GameOver Zeus Bangkit Dari Kematiannya

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Jul 15, 2014.

Discuss GameOver Zeus Bangkit Dari Kematiannya in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,100
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya.

    Malware GameOver Zeus yang dinyatakan telah mati karena Operasi Tovar pada awal Juni lalu, kini muncul kembali. GameOver Zeus kembali ditemukan oleh peneliti keamanan dari Malcovery yang mengatakan bahwa mutasi yang terjadi pada Trojan ini masih sangat baru. Temuan Malcovery menemukan bahwa salah satu domain yang digunakan untuk GameOver Zeus baru saja didaftarkan pada 10 Juli di Tiongkok dan masih aktif hingga kini.

    Peneliti keamanan dari Malcovery yang dikutip oleh Softpedia pada Minggu (13/07), menemukan temuan bahwa operator dari GameOver Zeus terbaru mengirimkan malware ini melalui spam yang menyamar sebagai pemberitahuan dari lembaga keuangan, pesan palsu dari bank.

    Pada email tersebut berisi lampiran yang jika dibuka dapat menyebarkan malware dan berkomunikasi melalui server command and control (C2) yang bertujuan untuk menerima instruksi dari pengirim. Varian terbaru ini bergantung sebuah domain generation algorithm (DGA) yang memiliki kemiripan dengan GameOver Zeus edisi pertama.

    DGA sendiri digunakan untuk menghasilkan sejumlah besar nama domain acak, dan hanya sejumlah kecil dari mereka yang berhubungan dengan malware untuk mencari salah satu yang merespon permintaan dan menghasilkan instruksi.

    Dengan penemuan GameOver Zeus ini, pihak Malcovery menghubungi dua lembaga yang terlibat dalam Operasi Tovar yaitu FBI dan Dell Secure Works. Dari hasil temuan ini, Malcovery dapat mengkonfirmasi bahwa server C2 yang digunakan masih dalam kontrol mereka.

    Melalui pernyataan resminya, Departemen Hukum Amerika Serikat melaporkan bahwa semua atau sebagian besar komputer yang terinfeksi GameOver Zeus telah dapat diselamatkan dari kontrol pelaku kejahatan,

    Perbedaan antara GameOver Zeus versi terbaru dengan yang lama adalah versi terbaru dari malware ini tidak lagi menggunakan arsitektur peer-to peer. Menurut peneliti Malcovery, malware ini menggunakan Fast Flux hosted yang terbaru dan lebih cepat.

    Pihak FBI memperkirakan kerugian yang disebabkan oleh serangan GameOver Zeus adalah lebih dari 100 juta dolar AS. Kerugian ini akan bertambah jika source code GameOver Zeus masih dimiliki oleh penjahat siber.

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena konten Nokia Mulai Menjual Flagship Lumia 930 dan dual-SIM Lumia 630 diatas dikutip dari Internet secara gamblang.
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page