Game Online Indonesia Tahun 2014 : Ikhtisar dan Infografis

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Feb 20, 2015.

Discuss Game Online Indonesia Tahun 2014 : Ikhtisar dan Infografis in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Yo N3 Mania! Selamat membaca Game Online Indonesia Tahun 2014 : Ikhtisar dan Infografis.
    Industri game di Indonesia sudah cukup besar, bahkan berdasarkan Biro Pusat Statistik (BPS) total besaran nilai pasar dariindustri game di Indonesia sudah mencapai lebih dari 400 juta dollar. Tentunya dari porsi kue itu, ada kontribusi dari publishers game online Indonesia.

    Lalu, seberapa besarkah pasar yg dikuasai publishers game online Indonesia? Siapa pemainnya? Siapa sajakah pemain utamanya? Apa sajakah tren-nya? Yuk, kita lihat bersama dalam laporan ini.

    Metodologi: Bagaimana Kita Dapatkan Angka Ini
    Untuk menampilkan data laporan ini, duniaku melakukan kompilasi informasidan rekam jejak publishers selama beberapa tahun, mulai dari informasi tentang seberapa bagus traction dari game, seberapa baguskah monetisasinya, genre apakah game yg dimiliki publishers tersebut, seberapa besar belanja dari masing masing individu, seberapa loyalkah customer dari game online, serta persebaran & penerimaan judul game tersebut di beberapakota besar di Indonesia.

    Informasi lain yg kami gunakan sebagai dasar adalah analisa traffic & paket internet dari website publishers, payment gateway yg berkaitan serta data tren yg kami bisa lihat berdasarkan ranking google, analisa sentimenberdasarkan google trends & informasi relevan lainnya.

    Selain itu kami mendapatkan beberapainformasi langsung dari pelaku bisnis mengenai pendapatan rata rataper-genre, pendapatan game client based, / webgame bahkan pendapatan persis dari beberapa game publishers.

    Khusus untuk game mobile, kami tidak mencantumkangame developer yg melakukan self-publishing karyanya melalui platform google play, apps store / aplikasi lainnya dalam laporan ini. Laporan tersebutakan kami rencanakan terbitkan terpisah pada bulan april 2014.

    Indikatoryang cukup penting namun tidak kami gunakan sebagai referensi adalah data pendapatan per game dari payment gatewaydi Indonesia, baik yangmenggunakan voucher fisik ataupun elektronik.

    Disclaimer
    Laporan ini memang tidak 100% akuratkarena semua publishers game di Indonesia bukan merupakan perusahaan terbuka, ditambah lagikami belum mengolah informasi dari payment gateway. Namun kami menaruh kepercayaan pada metodologi penelitian kami yg dapat dipertanggungjawabkan.

    Informasi yg dicantumkan disini merupakan domain publik, dapat digunakan bebas sebagai referensi & rujukan.Dengan membaca artikel inianda setuju untuk membebaskan kami dari gugatan & komplikasi hukum yg timbul akibat informasi yg kami cantumkan di laman ini.

    Ikhtisar
    [​IMG]

    Total pasar yg dimiliki oleh publishers game onlineIndonesia mencapai 101,6 juta dollar Amerika, / sekitar 1,2 trilyun rupiah dengan kurs 12.000 an. Dari lebih dari 60 game publishers yg pernah menjalankan bisnis di Indonesia, 5 publisher game online teratas menguasai lebih dari 81% pasar pada tahun 2014.

    Jumlah pemain game juga cukup besar, tercatat lebih dari 19,8 juta pengguna internet memanfaatkan layanan yg disediakan oleh semua publishers tersebut. NamunARPU pengguna game online di Indonesia masih cukup rendah, baru mencapai 0,42 US$ per bulan / baruRp5.000 rupiah per bulan. ARPU ini kira kira hanya 20% dari ARPU game MMO di Amerika Serikat.

    Kami juga melihat judul game online Indonesia yg aktif semakin berkurang, dari sekitar 95judul yg aktif pada tahun 2013, saat ini hanya tersisa sekitar 75 judul saja. Artinyamemang iklim kompetisi bisnis game online Indonesia cukup menantang.

