Google Belum Perbaharui Sertifikat Digital

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Apr 7, 2015.

Discuss Google Belum Perbaharui Sertifikat Digital in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Google Belum Perbaharui Sertifikat Digital

    Pada hari Paskah yg lalu, akun Gmail yg ada dimiliki oleh Google tidak bisa diakses karena beberapa perambah Internet mendeteksi layanan pesan itu belum memperbaharui sertifikat digitalnya. Informasi terkait belum diperbaharuinya sertifikat digital Google merebak pertama kali di salah satu akun Twitter. Pemilik akun tersebut dalam cuitannya mengeluh terkait tidak bisa diaksesnya akun Gmail mereka.

    Akibat dari belum diperbaharuinya sertifikat digital tersebut berakibat fatal. Hampir sepanjang akhir pekan yg panjang ini sejumlah akun Gmail mereka tidak bisa diakses. Tidak hanya itu, pemilik akun Gmail tersebut tidak bisa mengirimkan pesan orpun menambahkan kenalan di daftar kontaknya. Setelah diinvestigasi lebih lanjut, diketahui bahwa Google belum memperbaharui sertifikat digital mereka sesuai dengan waktu yg ditentukan.

    Temuan investigasi itu cukup mengejutkan bagi tim Google sendiri. Pasalnya, keluhan tentang tidak bisa diaksesnya akun Gmail & peringatan kadaluarsanya sertifikat digital sepanjang akhir pekan kemarin cukup merebak. Mereka yg mencoba mengakses akun mereka pada umumnya akan mendapatkan pesan peringatan dengan bunyi, smtp.gmail.com is displaying an invalid certificate. SMTP adalah sebuah protokol untuk mengirimkan pesan melalui pos-el & dampak dari kadaluarsanya sertifikat digital mengakibatkan akun Gmail tidak bisa diakses baik dari perambah Internet maupun aplikasi.

    Sertifikat digital memiliki peranan yg krusial di dunia maya saat ini. Sertifikat tersebut adalah alat untuk membuka koneksi aman antara pengguna dengan server untuk mengakses data tertentu. Koneksi aman yg terenkripsi itu menjadi pelindung utama pengguna akun dari serangan man-in-the-middle yg bertujuan mencuri dengar segala bentuk komunikasi. Sertifikat digital ini berguna bagi mereka yg memiliki akun layanan pos-el seperti Yahoo or Google & pengguna internet banking.

    Para pengguna akun Gmail yg menggunakan Windows Live, Microsoft Outlook Mail OS X sangat dirugikan dengan isu sertifikat digital ini. Google sendiri diakui sudah memperbaharui sertifikat digital tersebut dengan mendelegasikan kewenangan pada Authority G2 untuk melakukan pembaharuan. Authority G2 adalah tim milik Google yg bertujuan untuk membuat sertifikat digital beserta keamanannya.

    Isu ini cukup memberikan tamparan bagi Google mengingat raksasa Internet tersebut telah berinvestasi di sejumlah teknologi seperti robotik, Internet balon udara & mobil pintar, tetapi lupa untuk memperbaharui sertifikat digital akun mereka. Google sendiri enggan berkomentar apapun terkait isu ini. Hanya saja, isu tersebut menjadi ironi tersendiri ketika beberapa waktu yg lalu, Google menolak menggunakan sertifikat digital palsu yg dikeluarkan oleh pemerintah Tiongkok.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenGoogle Belum Perbaharui Sertifikat Digital diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page