Game Jam, Uji Fisik & Kreativitas Demi Kepuasan Tanpa Batas

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Jan 26, 2015.

Discuss Game Jam, Uji Fisik & Kreativitas Demi Kepuasan Tanpa Batas in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,623
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    26/01/2015

    Akhir minggu lalu, tepatnya dari tanggal 23 sampai dengan 25 Januari 2015, diadakan ajang Global Game Jam 2015 yg berlangsung secara serentak di seluruh dunia. Dalam ajang ini para developer game baik itu yg menggemari pembuatan game sebagai hobi maupun yg memang memiliki pekerjaan sebagai developer berkumpul bersama-sama untuk membuat game. Game yg dibuat selama game jam bukanlah game yg harus menuruti permintaan klien ataupun game yg harus berhasil memikat ribuan pemain. Yang perlu para peserta pikirkan adalah apakah game yg mereka buat sesuai dengan tema yg diberikan, & tentu saja yg paling penting adalah apakah mereka menikmati proses pengerjaannya.

    Meskipun sering sekali diadakan setiap tahunnya, tidak banyak gamer secara umum yg memahami bagaimana cara kerja sebuah game jam. Apakah para peserta game jam betul-betul menghasilkan sebuah game dalam waktu 48 jam saja? Sedangkan developer besar saja butuh waktu bertahun-tahun untuk membuat sebuah game. Kalau memang iya, obat macam apa yg dikonsumsi para peserta sampai bisa sekuat itu? Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya akan memberikan kamu semua sedikit cerita singkat tentang apa saja yg bisa terjadi & apa saja yg perlu dilakukan ketika game jam sedang berlangsung.

    Khusus untuk Global Game Jam, panitia utama skala internasional hanya berperan menentukan tema, memberikan izin apakah sebuah tempat boleh mengadakan game jam dengan nama Global Game Jam, serta mencari sponsor yg dapat membantu proses pengerjaan game, contohnya seperti kerja sama Global Game Jam dengan Unity yg mengizinkan para peserta untuk menggunakan Unity dengan lisensi tanpa dikenakan biaya. Sedangkan untuk panitia regional sendiri, mereka berjasa dalam menyediakan sarana, prasarana, & apapun yg dibutuhkan demi jalannya Global Game Jam regional yg jadi tanggung jawab mereka.
    Pembentukan Tim[​IMG]Meja rapi seperti ini hanya akan bertahan beberapa jam saja

    Dari pengalaman saya, beberapa pertanyaan yg cukup sering diutarakan oleh orang yg belum pernah mengikuti game jam adalah “kalau saya datang sendirian, harus membuat tim dengan siapakah saya?”. Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya tergantung dari di mana daerah tempat kamu mengikuti game jam.

    Sewaktu saya mengikuti Global Game Jam di Jakarta, beberapa orang yg memiliki ide untuk game dapat mempresentasikan ide mereka & orang-orang yg berminat dengan ide tersebut dapat memilih untuk bergabung dengan tim si pencetus ide / tidak. Sebelumnya ada sesi brainstorming juga dilakukan bersama-sama, jadi sebetulnya ide itu bukanlah milik si peserta yg mempresentasikan saja tapi ide milik bersama.

    Sedangkan ketika mengikuti Global Game Jam di Bali, tim dibentuk berdasarkan pilihan masing-masing peserta, & kemudian baru setiap tim membicarakan ide dari tema yg diberikan. Intinya, kamu tidak perlu khawatir tidak akan kebagian tim, karena salah satu fungsi lain dari game jam adalah untuk menemukan teman-teman baru juga, terutama teman yg memiliki minat dalam urusan pengembangan game.
    Permulaan Membuat Game[​IMG]

    Setelah tim terbentuk, masing-masing tim akan menempati tempat yg telah ditentukan (atau tempat yg mereka inginkan, semua tergantung panitia lokal). Proses pembuatan pun dimulai. Dari sini seluruh proses yg ada kurang lebih sama dengan pembuatan game berskala kecil lainnya, / pembuatan game dalam game jam lain selain Global Game Jam.

    Pemilihan engine untuk membuat game pun dirembukkan, gaya gambar yg akan diusung game juga didiskusikan, & tentu saja pembagian tugas tidak lupa juga dilakukan di dalam tim. Untuk pembagian tugas semuanya tergantung dari kemampuan yg dimiliki anggota. Bahkan kalau anggota yg bersangkutan belum berpengalaman sama sekali dalam membuat game, biasanya anggota yg lain akan membimbingnya & memberikan tugas sesuai dengan yg dapat dia lakukan.


