FTC Meminta Vendor IoT Melindungi Privasi

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jan 29, 2015.

Discuss FTC Meminta Vendor IoT Melindungi Privasi in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. FTC Meminta Vendor IoT Melindungi Privasi

    Federal Trade Comission (FTC) telah meminta produsen produk IoT (Internet of Things) untuk melindungi privasi konsumennya. Dalam sebuah rekomendasi yg dirilis hari Selasa kemarin, (27/1), pada laporan di halaman 71, FTC telah meminta semua produsen produk IoT untuk memperhatikan aspek keamanan khususnya privasi konsumen yg menggunakan produk tersebut. Semua produsen produk IoT harus patuh pada standar privasi & keamanan untuk menjaga data-data konsumen yg direkomendasikan oleh FTC. Lembaga tersebut meminta produsen untuk memperhatikan aspek keamanan khususnya keamanan siber & langkah-langkah pencegahan sebagai upaya menghindari akses yg diinginkan dari pihak yg tidak bertanggungjawab.

    Rekomendasi yg disusun oleh FTC ini diharapkan oleh lembaga tersebut dapat segera disahkan oleh parlemen AS agar menjadi un&g-un&g. Walaupun demikian, proposal yg diajukan oleh FTC itu menuai banyak kontroversi. Pihak yg skeptis terhadap proposal FTC ini mengatakan bahwa standar keamanan yg diajukan oleh FTC sangat berbahaya bagi bisnis mereka & berpotensi mengancam kebebasan konsumen. Mereka pun menambahkan bahwa standar keamanan produk yg diajukan oleh FTC memungkinkan produsen menangkal ancaman siber, tetapi di saat yg sama akan meningkatkan jumlah keluhan terdapat produk yg mereka buat. Dasar hukum dari disusunnya standardisasi ini menurut FTC adalah lembaga tersebut memiliki data-data keluhan terhadap produsen produk IoT karena tidak mematuhi standar keamanan siber.

    Berin Szoka, Presdir TechFreedom, sebuah lembaga think tank IT di AS mengatakan bahwa FTC memang sedari awal sudah berniat untuk membawa rekomendasi ini menjadi regulasi. Republican Representatives Fred Upton dari Michigan & Michael Burgess dari Texas mengiyakan pernyataan dari Berin tersebut. Mereka berdua menyatakan bahwa teknologi memang harus melindungi data-data pribadi. Di satu sisi melalui proses itu (red-perlindungan data), kita tidak bisa melimpahi inovasi yg mampu memperbaiki kehidupan manusia. Kita harus mewaspadai berubahnya Internet of Things menjadi Internet of Regulations, ujar mereka.

    Perdebatan itu semakin sengit tatkala FTC tetap bersikukuh untuk mengajukan rekomendasi tersebut menjadi regulasi. Berdasarkan laporan FTC, teknologi baru yg se&g dikembangkan tersebut memiliki banyak risiko. Beberapa di antara risiko yg dipaparkan oleh FTC adalah risiko kehilangan data konsumen & risiko digunakannya produk teknologi untuk menyerang sistem keamanan sebuah lembaga. Kami ingin produk teknologi baru mematuhi standar ini. Untuk meningkatkan produksi, kita harus meraih kepercayaan dari konsumen itu sendiri, ujar Edith Ramirez, Chairwoman dari FTC. Kami percaya bahwa dengan mengimplementasikan standar tersebut, bisnis akan naik karena kepercayaan konsumen akan meningkat, lanjut Edith. Laporan tersebut rencananya akan diajukan ke parlemen dengan menyertakan legislasi baru seperti national data breach notification law & broad privacy protections for consumers.

    Daniel Castro, direktur dari Center for Data Innovation at the Information Technology and Innovation Foundation, lembaga think tank TI lainnya mengungkapkan kekecewaannya bahwa FTC mengabaikan kebebasan produsen produk IoT untuk berekspresi. Salah satu aspek yg ia kritisi adalah usulan FTC untuk mengurangi jumlah kapasitas data dalam sebuah produk. Menurut Daniel, justru kapasitas data yg besar itu adalah pendorong inovasi sebuah produk untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Di saat yg sama, Steve DelBianco, executive director of e-commerce think tank NetChoice, mengatakan hal yg sama seperti Daniel. Proposal FTC yg terkesan menakuti pelanggan hanya akan berdampak buruk terhadap pertumbuhan ekonomi dai inovasi IoT yg ada. Hal seperti ini hanya akan menyempitkan peluang bisnis, papar Steve.

    Salah satu lembaga yg menyatakan setuju dengan proposal FTC adalah The Software and Information Industry Association (SIIA) yg menyatakan bahwa usulan itu sangat tepat sasaran. Dengan a&ya usulan dari FTC, produsen produk IoT bisa lebih bertanggungjawab dalam mengamankan data-data konsumen, tandas perwakilan dari pihak SIIA.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenFTC Meminta Vendor IoT Melindungi Privasi diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page