, Connecticut, dan berakhir di mil ke-26.
    4. Lomba maraton ini melewati delapan kota besar dan kecil di Massachusetts, yakni Hopkinton, Ashland, Framingham, Natick, Wellesley, Newton, Brookline, dan Boston.
    5. Lomba dimulai di Hopkinton dan berakhir di Lapangan Copley, di samping Perpustakaan Negeri Boston.
    6. Maraton Boston dianggap sebagai salah satu lomba maraton sulit karena melewati perbukitan Newton yang memuncak di Heartbreak Hill dekat Boston College.
    7. Reporter Boston Globe Jerry Nason mencatatkan namanya di Heartbreak Hill setelah John Kelley menyalip Tarzan Brown di Newton pada lomba 1936, namun kemudian disusul Brown di final.
    8. Bobbi Gibb menjadi perempuan pertama yang secara tak resmi mengikuti lomba ini pada 1966. Perempuan baru resmi dibolehkan mengikut lomba ini pada 1972.
    9. Pelari Ethiopia Lelisa Desisa memenangi bagian putera pada Maraton Boston 2013 dengan mencatat waktu 2 jam, 10 menit, 22 detik.
    10. Pelari Kenya Geoffrey Mutai sejauh ini memegang rekor tercepat Maraton Boston dengan 2 jam, 3 menit, 2 detik yang dia diciptakan pada 2011.
    11. Tim Ford menjadi pelari termuda yang memenangi Maraton Boston. Dia menjadi juara pada 1906 ketika umurnya masih 18 tahun.
    12. Clarence Harrison DeMar menjadi satu-satunya pelari maraton yang tujuh kali juara Maraton Boston. Kemenangan ketujuhnya di Boston terjadi pada 1930 ketika dia menjadi pelari tertua yang menjuarai lomba ini dalam usia 41 tahun.
    13. Hadiah uang pertama kali diberikan pada 1986 dan kini pelari yang menjadi juara dihadiahi tak kurang dari 800.000 dolar AS.
    14. Maraton Boston adalah satu-satunya lomba maraton di Amerika Serikat yang harus melalui persyararan kualifikasi dan syarat-syarat khusus yang umumnya menyebutkan mesti lolos kualifikasi satu setengah tahun sebelum mengikuti Maraton Boston.
    15. Pada 1980 Rosie Ruiz membuat skandal ketika curang dengan menumpangi subway untuk menjadi juara lomba ini.


    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page