Google Buat Fitur Kustomisasi ala Star Wars

Discussion in 'Berita Online' started by Ophelia, Nov 26, 2015.

Discuss Google Buat Fitur Kustomisasi ala Star Wars in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. Ophelia Game Maniacs Journalist

    Messages:
    6,757
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    November tahun lalu, Lucasfilm mengumumkan kalau mereka akan meluncurkan film Star Wars terbaru dengan judulThe Force Awakens. Sejak saat itu, nama besar Star Wars pun kembali diperbincangkan di mana-mana. Bahkan, hal ini turut mengundang perhatian dari raksasa teknologi dunia, Google.

    Sejak berita tentang kehadiran film terbaru Star Wars muncul ke permukaan, Google pun langsung mendekati Lucasfilm & Disney, selaku pembuat & distributor resmi film tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Clay Bavor, VP of Product Management Google, dalam sebuah artikel di blog resmi mereka.

    Menurut Clay, banyak sekali karyawan Google yg merupakan penggemar film Star Wars. Karyawan yg mengenakan baju ala Stormtrooper & topeng Darth Vader juga sering dijumpai di kantor Google.

    Karena itulah Google pun akhirnya sampai kepada ide untuk menghadirkan pernak-pernik Star Wars di semua aplikasi mereka menjelang peluncuran Star Wars: The Force Awakens.
    Pilih mana, Jedi / Sith?
    Mulai 23 November 2015 lalu, Google pun meluncurkan ide tersebut dalam bentuk sebuah fitur kustomisasi. Semua pengguna Google bisa mengubah tampilan di berbagai layanan Google, seperti Gmail, Google Maps, Waze, hingga YouTube, dengan tampilan ala Star Wars.

    [​IMG]

    Untuk melakukannya, kamu hanya perlu masuk ke halaman khusus yg disediakan Google, & memilih sisi Force yg lebih kamu sukai. Hanya ada dua pilihan, yaitu bergabung dengan sisi terang (light side) & menjadi seorang Jedi.

    Atau mungkin kamu lebih tertarik pada sisi gelap (dark side), alias bergabung dengan Sith. Begitu kamu menentukan pilihan, tampilan di aplikasi-aplikasi Google yg kamu gunakan akan berubah menjadi bertemakan Star Wars, sesuai dengan sisi Force yg kamu pilih.
    Baca juga: 7 Game Bertema Star Wars untuk iOS & Android Pilihan Tech In Asia


    Apabila kamu sudah memilih namun tampilan aplikasi Google kamu belum berubah, jangan khawatir, karena menurut Google perubahan tersebut memang memerlukan waktu beberapa jam. Kamu juga bisa mengubah pilihan kamu kapan pun kamu mau, dengan mengakses halaman yg sama.
    Apa saja yg akan berubah dengan fitur Star Wars ini?
    Banyak sekali perubahan yg terjadi apabila kamu menggunakan fitur ini. Seeking bar di Youtube & animasi loading di Gmail akan berubah menjadi light saber, tampilan di Google Maps akan berubah menjadi First Order Stormtrooper / Resistance Pilot.

    Bahkan Google Calendar kamu pun akan langsung dipenuhi oleh tanggal-tanggal penting yg berkaitan dengan peluncuran film Star Wars. Apabila kamu menggunakan Waze, panduan suara untuk menuju lokasi tujuan akan diganti dengan suara dari robot C-3PO.

    Menurut Google, fitur ini bisa digunakan sampai tanggal 1 Februari 2016, & pada tanggal tersebut seluruh tampilan aplikasi Google akan kembali menjadi semula. Namun bila sebelum itu kamu sudah ingin menghilangkan fitur Star Wars tersebut, kamu hanya perlu memilih opsi Kembali ke Default (Back to Default) yg ada di antara ikon sisi terang & sisi gelap.



    Fitur kustomisasi ini bukan merupakan satu-satunya yg dibuat Google untuk menyambut film ketujuh dari seri Star Wars ini. Mereka juga tengah membuat beberapa fitur-fitur rahasia (easter eggs). Salah satunya dengan mengetikkan kalimat a long time ago in a galaxy far far away di mesin pencarian Google, serta sebuah video Virtual Reality spesial yg bisa kamu nikmati dengan Google Cardboard.

    Apakah fitur ini cukup menarik untuk kamu, para penggila Star Wars? Mana yg lebih kamu pilih antara light side dengan dark side?

    (Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

    Dikutip dari sini
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page