Google Chrome Akan Hapus Sertifikat Digital Palsu

Discussion in 'Berita Online' started by ON3, Apr 2, 2015.

Discuss Google Chrome Akan Hapus Sertifikat Digital Palsu in the Berita Online area at Nyit-Nyit.Net

  1. ON3 Mahasiswa Journalist

    Messages:
    17,687
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    48
    Berita Internet (IT) N3, yang memberikan informasi terbaru kepada users N3 tentang IT pada khususnya dan lainnya pada umumnya. Google Chrome Akan Hapus Sertifikat Digital Palsu

    Pihak Google akhirnya memberikan pernyataan baru bahwa perambah Internet mereka yaitu Google Chrome akan segera menghapus sertifikat digital palsu. Beberapa waktu yg lalu, tim keamanan Google berhasil mendeteksi sebuah sertifikat palsu yg dikeluarkan oleh perusahaan teknologi asal Mesir yaitu MCS. Perusahaan tersebut mendapatkan rekomendasi dari China Internet Network Information Center (CNNIC).

    Sejatinya sertifikat digital palsu tersebut digunakan oleh perusahaan untuk melihat komunikasi enkripsi yg dilakukan oleh karyawannya. Sertifikat digital palsu itu dikeluarkan oleh MCS setelah mendapatkan rekomendasi dari CNNIC. Dampak dari a&ya sertifikat tersebut adalah komunikasi aman yg ada di jalur SSL/TSL yg terenkripsi menjadi mudah untuk diintervensi.

    Berdasarkan temuan dari tim keamanan Google, sertifikat digital palsu dari MCS itu berakibat negatif pada jalur komunikasi SSL/TSL di Gmail & Google Chrome. Perambah kami akan di-update sehingga sertifikat digital palsu itu tidak akan terdeteksi, ujar pernyataan dari Google. Keberadaan sertifikat digital palsu itu membuat Google berang. Pasalnya, Google Chrome adalah salah satu perambah favorit nomor dua di dunia yg paling sering digunakan.

    Tentunya, Google ingin secepat mungkin untuk memperbaiki & mengeluarkan patches sehingga akun pengguna dapat tetap aman. Serangan man-in-the-middle-attack adalah risiko utama ketika sertifikat digital itu tidak diperbaharui. Besar kemungkinan, jalur komunikasi yg digunakan oleh pengguna mudah untuk disusupi. Google tidak ingin hal ini terjadi karena perusahaan tersebut masih terus berbenah memperbaiki citra diri pasca bocornya dokumen Snowden yg mengatakan bahwa Google terlibat dalam proyek NSA.

    Muncul serifikat digital palsu ini bukan pertama kalinya muncul di dunia. Pada tahun 2011 yg lalu, salah satu perusahaan pembuat sertifikat digital asal Belanda harus mengalami hal yg sama ketika Mozilla mendeteksi a&ya pemalsuan sertifikat digital yg terdeteksi di perambah Firefox mereka. Kasus yg terjadi di tahun 2011 tersebut berakhir dengan pencabutan sertifikat digital oleh Mozilla.

    Hingga saat ini, hanya Google Chrome & Mozilla Firefox yg berencana akan menghilangkan sertifikat tersebut. Dalam waktu dekat ini, Mozilla akan berencana untuk mengkaji ulang sejumlah sertifikat digital & mempublikasikan mana saja yg keasliannya valid. Mereka pun akan menghapus sertifikat yg dikeluarkan oleh MCS tersebut serta meminta CNNIC bertanggungjawab & merilis sejumlah kerentanan akibat sertifikat digital itu. Adapun Microsoft sendiri yg mengeluarkan perambah Microsoft Explorer belum memberikan pernyataan orpun up date terhadap kasus ini.

    Comments
    comments

    N3 tidak bisa memberikan klarifikasi berita diatas adalah benar 100% karena kontenGoogle Chrome Akan Hapus Sertifikat Digital Palsu diatas dikutip dari Internet secara gamblang.

    Sumber
     

    Gunakan jasa Rekber N3 untuk menjamin jual beli anda atau menghindari penipuan dengan meng klik disini

Share This Page