    Dalam hal demografi pengguna, ada ciri khasyang cukup menarik, 70%pemain game online di Indonesia berusia 13-17 tahun & 18-24 tahun. Padahal game online yg sukses seperti Ragnarok Online mulai muncul pada tahun 2003 an & booming pada tahun 2005, sehingga generasi yg harusnya dominan adalah yg berusia 25-34 tahun. Hal ini menunjukkan walaupun sangat banyak pemain game online senior yg tidak bermain lagi, namun digantikan oleh pemain yg berusia lebih muda.

    Publishers Game Online Indonesia
    Dari sekitar 63 publisher yg pernah beroperasi di Indonesia, pada akhir tahun 2014 ini hanya tinggal 23 yangaktif. Persaingan bisnis yg ketat serta perubahan lansekap bisnis inimenjadikan dalam 6 tahun terakhir 40 publisher game online Indonesia menutup operasinya.

    Kepemilikanperusahaan asing pada bisnis publisher game online Indonesia bisa dibilang dominan, pada tahun 2014, 65%dari total publisher yg pernah menjalankan bisnis di Indonesia dimiliki oleh asing. Perusahaan asing yg memiliki publisher di Indonesia berasal darioleh China, Korea, Jepang, Taiwan, Thailand, Singapura, Vietnam, & Malaysia.

    Dari10 besar publishers terbesar di Indonesia, distribusi kepemilikannya berimbang yaitu 50% dimiliki oleh perusahaan Indonesia. Menariknya, dalam hal kemampuan bertahan hidupjuga publisher lokal juga lebih baik, karena jumlah publishers asing yg menutup bisnis dalam kurun waktu enam tahun terakhir dua kali lipat lebih banyak dari publisher lokal.

    Dalam sisi pangsa pasar, lima besar publishers game online Indonesia menguasai lebih dari 80% pasar, menyisakan tidak sampai 20% pangsa pasar untuk 18 publisher sisanya. Namun dengan rata rata pendapatan publisher per tahun mencapai 6,3 juta US$ masih menarik banyak pemain baru, terbukti dengan adanya beberapa publishers yg baru membuka bisnisnya di Indonesia pada tahun 2014.

    Tidak berbeda dengan 10 tahun terakhir ini, model bisnis free to play / freemium masih mendominasi portfolio dari game yg diterbitkan oleh publisher di Indonesia. Dengan kultur & kebiasaan konsumen sekarangdi Indonesia,sulit membayangkan ada model bisnis lain yg sukses di Indonesia

    Judul Game Online di Indonesia
    [​IMG]

    Sampai saat inikami mencatat adasekitar 248 an judul game yg pernah dipublikasikan di Indonesia, namun per tahun 2015 ini hanya ada 93 judul yg masih aktif . Dalam 6 tahun terakhir kami mencatat rata rata sekitar 20 judul ditutup per tahunnya.

    Dari 94 judul yg masih aktif, 56% menggunakan platformPC Client, 39% mengunakan platform web & hanya 3 persen yg menggunakan platform mobile. Mayoritas game onlineIndonesia yg dipublikasikan bergenre RPG dengan 59%, disusul oleh genre shooter 10% & simulasi berimbang dengan casual yaitu7%.

    Kami juga melihat tren mulai adanya game mobile di Indonesia yg dipublikasikan secara resmi, yaitu mencapai 3%, padahal pada tahun 2013 belum ada game mobile yg dipublikasikan penerbit game online Indonesia.

    Demografi & Pendapatan Pengguna
    [​IMG]

    Indonesia merupakan salah satu negara yg mendapatkan bonus demografi di dunia. Dengan adanya bonus ini, penduduk usia muda di Indonesia akan lebih banyak dari yg tua sampai tahun 2050.

    Nampaknya bonus demografijuga berlaku untuk pemaingameonline Indonesia, data kami menunjukkan mayoritas pemain berusia 0-24 tahun dengan total sampai 82%, baru disusul oleh kelompok usia 25-34 tahun dengan 10% & sisanya dengan 8%.

    Selain bonus demografi, salah satu penjelasan adalah adanya salah satu game yg sangat dominan di pasar pengguna usia sangat muda, hal ini menyebabkan rata rata usia pemain game online di Indonesiacukup muda yaitu 19,4 tahun.

