Gamepad Kece Bernama Grifta Ini Memulai Kickstarter

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Feb 24, 2015.

Discuss Gamepad Kece Bernama Grifta Ini Memulai Kickstarter in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    7,632
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    24/02/2015

    Mendengar kalimatgamepad saja, saya yakin kamuakan langsungmembayangkan komponen PCB (Printed CircuitBoard) berbalut badanplastik dengandesainergonomis yg biasa kita gunakan untuk bermaingame. Tak bisa dipungkiri memang, sejak zamanconsole game8-bit hingga kemunculan console gamemodern, para pembuat game consoleselalu mengikuti pakem gamepad“melebar” dengan terlalu tipikal aliastak banyakberubah dari segi letaknya. Pengecualian untukNintendo Wii.

    Berangkat dari keinginan untukmendobrak kakunya desain sebuahgamepad,seorang desainer bernama Paul Weatherstone menggalang dana Kickstarter untuk membiayai produksi sebuahgamepad unik yg ia beri nama Grifta. Grifta sendiri merupakangamepadPC, Android, & PS3 yg didesain secara modular untuk mengimbangi performa pemain agar lebih dinamis. Caranya? Dengan memisahkankedua bagian sudut kontrolnya agar penggunanyabisa menentukan posisi bermainmereka secara lebih leluasa.
    [​IMG]Layaknya sebuah sepatu, Grifta terdiri dari bagian kiri & kanan yg bisa digunakan secara terpisah

    Dalam laman Kickstarter, Paul menjelaskanbahwa bagian dalamGrifta dilengkapi dengan komponen mekanisuntuk memperkokohpresisi jarimu di saat bermain. Paul jugaberanggapan bahwa penggunaan komponen tersebut jauh lebih responsifdibandingkan pemakaian komponen karet yg digunakan kontrol analog. Komponendengan elemen mekanissendiri bukanlah hal baru di ranahgaming.Sejumlahpabrikan aksesorisPC gaming seperti Razer, Logitech, & SteelSeries biasa menyertakan komponen mekaniske dalam produk yg mereka ciptakan, terutama pada produk yg berbaugamingprofesional.

    Ini artinya dengan memakai “sepasang” Grifta, kamu bisa duduk manis dengan posisi lengan yg asimetris seperti gaya yg ditunjukan cuplikan videodi awal artikel. Sesuai apayang kamu lihat, pengguna gamepadGrifta bisa mengatur tinggi rendahnya lengan & posisi kedua tangan mereka agar lebih legadibandingkantipikalposisi bermain gamesecarabiasa. Intinya dengan memakai Grifta bukanjari kamu yg bersinergi dengan kontrolnya, melainkan kontrolnya yg bersinergi dengan tanganmu.

    [​IMG]
    [​IMG]Selain hitam, Grifta yg ditawarkan di Kickstarter ini juga tersedia dalam pilihan warna

    Hal yangmembuatkonsepgamepad initerdengarmenarik, salah satu bagian Grifta bisa digunakan sebagaipengganti kontrolkeyboardWASD yg biasa kamu gunakan ketikabermain game di PC. Dengan Grifta di tangan kiri & mouse di tangan kanan,kamu bisa menikmati pengalaman bermaingame PC yanglebih “personal” & terbebas dari posisi duduk meja komputer yg kaku. Grifta nantinya juga bisa kamu gunakanuntuk bermaingame diconsole PlayStation 4, Xbox One, & Xbox 360 dengan memanfaatkanadapter khusus bernama XIM yg dijual terpisah.

    Kabar baiknya lagi, Paul juga memikirkan penggunaan Grifta untuk kenyamananmobile gamingdan aksesoris penggantilight gun devicebernama Grifta Antler. Untuk fiturmobile gaming,nantinya kamu tinggal mengaktifkanGrifta yg sudahdilengkapi aksesoriskhusus bernama Grifta Mobile Kit gunameletakkan benda yg berbentuksepertiselfie stick (alias tongsis). Sayangnya beberapa opsi tadi baru bisa diimpelementasikan jika penggalangan dana Grifta mencapaistretch goals tertentu, jadi backerjangan terlalu banyak berharap dulu untuk keberadaan aksesoris tadi tadi.

    Dalam kampanye Kickstarter, Paul meyakinkanbacker bahwa jika penggalangan dana ini berjalan sukses, produksi gamepad Grifta akan langsung berjalankarena pihaknya telahbekerjasama denganmanufaktur di wilayah Asia. Sekedar informasi buat kamu, saat ini kampanye Kickstarter Griftatelah memenuhi hampir 80% pendanaan yg dibutuhkan, yakni sebesar65,000 (atau sekitar Rp 1,2 miliar) di masapendanaan yg tersisa kurangdari35 hari lagi.

    [​IMG]

    Untuk mendapatkan sepasang Grifta berikut tiga gripcadangan, Paul memberikan harga khusus kepada backeryang bersedia“menjaminkan” 60 (sekitar Rp 1,1juta)dengan masapengiriman barang selambat-lambatnyabulan April 2015. Jika harga tersebut dirasa mahal, merekajuga menyediakan paket seharga30 (atau kurang lebih Rp 598 ribu) untuk mendapatkan satu bagian Grifta di sebelahkiri saja. Jika kamu bertanya apa yg bisa kita lakukan dengan satu bagian Grifta?Well … banyak, setidaknya kamu bisa memakainya untuk bermaingame PC seperti Counter Strike,Far CryIV, Call of Duty, Assassins Creed Unity,dan beragamjudulgamelainnya.

    Apabilakamu tertarik, kamu bisa mendanai Kickstartergamepad futuristik ini mulai dari sekarang karena jika kamu menunggu lebih lama lagi bisa jadi hargapasaran Grifta setelah rilis nantibakalan lebih mahal dari harga yg ditawarkan di Kickstarter.

    Kickstarter Link: Grifta

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page