    Untuk pemilihan engine game, hal ini biasanya akan ditentukan oleh programmer dengan berbagai pertimbangan seperti kemahiran programmer yg bersangkutan dalam menguasai engine tersebut, kapabilitas engine untuk mewujudkan ide yg telah dirundingkan, & lain-lain. Sedangkan untuk gaya gambar, hal ini biasanya diputuskan oleh artis dengan persetujuan dari anggota-anggota lainnya.

    Beberapa di antara kalian mungkin bingung, kalau memang hal seperti ide game dibincangkan & diputuskan bersama-sama, lalu apa fungsi dari desainer game yg namanya sering disebut-sebut dalam pembuatan sebuah game? Tugas desainer biasanya berhubungan dengan bagaimana membuat alur dari game melalui flow chart, / menentukan konten-konten yg ada di game supaya game bisa lebih menarik dimainkan. Konten-konten yg dimaksud di sini bisa tentang peraturan-peraturan khusus yg terdapat dalam game, logika sebab akibat yg ada di game, daftar barang-barang yg ada di game beserta kegunaannya, desain level, & masih banyak lagi.
    3 Hari Untuk Selamanya
    Global Game Jam berlangsung selama kurang lebih 48 jam. Dimulai dari hari Jumat sore hingga ke Minggu sore. Selama 3 hari 2 malam ini, bisa dibilang banyak peserta yg akan kekurangan tidur & kepusingan. Bagi orang yg melihat dari luar, mungkin aktivitas ini terdengar seperti menyiksa fisik & batin saja, tapi percayalah, ada kenikmatan tersendiri yg dapat kamu rasakan ketika kamu mengikuti sebuah game jam. Apalagi game jam yg satu ini diadakan di seluruh dunia secara serentak, membuat para peserta seakan-akan berada di tempat yg sama meskipun yg jadi penghubung biasanya hanyalah hashtag di Facebook / Twitter saja.

    Selama 3 hari, kamu akan bekerja, bermain, bertukar ide bersama-sama dengan anggota tim kamu ataupun dengan anggota tim lain. Dikarenakan Global Game Jam tidak dilombakan, peserta-peserta yg hadir pun memberikan dukungan satu dengan yg lainnya. Skala game yg kecil serta banyaknya dukungan moral maupun dukungan langsung dari seluruh peserta saat proses pengembangan berlangsung membuat proses menghasilkan game dalam waktu singkat ini bisa sukses tanpa harus melibatkan obat kuat / benda-benda sejenisnya.

    Selain itu, para peserta juga tidak menghabiskan 48 jam bekerja non-stop. Ada banyak waktu untuk tidur, makan, mandi, / kegiatan istirahat lainnya. Meskipun memang untuk para peserta yg tidak kembali ke tempat tinggalnya masing-masing, proses tidur & mandi yg dilakukan tidak akan senyaman yg biasa dialami di rumah. Kamu bisa saja kembali ke rumahmu ketika mengerjakan game asalkan jangan menghilang begitu saja di awal acara baru kembali lagi setelah acara hendak usai.
    [​IMG]Suasana yg biasa dilihat di acara game jam
    [​IMG]Meskipun sibuk membuat game, kesehatan juga tidak kalah penting

    Tapi bagaimanapun cara kamu menjalankan game jam, baik itu kamu terus menetap di lokasi ataupun pulang ke rumah beberapa jam, rajin mandi 3 hari ataupun hanya mengandalkan deodoran untuk mengharumkan diri, & berbagai hal lainnya yg kamu lakukan untuk tetap menjadi manusia normal, pengalaman mengikuti game jam tetap merupakan sebuah pengalaman luar biasa yg sulit dilupakan. Kamu akan tetap mengenang kejadian-kejadian yg terjadi di game jam beberapa tahun lalu sekalipun, meskipun memori dari game jam baru akan mengisi ingatanmu. Belum lagi ilmu yg dapat kamu pelajari di acara seperti ini sangatlah luar biasa.

    Jadi, kalau seandainya daerah domisili kamu akan mengadakan game jam lagi di waktu lain ke depannya, jangan ragu-ragu untuk ikutan ya! Kapan lagi kamu bisa melatih kreativitas, berkenalan dengan banyak orang baru, & mendapatkan banyak ilmu menarik di waktu yg bersamaan. Nantikan juga ulasan semua game dari Global Game Jam 2015 yg diadakan di Indonesia di N3 dalam minggu ini.

    Sumber gambar: Gamedev Bali
    TagsDevtalk

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page