    Berdasargender, dominasi laki laki masih kentaldengan 64% dari total pemain adalah laki laki & 36 % adalah perempuan. Namun jika dikorelasikan dengan sedikitnya game bertipe casual, bisa jadi perempuan pada usia matang adalah pasar yg belum digarap secara serius.

    Dalam hal pembelanjaan bulanan, kelompok usia diatas 35 tahun adalah yg terbesar, dengan rata rata pembelanjaan sekitar 1,7 US$ per bulan. Disusul oleh kelompok 25-34 dengan US$ 1,2. Kelompok usia muda dibawah 25 tahun cenderung memiliki pembelanjaan yg rendah yaitu dibawahUS$ 0,4 per bulan.

    Next Big Thing Game Online Indonesia, Mobile ?
    Salah satu indikasi bahwa pasar game online Indonesia mulai melirik pasar mobile adalah besarnya potensi game mobile di Indonesia.Berdasarkan riset duniaku yg akan dipublikasikan, total pendapatan game mobile di Indonesia tidak kurang dari US$ 42 Juta pada tahun 2014 ini. Jika melihat tren yg ada, bisa jadi pada tahun 2015 ini total omset game mobile sudah hampir mendekati bisnis publisher game di Indonesia

    Padahal pada 5 tahun yg lalu, pendapatan dari game mobile bisa dibilang sama sekali tidak ada, sehinggakita harus sangat optimis pada peluang bisnis baru di game mobile.

    Namun bercermin dari beberapa game mobile yg dipublikasikan publisher di Indonesia, sudah jelas bahwa game mobile, web & berbasis client mempunyai strategi pemasaran & pengembangan yg sangat berbeda. Kita bisa melihat beberapa raksasa publisher game online Indonesia yg gagal menerbitkan beberapa judul game pada tahun 2014 lalu.

    Salah satucara untuk sukses di bisnis game mobile adalah melakukan streamline lini bisnis, kurangi game web yg murahan, fokus dengan beberapa portfolio mobile yg mampu jadi cash cows & sejumlah kecil judulyang experimental namun memiliki potensi yg besar.

    Kesimpulan
    Bisnis game online Indonesia yg sekarang menghadapi tantangan yg dihadapi banyak bisnis lokal yaitu globalisasi. Keunggulan kompetitif yg dimiliki oleh publishers yg melokalisasi karyanya di Indonesia sepertikemampuan distribusi dalam bentuk cakram digital, monopoli terhadap cyber cafe,dan konten berbahasa Indonesia berangsur angsur terkikisdengan semakin mudahnya aksesinternet & membaiknya kemampuan bahasa inggris dari masyarakat.

    Belum lagi semakin populernya platform Android Playstoreyang semakin mudah diakses & memiliki metode pembayaran potong pulsa. Fenomenaini akan semakin menggerus pangsa pasar eksisting dari industri game online Indonesia yg sejatinya sudah menurun dari masa kejayaannya.

    Kali ini saatnya game publisher di Indonesia ekspansike pasarglobalatau setidaknya regional, berkolaborasi dengan game developer lokal, mengusung taktik & platformbaru / mati perlahan karena tidak bisa mengikuti perubahan zaman.

    Infografik laporan ini bisadiunduh disini, untuk mendapatkan informasi lengkap terkait data ini bisa menghubungi email ini

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Game Online Indonesia Tahun 2014 : Ikhtisar dan Infografis diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber

    Forum N3 Nyit-nyit.net membahas Video games, indie games, standalone games, plugins, free games, game extensions, expansion packs, game episode, game cheat, cara curang, cheat engine, game mods, modifications, mods, development, total conversions, modification, enhancement, games, plugins, addons, extensions, episode, expansion packs. We talks about latest Game Cheats, Cracks, Keygens and Hacks. Hacks & Cheats and trainers for many other multiplayer games. Free download games, hacks, cheats tools, projects, graphics. We create Hacks for Games,Cheats Tools,Trainer Tools. Hack,Cheats,Hack iOS Games,Hack Android Games,Cheats facebook games, Online games hack. Game Online Indonesia Tahun 2014 : Ikhtisar dan Infografis.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page